Cara Membuat Keripik Tempe Sederhan Dan Renyah

Definisi Tempe:

Cara Membuat Keripik Tempe Sederhan Dan Renyah

Tempe adalah sebuah olahan dari fermentasi dari buah kedelai dan di bantu oleh bakteri yang di namakan jamur mikroba yang warnanya putih dan baunya sangat khas. Berdasarkan asal pembuatanya tempe juga di artokan sebagai makanan unik dan asli dari indonesia dan juga termasuk jinis makanan bioteknologiserta mengandung gizi yang tinggi karena terbuat dari kedelai yang di percayai bahwa kedelai mengandung protein yang tinggi.

Tempe juga biasanya di gunakan sebagaai makanan yang simple dan mudah di buat menjadi aneka ragam makanan dan di sini salah satunya ialah adalah keripik tempe.

Simak berikut cara membuat keripik tempe:

Bahan Bahan:

  • 2 papan tempe yang masih segar ukuran besar
  • 100 gram tepung beras
  • 3 sendok makan tepung tapioka
  • 200 ml air atau secukupnya
  • 2 lembar daun jeruk diiris halus
  • Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng
  • 3 siung bawang putih
  • 2 butir kemiri
  • 1/2 sendok makan ketumbar

Cara Membuat Keripik Tempe Sederhana:

  1. Potong 1 papan tempe menjadi 2 bagian. Lalu iris-iris tempe setipis mungkin membentuk persegi panjang. Sisihkan.
  2. Siapkan mangkuk untuk membuat bahan tepung pelapisnya.
  3. Campurkan tepung beras, tepung tapioka, dan air. Aduk rata agar tidak ada yang menggumpal dan adonan tepung mengental. Jika terlalu kental kamu bisa menambahkan sedikit air lagi. Aduk rata.
  4. Tambahkan bumbu halus dan potongan daun jeruk ke dalam adonan tepung.
  5. Aduk rata agar semua bahan tercampur. Jangan lupa koreksi rasa asin adonan tepungnya.
  6. Panaskan banyak minyak dalam wajan untuk menggoreng keripik.
  7. Setelah minyak panas, ambil 1 lembar tempe dan celupkan ke dalam adonan pencelup menggunakan tangan.
  8. Lalu goreng keripik tempe dengan api sedang sampai matang dan kering berwarna keemasan. Jangan lupa dibalik agar tidak gosong. Angkat dan tiriskan. Lakukan proses di atas sampai semua bahan dan adonan habis.
  9. Agar keripik benar-benar garing, kamu bisa menggoreng ulang keripik tadi atau dengan memanggang keripik gpreng dalam oven selama 15 menit.
  10. Setelah keripik tempe jadi,Jangan lupa tiriskan minyak menggunakan mesin peniris minyak lalu simpan keripik ke dalam toples yang kedap udara agar tetap renyah dan tahan lama. Keripik tempe siap disajikan untuk cemilan kapanpun.

Baca juga:Cara Membuat Keripik Tempe Mentah Yang Renyah

Manfaat tempe bagi kesehatan tubuh:

Harganya murah, mudah didapatkan, dan rasanya yang enak membuat tempe tidak lepas dari menu makanan sehari-hari bagi sebagian kalangan.

Protein nabati pada tempe juga didukung kandungan nutrisi lain, seperti vitamin dan mineral untuk menjaga kesehatan tubuh. Berikut adalah beberapa manfaat dan khasiat tempe yang dapat Anda rasakan.

Membangun dan memperbaiki sel tubuh yang rusak

Kandungan protein pada tempe berdasarkan sejumlah penelitian setara dengan yang terdapat dalam daging. Protein nabati atau yang berasal dari tumbuh-tumbuhan juga dianggap dapat menurunkan risiko terkena diabetes, penyakit jantung, dan menjaga berat badan Anda.

Secara umum, protein dibutuhkan oleh tubuh untuk membangun dan memperbaiki jaringan atau sel tubuh yang rusak agar bisa bekerja dengan baik. Kandungan nutrisi pada tempe terbukti kualitasnya lebih baik dari kedelai, karena kadar protein yang larut dalam air akan meningkatkan aktivitas enzim proteolitik.

Enzim proteolitik atau protease dapat memecahkan rantai panjang protein menjadi zat yang dapat dicerna oleh tubuh. Dikutip dari jurnal biomoleceus enzim ini juga membantu fungsi pembelahan sel, pembekuan darah, sistem kekebalan tubuh, dan fungsi vital lainnya.

Keripik tempe ini juga salah satu makanan faforit semua orang selain rasanya yang gurih teksturnya juga lembut dan cryspiy dan siapa pun orangnya yang memakan akan ketagihan.

Ternyata, resep dan cara memasak keripik tempe tidaklah terlalu sulit. Kamu hanya membutuhkan tempe yang telah diiris setipis mungkin dan bahan adonan tepung sebagai pencelup. Nah dengan resep keripik tempe di atas, sekarang kamu sudah bisa membuat keripik sendiri dirumah. Selain harganya lebih ekonomis, hasilnya juga lebih banyak. Selamat mencoba!!