Cara Menambahkan Bisnis di Google Maps dengan Mudah

Banyak orang yang sudah membuka dan menggunakan aplikasi peta digital ini setiap harinya. Nah pada kesempatan ini saya membahas mengenai cara menambahkan bisnis di Google Maps dengan mudah.

Sebagai seorang pelaku bisnis, selain mempersiapkan toko, baik toko offline maupun online, harus sekali untuk membuat website dengan hosting yang terbaik. Tapi sebelum melakukan itu, sebaiknya tambahkan terlebih dahulu alamat dan bisnis di Google Maps.

Banyak orang yang bergantung pada pencarian di Google. Mau mencari alamat, barang atau apapun itu, semua dari Google. Maka dari itu, membuat lokasi bisnis sekaligus apa itu penjelasannya di Google Maps, dapat sangat membantu dalam menarik konsumen.

Nah kalian dapat membaca artikel ini sampai selesai ya, untuk mengetahui apa itu google maps dan bagaimana sih cara menambahkan bisnis di Google Maps.

Apa sih Google Maps itu?

Bagi yang tidak atau belum mengetahui, Google mempunyai banyak sekali produk. Salah satunya adalah Google Maps. Seperti namanya, Maps ini merupakan peta wilayah yang ada di dunia. Layanan ini adalah kepunyaan Google dengan pemetaan melalui citra satelit.

Bahkan dengan teknologi yang sudah canggih, Google memiliki satu per satu gambar rumah, toko, hingga jalan di peta tersebut. Sehingga ketika diklik, maka akan muncul keterangan yang detail dari wilayah tersebut. Mulai dari nama lokasinya, koordinat dan masih banyak lagi.

Sayangnya, tidak semua akan terjadi secara otomatis ya. Jadi beberapa tempat perlu untuk ditambahkan terlebih dahulu, agar bisa muncul tempatnya di Google Maps. Salah satunya ya lokasi usaha yang sudah Anda punya itu.

Cara Menambahkan Bisnis di Google Maps

Ada tiga cara agar bisnis Anda bisa muncul dan ada di Google Maps. Simak uraiannya dibawah dan ikuti ya!

1. Daftar Melalui Google Bisnisku

Google mempunyai website Google Bisnis yang digunakan untuk Anda sebagai pelaku usaha. Cara daftarnya bisa dibilang mudah berikut langkah langkahnya:

BACA JUGA  Cara Memanfaatkan Kardus Bekas Menjadi Barang Berguna

– Buka website di Google Bisnisku
Salin dan buka situs pada link: http://www.google.com/business. Lalu login atau masuk dengan akun Google yang sudah Anda miliki.

– Masukkan alamat bisnis Anda
Sesudah login di situs, Anda perlu untuk memasukkan alamat lengkap lokasi bisnis. Bahkan Google juga akan meminta Anda untuk menandai lokasi usaha di Maps, agar lebih tepat.

– Pilih kategori bisnis
Langkah berikutnya, Anda dapat mencantumkan kategori bisnis Anda. Contohnya saja kategori restoran dan masih banyak lagi. Tujuannya adalah agar Google bisa dengan lebih mudah mengelompokkan bisnis Anda sesuai dengan kategori.

Sehingga, jika ada yang mencari dengan kata kunci tersebut, bisnis dengan mudah akan muncul secara otomatis di laman pencarian Google.

– Lengkapi kontak
Poin ini akan sangat penting untuk keberlangsungan bisnis. Anda perlu melengkapi profil bisnis anda, seperti deskripsi, menu, dan juga kontak.

Google pastinya juga akan menyediakan laman untuk situs usaha. Apabila Anda mempunyai website yang sudah menggunakan hosting yang terbaik, maka segera masukkan url pada situs Anda.

Namun, apabila Anda belum atau tidak punya, maka Google dapat membuatkan situs gratis untuk Anda. Cukup klik pada opsi butuh situs jika Anda ingin membuat yang baru ya!

– Verifikasi
Berikutnya yakni opsi verifikasi. Proses ini akan sangat penting, agar bisnis tidak mudah untuk disalahgunakan. Nantinya, Anda hanya cukup mengisi nama penerima surat di bagian pilihan tersebut.
Google kemudian bakal mengirimkan sebuah kartu pos, yang akan Anda terima. Selama proses verifikasi sedang berlangsung, jangan mengedit informasi bisnis Anda di profil ya!

2. Daftar dari Layanan Google Maps

Kalau Anda tidak ingin membuat melalui situs Google Bisnis, Anda dapat memasukkan bisnis langsung dari Google Maps. Caranya adalah sebagai berikut:
– Buka Google Maps melalui link : https://www.google.co.id/maps.

– Di pojok kiri atas, terdapat garis tiga atau menu, kemudian kliklah

BACA JUGA  Jasa renovasi kantor di Jakarta utara Recomended

– Pilih pada add your business (tambahkan bisnis Anda) di bagian paling bawah.

Nah, setelah klik pada pilihan tersebut, lalu Anda akan diarahkan ke website Google Business. Sehingga cukup dengan mengikuti langkah langkah yang ada di Google Bisnisku pada artikel di atas.

Tahapannya sama seperti dengan cara tersebut. Anda akan diminta untuk melengkapi informasi seperti alamat, info, kontak, menandai titik lokasi, dan lain sebagainya. Pelan pelan saja ya ngisinya agar dapat terisi dengan jelas dan detail!

3. Klaim Lokasi Bisnis

Langkah berikutnya yaitu dengan melakukan klaim lokasi bisnis yang sebelumnya telah didaftarkan oleh orang lain. Google sudah menyediakan fitur ini di alamat. Berikut adalah cara klaimnya:

– Buka bisnis yang akan Anda klaim

– Cek bagian bawah pada tulisan “pemilik bisnis ini?”

– Nah, sesudah itu ikuti petunjuk yang telah disiapkan oleh Google ya. Seperti halnya pada mengisi profil, dan pengelolaan bisnis.

– Kemudian Google bakal melakukan proses verifikasi, seperti yang akan dilakukan saat membuat Google Bisnisku.

 Nanti, kode verifikasi akan dikirimkan ke alamat bisnis Anda. Lalu, ikuti caranya agar tempat bisnis tersebut dapat beralih akun dan dimiliki oleh Anda.

Nah itu dia pengertian google maps dan cara menambahkan bisnis di Google Maps. Anda dapat memilih caranya sesuai dengan yang menurut Anda paling mudah dan dapat dipahami. Meski sebenarnya tiga cara tersebut tidak ada yang terbilang sulit.

Segera tambahkan bisnis Anda ke Google maps ya. Sebab, Google Maps ini sangat penting untuk keberlangsungan bisnis Anda kedepannya. Setelah itu, Anda dapat membuat situs dengan hosting yang terbaik, agar bisnis lebih terkenal lagi. Selamat mencoba! Semoga Berhasil YAA!