Cara Buat Gula Aren Cair Yang Kental Dan Beraroma harum

Cara buat gula aren cair ini sangat mudah. Sirop gula merah kerap kali dipakai untuk berbagai olahan takjil. Supaya tidak susah, bisa membuat sendiri sirop gula merah yang kental dan beraroma harum. Caranya sangat mudah!

Pada saat Anda memesan secangkir es kopi di sebuah kafe, umumnya Anda diberi gelas kecil mungil lucu yang berisi dengan cairan bening yang sedikit kental, kan? Itu adalah gula cair atau dalam bahasa kerennya adalah simple syrup. Pihak kafe yang seakan paham akan keinginan pelanggan pasti menyediakan gulanya secara terpisah, karena pada setiap orang mempunyai selera yang berbeda-beda.

Begitu juga pada saat Anda membuat minuman dingin sendiri di rumah. Selera Anda, ayah, ibu, kakak, adik, semuanya akan berbeda, bukan? Ada yang menyukai minumannya dengan rasa yang sangat manis dan ada juga yang mungkin lebih menyukai minumannya tidak diberi dengan gula. Bagaimana pun juga, tidak ada salahnya jika menyediakan simple syrup sendiri di rumah.

Gula cair ialah gula atau pemanis yang bentuknya telah cair atau sengaja dilelehkan untuk membuatnya lebih mudah larut pada saat dicampurkan dengan olahan yang lain. Umumnya bahan awal yang dipakai juga berupa gula biasa yang nantinya akan diproses lebih lanjut lagi sehingga bisa menjai lebih cair atau terkonsentrasi dengan sempurna.

Gula cair ini juga bisa memungkinkan proses penggunaan gulanya menjadi lebih sedikit daripada dengan penggunaan gula pasir atau gula yang masih utuh yang lainnya. Umumnya untuk membuat gula ini tidak banyak bahan yang diperlukan bahkan ada yang hanya menggunakan gula dan air dengan takaran lebih tepat di dalamnya.

BACA JUGA  Cara Menanam Rumput Gajah Mini

Semakin kental konsentrasi pada gula cair ini maka menandakan bahwa gulanya sudah cukup tinggi dan manis ketika dikonsumsi. Tetapi kembali lagi pada selera yang diinginkan ada yang lebih suka membuatnya lebih cair tetapi ada juga yang membuatnya menjadi kental. Seperti halnya yang sudah banyak ditemukan pada minuman kekinian cenderung yang memilih gula menjadi lebih kental.

Sirop gula merah cair bukan hanya untuk digunakan sebagai campuran es kelapa muda atau es cendol. Terdapat banyak jajanan tradisional yang lezat dipadukan dengan sirop gula merah cair. Rasa yang legit dan aroma harumnya membuat makanan menjadi lebih enak.cara buat gula aren cair

Bahan dasar sirop gula merah ialah gula Jawa. Terdapat berbagai kualitas pada gula merah di berbagai pasaran. Ada gula yang bentuknya silinder, ada juga yang dicetak dalam batok kelapa atau juga silinder dengan tebal dan tipis.

Yang paling baik ialah, memakai gula aren atau enau murni. Meskipun harganya yang relatif lebih mahal namun rasa manis dan aroma harumnya lebih kuat dibandingkan gula Jawa. Gula aren teksturnya sedikit lembek karena tidak dicampur dengan gula pasir dalam proses pembuatannya. Makanya gula ini sangat mudah lumer.

Pilih gula aren yang bagus pada kualitasnya. Warnanya ada yang cokelat gelap dan ada juga warna  yang sedikit terang. Umumnya dikemas dalam daun enau sampai tetap kering dan harum aromanya. Pilihan warna dan ukuran gulanya bisa sesuai dengan selera. Berikut di bawah ini cara buat gula aren cair:

1. Gula aren dan bahan yang lainnya

Siapkan 1 kg gula aren yang murni dan bagus pada kualitasnya, 100 gram gula putih pasir, 2 lembar daun pandan yang sudah dipotong-potong dan 1/2 sdt garam serta 500 ml air mineral.

BACA JUGA  Cara Membuat Gelato Buah-Buahan, dari Belimbing hingga Cempedak

Gula pasir juga perlu ditambahkan untuk memperkuat rasa manis pada gula aren. Sementara dengan tambahan sedikit garam untuk mampu memberi aksen gurih yang enak dari rasa legitnya gula aren.

2. Rebus gula arencara buat gula aren cair

Iris-iris dengan halus gula aren supaya lebih mudah untuk leleh. Masukkan ke dalam panci, tambahkan dengan gula pasir, air, daun pandan dan juga garam. Masak dengan menggunakan api yang kecil sambil diaduk-aduk sampai mendidih dan gelembung merata pada permukaannya. Sesudah mendidih diamkan selama beberapa saat sampai airnya sedikit menguap.

3. Saring

Matikan api pada kompor, diamkan sampai hangat. Saring sirop gula merah kemudian dinginkan. Kemas ke dalam botol atau stoples yang bertutup rapat. Sirop gula merah sudah siap digunakan untuk campuran membuat kolak, pemanis es campur, es kelapa muda, atau es cendol.

Simpan sirop gula merah pada tempat yang sejuk dan juga dingin. Jika disimpan ke dalam kulkas dan menjadi agak lebih kental, rendam sebentar botol atau stoples tersebut ke dalam air yang panas sampai sirop gula merah menjadi cair lagi.

Jika ingin membuat gula semut Anda bisa menggunakan mesin gula semut. Dengan menggunakan mesin gula semut maka pekerjaan akan menjadi lebih mudah.