Cara Membuat Keripik Tahu Putih

Cara Membuat Keripik Tahu Putih

Keripik Tahu Putih Merupakan salah satu jenis makanan dari hasil olahan fermentasi biji kedelai yang sangat terkenal di Indonesia dan juga bisa dibuat menjadi berbagai macam olahan masakan yang lezat. Dengan bahan tambahan bumbu rempah pilihan, keripik tahu putih memberikan rasa yang sangat enak dan gurih. Di tambah lagi dengan teksturnya yang sangat renyah dapat membuat orang ketagihan.

Makanan keripik ini sangat cocok jika sajian gurih ini di jadikan cemilan anda dan akan terasa lebih nikmat jika menikmatinya sambil di temani minuman yang manis dan juga segar.

Selain itu keripik tahu juga bisa di gunakan sebagai makanan pendamping hidangan utama atau di bilang sebagai pengganti kerupuk. Dalam proses pembuatan keripik tahu memang cukup mudah dan gampang. Dan bahan untuk membuatnya bisa Anda dapatkan di pasaran. Kali ini saya akan mengulas tentang cara membuatnya Silahkan simak pada ulasan di bawah ini.

Cara Membuat Keripik Tahu putih

Bahan:

  1. Tahu pong kotak sebanyak 250 gram ( ambil kulitnya )
  2. Tepung maizena 5 sendok makan
  3. Air bersih dan minyak goreng secukupnya
  4. Bawang merah sebanyak 3 buah
  5. Bawang putih sebanyak 3 siung
  6. Garam dapur dan gula pasir secukupnya
  7. Merica bubuk secukupnya

Cara Membuat:

  1. Siapkan satu wadah lalu masukan tepung meizena dan air bersih sambil diaduk hingga tercampur rata.
  2. Berikutnya haluskan terlebih dahulu bawang merah, bawang putih, garam dapur, gula pasir dan merica bubuk dengan menggunakan ulekan.
  3. Ulek terus hingga bumbu benar – benar halus.
  4. Selanjutnya ambil kulit tahu dan masukan kedalam adonan tepung hingga kulit tahu terlumuri sempurna oleh adonan tepung.
  5. Terakhir goreng tahu yang telah dilumuri adonan tepung dalam minyak goreng yang telah dipanaskan.
  6. Masak terus hingga kuning kecoklatan, angkat dan tiriskan.
  7. Keripik tahu siap untuk dinikmati.

Baca Juga; cara membuat kerupuk tahu stik

Manfaat Tahu:

1. Menjaga Keseimbangan Kardiovaskular

Konsumsi produk kedelai secara teratur seperti tahu bisa menurunkan kadar kolesterol dan lemak jenuh dalam tubuh, sehingga mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Karena kandungan natriumnya yang rendah, juga bagus untuk orang dengan tekanan darah tinggi.

2. Meringankan Gejala Menopause

Senyawa organik dalam tahu, yaitu isoflavon, sangat berperan dalam membantu mengatasi gejala menopause pada wanita. Isoflavon adalah senyawa berbasis tanaman yang meniru hormon estrogen dalam tubuh. Tahu bisa membantu menstabilkan kadar estrogen saat menopause dan juga memberikan kelegaan dari hot flashes.

3. Anti Kanker

Isoflavon dalam tahu sangat terkenal bermanfaat dalam mengurangi risiko kanker. Penelitian tentang asupan kedelai dan kanker endometrium menunjukkan bahwa konsumsi produk yang lebih tinggi seperti tahu dapat mengurangi risiko kanker endometrium pada wanita pasca menopause. Tahu juga dikaitkan dengan penurunan kanker payudara, paru-paru, dan prostat.

4. Mengobati Penyakit Ginjal

Mineral yang ada dalam kandungan membuatnya menjadi tambahan yang bagus untuk diet ginjal Anda. Sangat penting untuk memasukkan makanan yang kaya protein, fosfor, dan sodium dalam rencana perawatan untuk penyakit ginjal kronis. Tahu, kaya nutrisi ini, adalah makanan yang indah untuk kesehatan ginjal Anda.

5. Mencegah Anemia

Anemia berkembang bila ada kekurangan zat besi dalam tubuh, yang menyebabkan penurunan jumlah sel darah merah yang sehat. Tahu, menjadi sumber zat besi yang sangat baik, bisa membantu mencegah anemia. Sebuah penelitian yang dilakukan di China menunjukkan bahwa tofu membantu menurunkan risiko anemia pada orang dewasa.

6. Kerusakan Hati

Tahu mengental dengan berbagai koagulan membantu mencegah kerusakan hati akibat stres oksidatif.

7. Kesehatan Otak

Tahu juga diketahui bisa meningkatkan daya ingat dan fungsi kognitif bagi wanita berusia di atas 65 tahun. Kandungan lesitin yang ada dalam tofu membantu tubuh memproduksi fosfolipid asam fosfatidat (PA) dan fosfatidilserin (PS), yang membantu fungsi neuron.

8. Mencegah Rambut Rontok

Orang juga menggunakan tahu untuk mencegah kerontokan rambut karena menyediakan keratin, protein penting untuk pertumbuhan rambut. Jadi, buanglah perawatan rambut mahal itu dan tambahkan makanan ke diet Anda.

9. Kaya Protein

Tahu, produk kedelai lainnya, dan sayuran merupakan sumber protein untuk vegan dan vegetarian. Mereka juga menyediakan asam amino yang dibutuhkan, yang bermanfaat untuk kesehatan optimal.

10. Mengobati Asam Urat

Penelitian yang dilakukan untuk mempelajari efek tahu menunjukkan bahwa itu adalah sumber protein yang lebih baik, terutama untuk pasien asam urat dengan clearance asam urat lebih banyak daripada batas normal yang lebih rendah. Namun, mereka disarankan untuk menghindari kelebihan konsumsi.