Cara Membuat Siomay Tepung Terigu Homemade

Cara membuat siomay tepung terigu biasanya dibuat dari kombinasi beberapa bahan seperti tepung, daging giling dan bumbu.Daging yang digunakan biasanya ikan, udang, bahkan ayam.Di sisi lain, tepung biasanya merupakan campuran tepung sagu (tapioka) dan tepung terigu. Bahkan denganselera orang mungkin berbeda, jadi Anda bisa menyesuaikan bahannya.

Seperti resep ini, pangsit juga bisa dibuat dengan tepung saja, tanpa tambahan tepung tapioka.Sebenarnya teksturnya sedikit berbeda dengan pangsit yang ditambahkan tepung tapioka.Tepung Tapioka sendiri memberikan tekstur kenyal untuk produk olahan seperti bakso dan pangsit.Rasanya masih enak dan tidak terlalu enak.

Resep Cara Membuat Siomay Tepung Terigu Tenggiri Spesial

Cara membuat siomay tepung terigu

Bahan-Bahan

  1. 250 gr daging ikan tenggiri
  2. 2 btg daun bawang, rajang halus
  3. 1 sdm bawang merah goreng
  4. 1 sdm bawang putih goreng
  5. 100 gr tepung terigu
  6. kaldu bubuk, secukupnya
  7. 1/2 sdt lada bubuk
  8. garam, secukupnya
  9. air es, secukupnya

Bahan Pelengkap

  1. 20 bh kulit pangsit
  2. kecap manis, secukupnya
  3. saus sambal, secukupnya
  4. 10 bh tahu, belah salah satu pinggirnya
  5. 3 bh kentang, kupas

Bahan Bumbu Kacang

  1. 1 genggam kacang tanah goreng
  2. 2 bh cabe merah, potong pendek
  3. air, secukupnya
  4. 1 sdm gula jawa, sisir halus
  5. 1 sdm air asam jawa
  6. garam, secukupnya
  7. 5 bh cabe rawit (opsional)
  8. kaldu bubuk, secukupnya
  9. 1 sdt gula pasir

Cara Membuat Siomay Sederhana Dengan Terigu Saja

  1. Hancurkan daging tenggiri dengan garpu atau gosok dengan sendok. Daging tenggiri sangat empuk sehingga cenderung halus.
  2. Tambahkan bahan tambahan seperti bawang merah goreng, bawang putih goreng, merica bubuk, kaldu bubuk, garam dan daun bawang cincang.
  3. Aduk rata. Tambahkan tepung dan tuangkan sedikit air es. Tambahkan air es sedikit demi sedikit sambil diaduk dengan tangan. Tekstur adonan pangsit ini kurang lebih mirip dengan adonan bakso, sedikit empuk, namun tetap kenyal. Karena tidak menggunakan tepung sagu, maka mudah untuk membuat adonan pangsit yang hanya berbahan dasar tepung terigu dengan menggunakan kulit pangsit. Ambil sesendok adonan pangsit dan bungkus dengan kulit pangsit.
  4. Tuang sisa adonan ke dalam tahu. Kukus pangsit, tahu dan kentang hingga matang.
  5. Selanjutnya, lanjutkan membuat saus kacang sambil menunggu pangsit matang. Siapkan blender dan masukkan kacang tanah sangrai, cabai merah, cabai rawit, gula merah, gula pasir, garam, kaldu bubuk, air asam jawa dan 1 gelas air. Campur bahan saus kacang hingga rata dan halus. Tuang ke dalam panci.
  6. Rebus sampai saus kacang kental dan berminyak. Tangga berjalan. Angkat pangsit dari kukusan dan hangatkan dengan saus kacang, kecap manis, dan sedikit saus sambal.
BACA JUGA  Bagaiman Cara Kerja SEO?

Tips Cara Membuat Siomay Tepung Terigu

Cara membuat siomay tepung terigu
Tips agar siomay tidak keras dan pastinya mudah dimakan, bisa kamu aplikasikan dengan mudah dan efisien. Bikin siomay memang membutuhkan langkah yang sesuai. Karena kalo asal-asalan bikin, yang ada malahan keras dan rasanya nggak enak gengs.Nah, emangnya apa saja sih tips agar siomay yang kita bikin nggak keras. Berikut tips agar siomay tidak keras, cekidot!

1. Gunakan ikan tenggiri atau verida

Pertama gunakan jenis ikan yang lengket agar pangsitnya tidak keras dan gurih. Misalnya ikan tenggiri dan verida. Tidak hanya ikan ini saja, ikan tenggiri juga bisa dipadukan dengan bahan lain seperti daging ayam dan daging sapi. Haluskan ikan dan daging dengan bumbu lainnya.

BACA JUGA  Hari Ini Rizky Billar Diperiksa Polisi soal KDRT Lesti Kejora

2. Simpan ikan di lemari es semalaman.

Uleni ikan sebentar setelah dicampur dengan bahan lain. Omong-omong, jika Anda menguleni dengan suhu rendah, pangsitnya akan kenyal dan enak.

3. Tambahkan udang agar renyah

Tips selanjutnya agar pangsit tidak mengeras adalah dengan mengaduk udang agar renyah. Pilih udang yang renyah. Anda tidak perlu menggilingnya, cukup potong udang dengan tangan.

4. Tambahkan tepung

Tips selanjutnya agar pangsit tidak mengeras adalah dengan menambahkan tepung. Ingatlah bahwa jika daging diremas dengan bahan lain, yang terbaik adalah menambahkan tepung. Anda bisa menggunakan tepung sagu, tepung terigu, dan hankwe.
Hati-hati saat menambahkan tepung, jangan mengaduk atau menolak adonan. Cukup dengan mengaduknya dengan lancar. Sulit untuk membungkus adonan dan membentuknya dengan sendok. Kemudian kukus dan masak. Anda juga bisa menambahkan pangsit ke tahu, pare, kol, dan kentang.