Cara Buat Sate Kambing dan Bumbunya

Cara buat sate kambing. Jadi, seperti yang sudah kita ketahui, Sate Kambing merupakan sejenis makanan sate yang terbuat dari daging kambing. Daging kambing itu ditusuk dengan bambu yang dibentuk seperti lidi yang agak besar, lalu dibumbui dengan rempah-rempah dan bumbu dapur, kemudian dibakar. Penyajiannya sendiri biasanya disajikan bersama dengan lalapan kubis, tomat, dan bawang merah yang diiris tipis dan ditambahkan kecap diatasnya.

Resep sate kambing bumbu kecap yang akan kami share pada kali ini bisa dibilang cukup sederhana, tapi rasanya tetap enak dan lezat. Meskipun hanya menggunakan bumbu sate kambing yang lebih sederhana, tapi tetap terasa lezat dan pantas untuk bisa Anda coba di rumah.

Tips cara membuat sate kambing ini juga sangat mudah untuk diikuti, bahkan bagi Anda yang biasanya tidak hobi masak sekalipun. Jadi pas sekali bagi yang mempunyai stok daging kambing segar di rumah dan ingin membuat resep sate kambing bumbu kecap ini.

Tips Membuat Sate Kambing Yang Empuk

1. Menggunakan Tepung Kanji

Salah satu cara agar sate kambing terasa empuk adalah dengan menggunakan tepung kanji. Caranya setelah daging kambing ditusuk-tusuk, lumuri dengan tepung kanji. Biarkan beberapa saat, lalu digoyangkan agar tepung kanjinya hilang. Dengan cara ini maka daging kambingnya akan terasa lebih empuk.

2. Menggunakan Daun Pepaya

Selain tepung kanji, daun pepaya juga cukup efektif untuk bisa membuat daging kambing menjadi empuk. Caranya daging kambing yang masih utuh dan belum ditusuk, bungkus dengan daun pepaya selama kurang lebih 20-30 menit. Kalau sudah, cuci bersih daging kambing tersebut.

3. Menggunakan Air Kelapa

Salah satu cara untuk bisa menghilankan bau prengus atau bau amis dari daging kambing ini adalah dengan menggunakan air kelapa. Dengan merendam daging kambing dalam air kelapa, maka daging akan menjadi empuk dan bau prengusnya akan berkurang

BACA JUGA  Cara Membuat Pisang Coklat Lumer Crispy di Mulut

4. Menggunakan Nanas

Kupaslah buah nanas, kemudian diparut. Campur parutan nanas itu dengan daging kambing dengan cara melumurinya. Tapi jangan terlalu lama, karena daging kambingnya malah menjadi hancur.

 

Cara Menghilangkan Bau Daging Kambing

  1. Sebelum dimasak, daging kambing disiram dengan tetesan air jeruk nipis secara merata. Kalau tidak ada jeruk nipis, bisa menggunakan daun jeruk limau.
  2. Selain air jeruk nipis, bisa juga dengan menggunakan daun jambu klutuk. Caranya daun jambu klutuk itu ditumbuk, kemudian lumuri pada daging kambing sebelum dimasak.
  3. Seringkali kita mencuci daging kambing sebelum dimasak dengan maksud untuk menghilangkan bau prengusnya, padahal sebetulnya tidak akan berpengaruh. Justru sebaiknya Anda langsung mengolah daging kambing yang baru disembelih tanpa mencucinya terlebih dahulu. Bau amis atau prengus itu akan berkurang dengan sendirinya kalau dimasak dengan benar (sampai meresap, tanak, dan cukup waktu).

 

Resep Cara Buat Sate Kambing Bumbu Kecap Sederhana

Bahan-bahan

  • 500 gr daging kambing
  • 10 siung bawang putih
  • 1 sdm ketumbar
  • 10 butir kemiri
  • 250 gr gula merah
  • 2 sdt garam
  • 4 butir bawang merah
  • Kecap
  • Cabai (sesuai selera)

Cara Buat Sate Kambing Bumbu Kecap Sederhana

  1. Langkah pertama adalah memotong daging kambingnya berbentuk dadu. Perhatikan cara memotong dagingnya sesuai dengan yang sudah kami beri tipsnya diatas supaya sate kambing yang dihasilkan mempunyai tekstur yang empuk dan enak.
  2. Haluskan bumbu-bumbu yang diperlukan seperti bawang putih, ketumbar, kemiri, gula merah, dan garam.
  3. Kemudian rendam daging kambing dengan bumbu-bumbu yang sudah dihaluskan tadi.
  4. Tusuk daging kambing dengan menggunakan tusuk dari bambu, Anda juga bisa membuat tusuk sate sendiri dengan menggunakan mesin tusuk sate. Satu hal yang harus diperhatikan adalah dalam setiap tusukan usahakan jangan terlalu rapat karena akan mempengaruhi proses pembakaran.
  5. Bakar sate kambing sampai matang dengan sesekali diolesi kecap manis, tapi jangan terlalu banyak karena akan membuat dagingnya menjadi cepat gosong.
  6. Supaya tambah sedap, Anda bisa mengiris cabai dan bawang merah tipis-tipis lalu campur dengan kecap manis.
  7. Sajikan sate kambing dengan bumbu kecap tersebut.
BACA JUGA  Hot News! Charcoal Briquettes Indonesia has High-Quality Export

 

Resep Cara Buat Sate Ayam Madura

cara membuat sate kambing dan bumbunya

Bahan-bahan Sate

  • 1 kg daging ayam (tanpa tulang dan kulitnya)
  • 125 ml kecap manis
  • 2 buah jeruk limau

Bahan-bahan Bumbu Kacang

  • 4 siung bawang putih
  • 5 siung bawang merah
  • 125 ml kecap manis
  • 2 lembar daun jeruk
  • 250 gr kacang tanah (digoreng sampai matang)
  • 2 buah cabai merah
  • 500 ml air
  • Garam secukupnya

Cara Buat Bumbu Kacang

  1. Pertama, haluskan bawang merah, garam, kacang tanah, dan cabai merah yang sudah Anda siapkan.
  2. Kemudian tumis sebentar, lalu tambahkan kecap, daun jeruk, dan air. Masak sampai matang hingga mengeluarkan minyak dan tercium aroma wangi yang sedap.
  3. Kalau sudah, angkat dan sisihkan.

Cara Buat Sate Ayam Madura

  1. Langkah pertama adalah memotong daging ayam menjadi bentuk dadu sesuai dengan ukuran yang diinginkan, lalu tusuk dan susun pada tusukan sate. Anda bisa membuat tusuk sate sendiri dengan menggunakan mesin tusuk sate, supaya hasilnya bisa optimal.
  2. Setelah itu lumuri sate ayam dengan kecap manis yang sudah ditambahkan dengan bumbu kacang yang sudah dibuat tadi sampai permukaannya terlumuri secara rata dengan bumbunya.
  3. Kemudian bakar sate sampai matang, sambil terus dibolak-balik dan lumuri sate dengan bumbu kecap, lalu angkat.baca juga resep sate kambing bumbu kecap
  4. Anda bisa menyajikan Sate Ayam Madura ini dengna bumbu kacang yang diberi perasan jeruk limau dan juga potongan lontong atau ketupat sebagai pelengkapnya.