Efek Samping Konsumsi Sayur Kangkung

Kangkung merupakan salah satu jenis sayuran hijau yang sangat mudah dijumpai dari banyaknya sayur lainnya. Tanaman berjenis tropis ini mudah tumbuh di daerah yang memiliki banyak kandungan udara, namun kangkung terbagai menjadi dua jenis yaitu kangkung darat dan kangkung udara. Keduanya mempunyai kandungan gizi yang seimbang.

Kangkung juga menjadi makanan favorit banyak orang. Selain memiliki rasa yang enak kangkung juga memiliki berbagai manafaat untuk kesehatan tubuh.

Antara lain untuk mencegah diabetes, mencegah dehidrasi, mencegah timbulnya penyakit kronis, mencegah kerusakan hati, menyelamatkan mata sampai mengatasi anemia. Tetapi jika dikonsumsi secara berlebihan dapat berbahaya bagi kesehatan tubuh

Dibawah ini adalah dampak yang kemungkinan terjadi karena konsumsi kangkung secara berlebihan maupun cara pengolahan kangkung yang tidak benar:

1. Memicu Asam Urat

Kandungan purin cukup tinggi yang dimiliki oleh kangkung dapat memicu serta memperparah penderita asam urat. Maka dari itu, jika kamu memiliki riwayat penyakit asam urat sebaiknya batasi konsumsi sayur satu ini.

Tidak hanya itu saja, untuk yang tidak menderita asam urat lebih baik jika membatasi konsumsi sayur kangkung agar tidak menderita asam urat. 

2. Memicu Alergi

Selanjutnya, jika Anda mengonsumsi kangkung secara berlebihan maka menimbulkan alergi. Karena kandungan magnesium yang dimiliki kangkung terbilang sedikit, sehingga menyebabkan timbulnya alergi pada beberapa orang.

BACA JUGA  Cara Membuat Gelato Buah-Buahan, dari Belimbing hingga Cempedak

Timbulnya alergi merupakan efek samping konsumsi sayur kangkung dengan berlebihan. Alergi ini biasanya ditandai dengan munculnya rasa gatal dan ruam merah di kulit serta kepala yang terasa pusing.

3. Gangguan Pencernaan

 

 

Terganggunya sistem pencernaan ini terjadi akibat konsumsi kangkung berlebihan. Adanya zat purin dan gas yang dimiliki kangkung menyebabkan terganggunya jaringan usus.

Dampaknya adalah terjadinya iritasi atau infeksi pada bagian saluran pencernaan sehingga kesehatan pun terancam. Selalu pastikan bahwa kangkung dicuci dengan bersih karena jika tidak, dapat menyebabkan infeksi lambung maupun gangguan pencernaan lainnya. 

Hal ini karena adanya bakteri yang tertinggal. Akibatnya, kamu bisa mengalami sakit perut serta mual-mual. Selain dengan membatasi konsumsi kangkung agar tidak berlebihan, Anda juga harus memperhatikan kebersihan kangkung yang akan matang.

Tahu kah Anda? jika kandungan sayur dengan gizi tinggi tidak melulu baik untuk kesehatan tubuh. Terdapat bebrapa kondisi yang sebaiknya tidak mengkonsumsi kangkung atau bahkan menghindari. Cara memasaknya juga berpengaruh pada kandungan gizi di dalamnya loh!.

4. Mengantuk Merupakan Efek Konsumsi Sayur Kangkung

 

Penyebab seseorang mudah mengantuk karena berlebihan dalam mengonsumsi kangkung. Karena kandungan kalium yang dimiliki oleh kangkung lumayan tinggi maka bisa mempengaruhi sistem saraf pada kepala.

BACA JUGA  Gayanya Makin Memikat dengan Cincin Berlian Pria Terbaru

5. Efek Konsumsi Sayur Kangkung Timbul Gejala alergi

Sayuran berdaun menjadi salah satu bagian yang rentan terkena infeksi zat yang membahayakan. Karenanya sayuran ini hampir selalu digunakan dalam keadaan segar. Maka dari itu penyebab kandungan nutrisi yang dimiliki kangkung sering menjadi pilihan menu dalam memenuhi gizi.

Gejala tubuh yang menunjukkan reaksi alergi yaitu:

A. Gatal-gatal

B. Mengeluarkan

C. Masalah pada sistem pernafasan

D. Nafas lebih menjadi pendek

E. Pembengkakan di bagian wajah, bibir, atau bahkan tenggorokan.

Sebenarnya mengonsumsi sayur kangkung sendiri tidak lansung menyebabkan dampak buruk bagi kesehatan tubuh, jika selama Anda mencuci hingga benar-benar bersih, dengan pengolahan yang baik dan benar, memasak dengan cara yang benar, serta tidak memiliki riwayat penyakit khusus yang menyebabkan kamu tidak boleh mengonsumsi kangkung .

Manfaat konsumsi sayur kangkung

1. Mengurangi kolesterol

2. Mencegah penyakit jantung

3. mencegah anemia

4. Mengatasi diabetes

5. Menjaga kesehatan rambut

baca juga : cara menghilangkan pestisida pada sayuran