Cara Memasak Daging Sapi Biar Empuk dan Tidak Bau

Halo, selamat datang di artikel cara cara memasak daging biar empuk dan tidak bau.

Cara Memasak Daging Sapi Biar Empuk dan Tidak Bau

Cara Memasak Daging Sapi Biar Empuk dan Tidak Bau

Bersihkan Daging dengan Benar

Cara mengolah daging sapi biar empuk dan tidak bau yang pertama ialah dengan membersihkannya dengan benar. Satu hal yang paling penting dan perlu untuk diperhatikan dalam membersihkan daging merah seperti sapi atau pun kambing adalah dengan jangan mencucinya dengan air.

Daging merah seperti daging sapi serta kambing, apabila jika terlalu banyak terkena air justru akan mengakibatkan munculnya aroma amis yang semakin kuat. Oleh karena itu, kamu disarankan membersihkan daging sapi dengan mengelapnya saja menggunakan tisu atau pun lap bersih.

Setelah selesai mengelap, lumurkanlah air perasan jeruk nipis pada daging kemudian rebus dengan air mendidih sebentar. Merebus air dengan air mendidih fungsinya untuk membersihkan kotoran, bakteri, sisa darah yang tersisa di daging.

Disarankan dalam merebus daging dilakukan sebanyak dua sampai tiga kali untuk hasil daging yang lebih empuk serta bersih.

Potong Daging Melintang Seratnya

Memotong daging melintang seratnya adalah salah satu cara mengolah daging sapi biar empuk yang perlu diperhatikan. Ternyata cara potong seperti ini  dapat memengaruhi daging menjadi empuk atau tidak.

Cara memotong daging yang benar yaitu dengan melawan alur urat serta seratnya. Memotong dengan cara ini dapat membantu agar daging menjadi empuk setelah selesai dimasak serta disantap nantinya.

Baca Juga : Resep Membuat Cookies Coklat yang Manis dan Mudah

Pukul-Pukul Daging Sapi

Cara mengolah daging sapi biar empuk selanjutnya ialah menggunakan alat pemukul daging. Kamu tinggal memukul-mukul kedua sisi daging sampai teksturnya jadi lebih empuk. Jangan lupa, pastikanlah alas yang digunakan dalam memukul daging cukup kuat.

Penggunaan metode memukul daging ini sangat ampuh dalam meregangkan seratt pada daging yang memang jadi penyebab daging sapi menjadi keras saat diolah.

Gunakan Nanas atau Daun Pepaya

Penggunaan nanas atau pun daun pepaya sebagai cara mengolah daging sapi biar empuk dan tidak bau juga dapat diterapkan. Kedua bahan ini sangat efektif dalam melunakkan daging sapi yang alot.

Apabila menggunakan daun pepaya,cukup kamu cincang halus daun pepaya tersebut, lalu remas dan balurkan ke seluruh bagian daging tersebut. Diamkan sekitar 15-20 menit supaya daging benar-benar empuk.

Sementara itu, jika menggunakan nanas, maka cukup dengan parut buah nanasnya sampai halus. Selanjutnya remas-remas nanas serta balurkan ke daging tersebut. Tunggu sekitar 10-15 menit, lalu daging sudah siap dimasak.

Perhatikan agar jangan terlalu lama dalam menggunakan kedua bahan itu, karena dikhawatirkan akan membuat daging sapi justru menjadi hancur.

Gunakan Baking Soda

Cara mengolah daging sapi supaya empuk dengan menggunakan baking soda mudah saja. Cukup dengan menabur baking soda ke seluruh bagian daging sapi. Lalu, membiarkan daging sapi selama 40-60 menit.

Setelah itu, jangan lupa untuk mencucinya dengan air bersih terlebih dahulu sebelum mulai diolah menjadi berneka ragam masakan. Baking soda akan bekerja dengan memecah kolagen dalam daging sapi. Hal itu akan menghasilkan tekstur daging menjadi lebih lunak.

Masak dengan Perlahan

Cara mengolah daging sapi biar empuk dan tidak bau selanjutnya ialah dengan memasaknya secara perlahan. Daging sapi yang mempunyai tekstur tebal memerlukan waktu yang lebih lama untuk dimasak, begitu sebaliknya.

Memasak secara perlahan lebih efektif dalam menghancurkan jaringan yang ada di dalam daging sapi, sehingga lebih empuk serta sedap untuk disantap. Namun, kamu juga harus memperhatikannya, karena apabila memasak daging sapi terlalu matang,  akan membuat teksturnya jadi keras serta kurang enak untuk dimakan.

Semoga cara memasak daging biar empuk dan tidak bau dapat bermanfaat. Kunjungi juga Cara Memasak Rendang Daging Sapi Agar Cepat Empuk.