Cara Membuat Briket Arang Batok Kelapa yang Mudah dan Sederhana

Tempurung kelapa atau batok kelapa sering kali hanya dibiarkan begitu saja dan tidak dimanfaatkan. Padahal batok kelapa ini bisa dijadikan briket arang lho. Cara membuat briket arang batok kelapa juga terbilang mudah.

Apalagi dengan menggunakan mesin briket arang, tentunya dengan menggunakan bantuan mesin, proses pembuatan briket arang dari tempurung kelapa ini akan menjadi lebih mudah dan lebih cepat.

Terlebih lagi bagi kamu yang akan menjadikan briket arang ini sebagai peluang usaha atau bisnis, penggunaan mesin akan menguntungkan buat kamu.

Untuk pembuatan briket arang dari batok kelapa dalam artikel ini dengan menggunakan bantuan mesin briket arang diantaranya mesin bubuk arang, mesin printer/cetak briket, mesin pengaduk adonan dan mesin oven briket.

Cara Membuat Briket Arang Batok Kelapa yang Mudah dan Sederhana

Cara Membuat Briket Arang Batok Kelapa yang Mudah dan Sederhana

Briket tempurung kelapa adalah salah satu bahan bakar alternatif yang mempunyai berbagai keunggulan diantaranya hemat atau ekonomis, aman serta ramah lingkungan

Briket tempurung kelapa mempunyai sifat mudah terbakar, tahan lama serta menghasilkan energi panas yang tinggi, jadi kalau dibandingkan dengan bahan bakar lainnya, briket tempurung kelapa lebih hemat.

Pengolahan briket ini tidak perlu menambahkan bahan kimia jadi saat digunakan tidak mengeluarkan asap dan abunya juga tidak beterbangan.

BACA JUGA  Kontraktor pembuatan studio musik terbaik

Dengan menggunakan briket ini, kamu tidak perlu khawatir dengan noda hitam, karena briket ini tidak akan meninggalkan noda pada peralatannya.

Bahan Untuk Pembuatan Briket

1. Arang batok kelapa

2. Tepung kanji

3. Air

Peralatan

1. Mesin bubuk arang/diskmill

2. Printer briket

3. Mesin pengaduk adonan

4. Briket oven

Cara Membuat Briket Arang Batok Kelapa Mudah

1. Proses Pengarangan

Batok kelapa dijadikan arang dengan cara manual yaitu dengan menggunakan tong kemudian dibakar dan ditutup sampai hanya ada sedikit ventilasi pada tong arang tersebut.

Proses pengarangan ini juga bisa menggunakan proses pirolisis, yaitu batok kelapa dimasukkan ke dalam tangki pirolisis tertutup lalu dikondensasikan secepatnya untuk mendapatkan asap cair.

2. Proses Pengepungan

Arang batok kelapa yang sudah dihasilkan melalui sistem pembakaran secara manual atau menggunakan proses pirolisis lalu dihancurkan menggunakan mesin diskmill.

3. Proses Penyaringan

Kalau sudah melalui proses peremukan arang, maka wadah pengayakan bisa menghasilkan arang batok kelapa dengan ukuran yang lebih lembut dan halus. Arang batok kelapa ini kemudian diayak menggunakan filter 50 mesh.

4. Proses Pencampuran Media

Tepung batok kelapa ini lalu diguncang dengan menggunakan air dan lem pati. Ketika proses pengadukan ini bisa ditambah lem pati sebanyak 2,5% dari tepung tempurung kelapa.

BACA JUGA  Jasa pembuatan Ruang Studio Musik Bergaransi daerah Jakarta

5. Proses Cetak Briket

Apabila semua bahan sudah tercampur merata, maka lakukanlah proses printing menggunakan printer briket atau mesin pencetak briket.

6. Proses Pengeringan

Keringkan briket yang telah kamu cetak menggunakan oven di suhu 650 oC selama kira-kira 2 jam, pengeringan ini juga bisa dilakukan dengan menggunakan bantuan dari sinar matahari. Briket arang batok kelapa pun siap untuk digunakan.

Keunggulan Briket Arang Batok Kelapa

Briket batok kelapa ini mempunyai beberapa keunggulan yaitu di bawah ini :

1. Lebih murah atau ekonomis.

2. Tidak beresiko meledak atau terbakar seperti halnya kompor minyak tanah dan kompor LPG.

3. Panas yang tinggi dan secara terus menerus sangat bagus untuk pembakaran yang memerlukan waktu lama.

4. Tidak menimbulkan suara dan tidak perlu terlalu waspada, jadi tidak akan merusak peralatan memasak.

5. Ramah untuk lingkungan serta aman bagi kesehatan, terlebih untuk ibu rumah tangga yang sering memasak di dapur.

6. Bahan briket berasal dari batok kelapa sudah tua.