Cara Membuat Keripik Biji Nangka Yang Enak Dan Pedas Manis

Definisi;

Biji nangka ialah biji yang berasal dari buah nangka yang berukuran besar dan berbentuk bulat lonjong, permukaan kulit buah kasar dan berduri. Pohon nangka dapat tumbuh hingga mencapai ketinggian 10 – 20 meter.

Cara Membuat Keripik Biji Nangka Yang Enak Dan Pedas Manis

Tanaman ini mulai berbuah setelah berumur tiga tahun. Panjang buah sekitar 30 – 90 cm. Biji nangka berbentuk bulat sampai lonjong, berukuran kecil lebih kurang panjang biji nangka sekitar 3,5 cm – 4,5 cm dengan berat berkisar 3 hingga 9 gram. Biji nangka berkeping dua, jumlah rata–rata biji setiap buah nangka adalah 30 hingga 50 biji, dan rasio berat biji terhadap buah sekitar sepertiga dimana sisanya adalah kulit dan daging buah.

Hingga saat ini biji nangka masih merupakan bahan non-ekonomis dan sebagai limbah buangan konsumen nangka. Biji nangka terdiri dari tiga lapis kulit, yakni kulit luar berwarna kuning agak lunak, kulit liat berwarna putih dan kulit ari berwarna cokelat yang membungkus daging buah.

Kandungan dan Manfaat:

Biji nangka memiliki banyak kandungan yang bermanfaat antara lain mineral dan vitamin. Kandungan mineral seperti kalsium, fospor dan zat besi. Dan kandungan vitamin A, vitamin C, dan vitamin B1. Kandungan vitamin B1 pada
biji nangka merupakan yang tertinggi dibanding makanan sumber karbohidrat lainnya. Jika dibandingkan dengan berbagai jenis tanaman yang umum dipakai sebagai penghasil karbohidrat, maka biji nangka tersebut termasuk memiliki kadar nutrisi yang relatif potensial seperti kalori, protein, lemak, karbohidrat, kalsium, zat besi, fosfor dan kadar air.

Sehabis menikmati buah nangka, seringkali orang langsung membuang bijinya. Namun sebenarnya ada banyak manfaat yang bisa diperoleh darinya. Selain tinggi protein, karbohidrat, serat, vitamin A, C, dan B, biji nangka juga
dilengkapi dengan kalsium, zat besi, dan fosfor. Biji nangka juga dikenal dengan fitonutriennya seperti lignan, isoflavon, dan saponin yang merupakan senyawa antioksidan. Antioksidan adalah komponen yang dapat mencegah ataun menghambat oksidasi lemak, asam nukleat, atau molekul lainnya dengan mencegah inisiasi atau perkembangan dari reaksi berantai.

BACA JUGA  Jasa Buat Landing Page Murah Dan Menghasilkan

Disini akan saya berikan salah satu cara mengolah biji nangka yaitu adalah keripik biji nangka

Bahan Bahan:

  • 200 gram biji nangka / beton
  • 2 buah cabai merah
  • 3 buah cabai rawit
  • 2 siung bawang putih
  • 1 sdt gula merah
  • 1/2 sdt garam
  • 1/4 sdt kaldu bubuk
  • 1/4 lembar daun pandan

Cara Membuat Keripik Biji Nangka:

  1. Bersihkan biji nangka, cuci bersih dan angin anginkan sebentar agar kering lalu kupas kulit kasarnya. Potong tipis tipis.
  2. Goreng potongan biji nangka di minyak panas api sedang cenderung kecil hingga kecoklatan dan teksturnya kering. Tiriskan.mengunakan mesin peniris minyak
  3. Haluskan bawang putih, cabai merah, cabai rawit. Beri gula merah, garam dan kaldu bubuk. Haluskan kemudian beri daun pandan. Lumat sebentar.
  4. Tumis bumbu halus hingga harum. Masukkan gorengan biji nangka. Aduk hingga rata. Tes rasa. Angkat.
  5. Dinginkan dan bisa disimpan di toples. Enak digadoin maupun dimakan bareng nasi hangat

Baca juga:Cara Membuat Keripik Nangka Rumahan Yang Enak Dan Renyah

Beragam manfaat mengonsumsi biji nangka

100 gram buah nangka mengandung 157 kalori, 2,8 gram protein, 38 gram karbohidrat, 2,5 gram lemak, serta 1 gram lemak. Nangka juga mengandung berbagai macam vitamin dan mineral dalam jumlah yang bervariasi.

BACA JUGA  Apa itu Jasa Tukang Bangunan Borongan?

Tapi, tahukah Anda? Beberapa nutrisi pada biji nangka justru lebih banyak dibandingkan daging buahnya. Biji nangka bahkan juga diketahui memiliki kandungan antioksidan.

Beragam nutrisi inilah yang membuat biji nangka memiliki khasiat sebagai berikut:

Manfaat Biji Nangka yang Tak Boleh Anda Lewatkan

Buah nangka merupakan salah satu sumber vitamin, mineral, dan serat terbaik untuk tubuh. Namun, manfaat nangka bagi kesehatan tidak terbatas pada daging buahnya saja. Tak banyak diketahui, biji nangka ternyata juga menyimpan segudang manfaat bagi kesehatan Anda.

Beragam manfaat mengonsumsi biji nangka

Seratus gram buah nangka mengandung 157 kalori, 2,8 gram protein, 38 gram karbohidrat, 2,5 gram lemak, serta 1 gram lemak. Nangka juga mengandung berbagai macam vitamin dan mineral dalam jumlah yang bervariasi.

Tapi, tahukah Anda? Beberapa nutrisi pada biji nangka justru lebih banyak dibandingkan daging buahnya. Biji nangka bahkan juga diketahui memiliki kandungan antioksidan.

Beragam nutrisi inilah yang membuat biji nangka memiliki khasiat sebagai berikut:

1. Menurunkan kolesterol

Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa biji nangka berpotensi menurunkan kolestrol dan meningkatkan kolesterol HDL. LDL (low-density lipoprotein) adalah kolesterol ‘jahat’ yang menyebabkan penumpukan plak pada pembuluh darah.

Sementara itu, HDL (high-density lipoprotein) merupakan kolesterol ‘baik’ yang mampu mencegah pembentukan plak kolesterol. Mengonsumsi biji nangka akan memberikan manfaat besar bagi keseimbangan kadar kolesterol Anda.