Cara Cuci Baju Putih agar Kinclong

Cara cuci baju putih agar kinclong dan bebas dari noda. Mengatasi masalah baju putih yang kusam dan menguning ternyata tidak perlu menghabiskan banyak tenaga. Berikut beberapa metode mencuci baju putih agar bersinar dan terbebas dari noda.

Cara Cuci Baju Putih agar Kinclong

Pisahkan baju putih dari baju berwarna

Cara mencuci aju putih agar kinclong pertama adalah memisahkannya dengan baju yang berwarna.

Pakaian berwarna gelap seperti merah, cokelat, biru, dan hitam sering diwarnai menggunakan pewarna yang intens. Pewarna ini cenderung mudah luntur bahkan setelah beberapa kali pencucian.

Maka pisahkan baju putih untuk mencegah terkena lunturan warna dari baju lainnya data mencuci menggunakan tangan atau mesin cuci.

Bersihkan noda sebelum dicuci

Setelah memisahkan baju, lebih baik anda membersihkan noda yang menempel di baj sebelum mencucinya. Langkah ini dilakukan untuk menghentikan perluasan noda kotoran atau mencegah noda menyebar ke bagian pakaian lainnya.

And  dapat menggunakan klori atau produk penghilang noda lainnya, kemudian aplikasikan pada bagian baju yang terkena noda dan kucek sampai noda tersebut hilang. Anda dapt ulang langkah ini sampai baju benar-benar bersih dari noda.

Punya konsentrasi lebih tinggi dari detergen biasa, pastikan anda tidak berlebihan menggunakan produk penghilang noda karena dapat merusak serat pada baju.

Gunakan deterjen khusus

Jika anda bermasalah dengan baju kumal, menggunakan seterjen khusu dapat jadi pilihan cara mencuci baju putih yang menguning.

Berbeda dari deterjen biasa, deterjen khusus untuk baju putih biasanya dibelai kandunga optical brighteners yang berfungsi untuk mengikat cahaya biru maka baju terlihat cerah. Tidak hanya itu, komponen ini juga bertugas untuk menghindari pigmen warna dalam air dari menempel pada pakaian Anda. Lebih lengkapnya dapat anda baca di cetak kaos jogja

Meski bagus digunakan untuk mencuci baju putih, maka hindari menggunakan deterjen ini secara berlebihan karena dapat meninggalka bercak di serat baju anda.

Manfaatkan sifat pemutih alami dari sitrun

Peras beberapa buah jeruk sitrun dan gabungkan jusnya dengan air hangat. Rendam pakaian putih yang telah menguning dalam campuran ini selama beberapa saat sebelum mencucinya. Asam sitrun akan membantu memutihkan kain.

Gunakan air panas

Apabila bahan pakaian Eigerian memungkinkan, cucilah pakaian putih yang telah menguning dengan air panas. Air panas dapat membantu menghilangkan noda dan kotoran yang sulit dihilangkan, serta mengembalikan kilauan pada pakaian putih.

BACA JUGA  Perlengkapan Bayi - Panduan Lengkap & Rekomendasi!

Perendaman dengan baking soda

Campurkan beberapa sendok makan natrium bikarbonat dengan air hangat dan rendam pakaian putih dalam larutan ini selama beberapa jam sebelum mencucinya. Natrium bikarbonat memiliki sifat pemutih alami yang efektif dalam menghilangkan noda dan mengembalikan kecerahan pada pakaian.

Gunakan peroksida hidrogen

Merendam pakaian putih yang sudah menguning dalam larutan peroksida hidrogen yang diencerkan dengan air. Diamkan pakaian selama beberapa saat sebelum mencuci secara biasa. Peroksida hidrogen adalah pemutih yang efektif yang dapat membantu mengembalikan kecerahan pakaian.

Cuka putih

Tambahkan air keras putih ke dalam siklus akhir pencucian untuk pakaian putih yang sudah menguning. Air keras putih memiliki sifat pemutih dan membantu menghilangkan bau yang tidak sedap.

Garam

Campurkan beberapa sendok makan garam ke dalam air rendaman atau masukkan sedikit garam ke dalam mesin pencuci. Garam membantu mengatasi noda dan mencegah pakaian putih menguning.

Gunakan deterjen enzim

Deterjen berenzim dapat efektif mengatasi noda yang sulit hilang pada pakaian putih yang telah berubah warna menjadi kuning. Pilihlah produk deterjen yang mengandung enzim protease atau enzim amilase untuk menguraikan noda yang bersifat protein atau noda berbasis amilum.

Jemur di bawah sinar matahari

Setelah mencuci pakaian berwarna putih, jemur pakaian di bawah sinar matahari. Sinar matahari memiliki sifat pemutih alami yang dapat membantu menghilangkan noda dan mengembalikan kecerahan pakaian.

Nah itulah sepuluh cara mencuci baju efektif sunlight baju putih yang dapat anda lakukan dirumah. Jangan sampai baju anda tidak terpakai sia-sia. Mencuci pakaian dengan tekun dan pakaian putih yang bersih menjadi hasilnya.

Tips memutihkan Pakaian Putih Cerah dengan Sitrun

Cuka putih suling

Bahan pertana yang dapat anada pakai untuk memutihkan baju seragam baju putih ialah cuka. Anda dapat menambahkan cuka putih suling ke dalam detergen tanpa pemutih untuk menyegargan dan mencerahkan pakaian putih.

Caranya cuka putih suling dapat anda masukkan ke dalam botol semprot dan disemprotkan ke arah noda.

Sebaliknya, oleskan cuka putih suling ke noda dengan kain dan biarkan selama satu jam sebelum mencuci.

Menambahkan bahan tersebut ke dalam cucian membuat pakaian putih anda sedikit berbau. Tetapi bau cuka culing putih dapat menghilang stelah pakian putih anda mengering.

Lemon

Berikutnya, Anda dapat memanfaatkan jeruk nipis untuk memulihkan kilau putih pada seragam putih.Pakaian putih dapat diputihkan kembali dengan mencampurkan perasan lemon dengan detergen saat mencuci.

BACA JUGA  Guerilla Marketing di Indonesia: Pengertian dan Sejenisnya

Campuran lemon bermanfaat untuk meningkatkan pemutihan pada pakaian maka dapat beroh dan lembut. Selanjutnya selain itu, lemon dapat dimanfaatkan sebelum pakaian putih benar-benar dicuci.

Caranya, siapkan panci berukuran besar dan kemudian isi dengan air.

Tambahkan potongan lemon sebanyak 1 sampai 2 biji. Selanjutnya rebus air samapai mendidih air berisi lebih tersebut.

Setelah air tidak lagi dalam kondisi mendidih, letakkan pakaian atau linen ke dalam panci.. Biarkan cucian terendam selama saju jam. Berikutnya, cuci pakaian putih seperti biasa.

Susu

Mungkin terasa aneh bagi sebagian orang menggunakan susu untuk memutihkan baju, tetapi mencoba mencelupkan pakaian putih ke dalam susu selama 2-3 jam bisa menjadi alternatif yang menarik.

Setelah itu, bilas pakaian untuk menghilangkan sisa susu yang masih terserap di serat pakaian putih. Lalu, tambahkan cuka putih ke deterjen setelah pakaian putih direndam dalam susu.

Baking soda

Metode lain untuk mengembalikan kecerahan seragam putih adalah dengan menggunaan baking soda. Menurut informasi yang ditemukan di Home Revolution, baking soda memiliki kemampuan untuk menghilangkan warna kuning yang sering muncul pada bagian ketiak pakaian putih.

Kita dapat mencampurkan empat sendok baking soda dengan air secukupnya untuk mengatasi noda. Campuran yang sudah teraduk dapat dioleskan pada noda pakaian putih dan diamkan selama 5-10 menit. Jika sudah, kemudian cuci pakaian putih seperti biasa. Cara lain yang dapat dilakukan adalah menambahkan baking soda ke dalam deterjen ketika proses mencuci.

Menjemur pakaian di bawah sinar matahari

Menggantung pakaian di bawah sinar matahari dapat meningkatkan kilau pakaian putih. Sinar matahari tidak hanya berperan dalam proses pengeringan, tetapi juga membantu memutihkan pakaian putih.

Penjelasannya adalah karena sinar ultraviolet (UV) yang mampu mempercerahkan warna dan menghilangkan sisa. Sinar matahari juga berkontribusi dalam menghilangkan residu dan partikel bau yang masih tersisa pada serat pakaian putih. Dengan kata lain, ini merupakan cara yang efisien dan sederhana untuk mengembalikan warna putih pada seragam anak yang telah menguning.