Aneka Kue Tradisional yang Saat Ini Eksis Kembali

Jajanan tradisional merupakan makanan khas Indonesia, makanan tersebut tidak hanya berasal dari satu daerah saja, tetapi hampir dari seluruh daerah yang ada di Indonesia. Sehingga jajanan tradisional ini mempunyai berbagai macam jenis, mulai dari cemilan, minuman, kue dan lain sebagainya. Dari semua jenis jajanan tersebut, semuanya pernah eksis di semua kalangan masyarakat, walaupun dari daerah yang berbeda. Nah pada kesempatan ini, akan ada pembahasan mengenai aneka kue tradisional yang saat ini eksis kembali, dengan tampilan yang berbeda.

1. Aneka kue Tradisional Salah Satunya yaitu Serabi

Aneka Kue Tradisional

Serabi merupakan jajanan pasar jenis kue yang basah dan berasal dari Jawa Barat. Walaupun kue ini berasal dari Jawa Barat, tetapi kini serabi bisa kamu temukan di berbagai daerah di Indonesia. Dikarenakan kini kue serabi termasuk dalam jajanan pasar yang saat ini kembali eksis, tentu saja dengan tampilannya yang berbeda. Akan tetapi, walaupun kue ini kembali eksis dengan tampilan yang berbeda, kue ini juga tidak meninggalkan ciri khasnya. Tampilan dari kue serabi sendiri yaitu bulat dan pipih. Rasa dari kue ini yaitu manis dan gurih. Untuk warnanya, dulu kue ini memiliki warna putih saja. Tetapi kini kue serabi bisa kamu buat dengan berbagai macam warna, agar terlihat lebih menarik dimata para pembeli.

2. Kue Bolu Pandan juga merupakan Salah Satu Aneka Kue Tradisioal

Kue bolu kali ini memiliki warna hijau yang berasal dari daun pandan. Jajanan pasar ini sudah terkenal dimana-mana, bahkan hampir diseluruh Indonesia. Bahan yang digunakan untuk membuat bolu pandan ini yaitu ada tepung terigu, telur, gula pasir dan beberapa bahan pelengkap lainnya. Cara membuat kue ini juga cukup mudah, sehingga kamu bisa membuatnya sendiri di rumah dan bisa kamu jual. Sekarang ini, banyak juga orang-orang yang berhasil menjalankan usaha dari menjual kue bolu pandan ini.

3. Aneka Kue Tradisional Berikutnya ada Martabak Manis

Martabak manis adalah jajanan tradisional yang sering dijumapai pada sore hingga malam hari. Kue martabak manis ini mempunyai cita rasa yang khas yaitu rasa manis. Jenis matabak manis yang kini sedang terkenal yaitu martabak bangka yang berasal dari Medan. Jajanan kue manis ini bisa dijadikan sebagai hidangan saat ada tamu, kerabat, ataupun keluarga di rumah. Di Indonesia, kue martabak ini memiliki beberapa sebutan di masing-masing daerahnya, misalnya seperti kue terang bulan, kue bandung, sebutan lain sebagainya. Keunikan dari kue martabak manis ini yakni isinya yang berbagai macam dan harganya tergantung dari kelengkapan isinya.

BACA JUGA  Mengapa Kuliah di Jurusan Hukum di Indonesia?

4. Kue dadar gulung

Jajanan tradisional ini merupakan jajanan jenis kue basah yang paling laris dan memiliki banyak penggemarnya. Bahan utama yang digunakan untuk membuat kue ini yaitu tepung terigu, santan, telur, dan gula pasir. Dadar gulung juga mempunyai isian didalamnya. Isian tersebut biasanya parutan kelapa muda yang dicampur dengan gula pasir ataupun gula jawa. Kue ini memiliki warna khasnya sendiri, yaitu warna hijau yang berasal dar daun pandan. Akan tetapi kini ada juga dadar gulung yang tidak hanya berwarna hijau saja, tetapi berbagai macam warna lain yang lebih menarik.

5. Kue Klepon

Inilah kue yang seringkali menjadi perbincangan saat ngumpul bareng yaitu kue klepon. Kue klepon ini berbentuk bulat dan biasanya berwarna hijau pandan. Memiliki yang manis dan juga gurih, serta tekstur yang lumayan kenyal dan juga lumer didalamnya, dikarenakan didalamnya terdapat gula jawa yang meleleh. Sehingga saat digigit atau dimakan akan terasal meledak didalam mulut. Selain itu, terdapat juga parutan kelapa muda yang terdapat di permukaan darimkue ini. Hampir di setiap kegiatan, kue ini tidak pernah absen. Karena kue ini merupakan jajanan pasar favorit para warga Indonesia.

6. Kue Bolu Kukus

Bolu kukus merupakan salah satu jajanan pasar yang berjenis kue basah yang banyak di cari saat ini. Tampilan dari kue bolu ini ada yang berbentuk kotak, bulat, segitiga, dan bentuk lainnya. Namun, proses pembuatan bolu kukus dengan berbagai macam bentuk tersebut tetap sama, hanya berbeda pada loyangnya saja. Cara memasak kue ini adalah dengan cara dikukus, sehingga menjadikannya menjadi slaah satu aneka jajanan pasar kukus. Kue ini mempunyai cita rasa yang sangat enak serta dengan aroma dari bolu kukus ini yang sangat khas.

7. Putu Ayu

Putu ayu atau kadang juga sering disebut juga dengan sebutan kue putri ayu. Memiliki tampilannya yang hijau pandan dan dengan taburan kelapa muda diatasnya menambah keanggunan pada kue putu ayu tersebut. Untuk membiat kue ini, kamu membutuhkan tepung terigu, telur, santan serta beberapa bahan lainnya. Pastinya juga kamu membutuhkan cake emulsifier sebagai bahan pelengkapnya. Cara membuat kue ini juga cukup mudah, sehingga kamu bisa membuatnya sendiri dirumah.

BACA JUGA  Apa Saja Karakter yang Cocok untuk Kuliah Jurusan Ilmu Pengetahuan Murni dan Terapan?

8. Onde-Onde

Onde-onde sendiri mempunyai tampilan khas yakni bulat dengan taburan biji wijen dipemukaannya. Jajanan pasar jenis kue tradisional ini bahkan sudah berusia ratusan tahun lho. Kue onde-onde ini memiliki isian kacang hijau yang rasanya manis didalamnya. Cara membuat kue onde-onde juga sebenarnya cukup mudah, jika kamu ingin membuatnya sendiri dirumah.

9. Kue Bika Ambon

Kue bika ambon merupakan kue basah yang juga berasal dari Indonesia. Tidak seperti namanya, ternyata kue ambon ini berasal dari daerah Medan. Hal tersebut juga hampir mirip dengan martabak bangka yang juga berasal dari kota Medan. Bahan yang digunakan untuk membuat bika ambon yaitu ada tepung terigu, air kelapa, dan juga ragi snatan.

10. Kue Lapis Legit

Kepandaian kamu dalam membuat kue belum lulus jika kamu belumpernah mencoba membuat kue lapis legit ini. Kue lapis legit ini sekarang sedang banyak dicari oleh banyak orang dan menjadi primadonanya. Lapis legit yang paling banyak dicari yaitu kue lapis legit yang berasal dari kota Surabaya, Jawa Timur. Kamu bisa menikmati kue ini sebagai teman ngobrolmu saat kamu memiliki waktu santai. Selain itu, ternyata banyak juga orang yang berhasil menambah income keluarga atau pendapatnnya sendiri yaitu yang berasal dari berdagang kue lapi legit Surabaya ini. Nah jika kamu bisa membuat kue lapis legit ini, kamu bisa menjualnya juga.

 

Dari beberapa macam dari aneka kue tradisional yang saat ini kembali eksis, ternyata masih banyak ku tradisional lainnya yang terkenal dan juga enak. Negara Indonesia sendiri, memang terkenal dengan makanan atau jajanan tradisionalnya yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia ini. Hampir setiap daerahnya pasti mempunyai ciri khas kue tradisionalnya. Nah kira-kira kamu berasal dari daerah mana nih? Dan apa jajanan tradisional yang berasal dari daerahmu?