Cara Buat Keripik Nanas yang Sederhana dan Enak

Cara buat keripik nanas – Cara buat keripik nanas. Jika berbicara tentang nanas, tentu Anda akan teringat dengan salah satu kota di Jawa Barat yaitu Subang. Buah ini banyak ditanam di daerah Priangan, khususnya di kota Subang.

Nanas ini ternyata enak tidak hanya untuk dimakan langsung, tapi juga untuk dijadikan aneka jajanan kreatif. Nanas mengandung banyak mineral dan vitamin yang sangat baik untuk tubuh, terutama kandungan vitamin A dan vitamin C.

Buah ini bisa dibuat menjadi banyak makanan ringan dan suguhan unik seperti dodol nanas, permen nanas, jang nanas, selai nanas, jus buah dan ternyata nanas ini juga bisa dibuat menjadi kentang goreng, saya akan membahas cara membuat keripik nanas.

Olahan kentang goreng nanas menjadi cemilan populer bagi pecinta makanan sehat. Memang jajanan ini belum populer di pasaran, masih sedikit diproduksi, mungkin hanya di wilayah Subang.

Jika kemarin saya mengulas cara membuat kentang goreng salak, sekarang saya akan mengulas cara membuat kentang goreng nanas yang enak kaya vitamin.

Tertarik mencoba membuat keripik nanas? Berikut beberapa tips dan langkah cara membuat keripik nanas yang sederhana dan bisa dilakukan siapa saja di rumah.

Cara Buat Keripik Nanas

Tentunya sebelum memulai buat keripik nanas ini, bahan utamanya yaitu Anda harus memiliki alat mesin peniris minyak terlebih dahulu, tidak usah khawatir Anda bisa membeli mesin peniris minyak itu yang sangat mudah untuk digunakan dan juga hasil yang memuaskan.

BACA JUGA  Teknik Batik Pada Kaos dalam Membuka Jalan Kreativitas Baru

Bahan:

  • 3 nanas matang
  • asam askorbat
  • Gula bubuk secukupnya

Cara Membuat:

Sedikit tips cara membuat keripik nanas yang enak, pertama anda harus memilih nanas yang tepat. Nanas diambil saat baru matang, jangan terlalu matang karena nanti buahnya terlalu lembek.

Nanas yang matang akan mengeluarkan rasa buah yang legit pada potongan nanas yang maksimal, tanpa tambahan pemanis apalagi pemanis buatan.

Berikut Cara Membuat Keripik Nanas:

  1. Hal pertama yang harus dilakukan adalah masalah pengupasan.
  2. Kupas nanas hingga benar-benar bersih dari kulitnya. Selanjutnya, rendam nanas dalam air garam.
  3. Selanjutnya, potong nanas menjadi bentuk tipis tipis dan ukuran sesuai selera Anda. Keripik nanasnya mau berbentuk apa, bisa bulat seperti buah atau memanjang seperti ingin langsung dimakan.
  4. Iris buah sehingga setiap irisan setebal 5mm.
  5. Kemudian, dinginkan potongan nanas dengan memasukkannya ke dalam freezer. Ini dilakukan untuk mendapatkan chip yang bagus.
  6. Goreng nanas saat didinginkan menggunakan alat khusus bernama Vacuum Frying. Padahal alat atau mesin ini adalah penggorengan kebanyakan buah dan sebenarnya cukup mahal.
  7. Jika menggunakan penggorengan tradisional atau penggorengan biasa, hasilnya akan berwarna hitam bahkan meleleh seperti agar-agar. Memang kandungan glukosa pada nanas sangat tinggi.
  8. Selain itu, penggorengan tidak boleh diabaikan atau terlalu panas.
  9. Kelemahan penggorengan konvensional adalah tidak bisa mengatur suhu, sehingga suhu rata-rata cenderung tinggi, bahkan bisa mencapai 100 derajat Celcius bahkan lebih.
  10. Meskipun suhunya cenderung selalu tinggi, namun tidak cukup untuk menghilangkan sari dari buah, sehingga jika terus digoreng, potongan nanas akan gosong.
  11. Jika Anda menggunakan penggoreng vakum, Anda dapat menyesuaikan suhunya agar tetap konstan selama proses penggorengan. Suhu saat merebus irisan nanas tidak boleh melebihi 85 derajat Celcius agar potongan nanas tidak gosong.
  12. Keluarkan setelah Anda merasa sudah kehilangan kandungan airnya dan benar-benar kering.
  13. Keripik nanas siap dihidangkan.
BACA JUGA  Cara Membuat Backlink Berkualitas Untuk Website Anda

Agar lebih praktis dan lebih baik dalam memulai pembuatan keripik nanas ini, Anda harus mempunyai mesin peniris minyak yang ini. Nah, itulah cara buat keripik nanas yang perlu anda ketahui. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda.

Demikaian pembahasan artikel yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Artikel Cara membuat keripik nanas ini masih terdapat beberapa kesalahan, mohon maaf atas kesalahan yang ada.