Kenali Jenis-Jenis KPR Rumah

KPR atau kepanjangan dari Kredit Pemilikan Rumah merupakan fasilitas kredit yang digunakan untuk membeli ruko atau jenis properti lainnya. KPR rumah adalah alternatif yang bisa dilakukan untuk mencicil tempat tinggal dalam jangka waktu dan bunga tertentu.

Berikut Jenis-Jenis KPR Rumah

KPR terdiri dari beberapa jenis, diantaranya:

  1. KPR Konvensional

Sering juga disebut KPR non-subsidi. KPR ini disediakan hampir seluruh bank dengan bunga dan persyaratan yang berbeda-beda. Biasanya, bunga ditetapkan berdasarkan BI Rate. Jika terlambat membayar cicilan, maka pihak bank akan mengenakan denda yang lumayan besar.

Hal ini dilakukan karena KPR ini bukan milik pemerintah. Masa pinjaman KPR konvensional hingga kisaran 25 tahun.

  1. KPR Bersubsidi

Kredit ini masih termasuk salah satu fasilitas dari pemerintah yang penyalurannya melalui bank. Adapun keunggulan KPR ini yaitu uang muka dan bunga yang lebih rendah jika dibandingkan dengan KPR konvensional.

KPR ini hanya disediakan untuk masyarakat yang kurang mampu dan belum mempunyai rumah. KPR bersubsidi memiliki kekurangan yakni lokasi yang terpencil dan akses jalan yang cukup sulit. Harga yang dapat digunakan KPR bersubsidi maksimal 120 juta.

  1. KPR Syariah

Kredit pemilikan rumah yang menganut prinsip dan ajaran agama Islam sehingga tidak memakai sistem bunga melainkan nisbah atau bagi hasil.

  1. KPR Pembelian

Merupakan jenis kredit yang tidak hanya berupa rumah, tetapi juga bisa menggunakan properti lain seperti apartemen atau ruko.

  1. KPR Refinancing

KPR ini sedikit berbeda dengan jenis lainnya. Kredit pemilikan rumah ini merupakan produk pinjaman yaitu rumah yang dibeli dijadikan jaminan untuk pinjaman pribadi.

  1. KPR Take Over

Merupakan penawaran pemindahan kredit pemilikan rumah yang telah berada dari bank A ke B.

  1. KPR Angsuran Berjenjang

Fasilitas pinjaman dana untuk membeli rumah akan tetapi debitur bisa menunda pembayaran sebagian angsuran pokok hingga tahun ketiga masa peminjaman.

  1. KPR Duo

KPR ini menawarkan dua fasilitas secara langsung yaitu angsuran pembelian mobil atau furnitur lain dalam waktu bersamaan dan cicilan rumah.

Beberapa jenis KPR rumah yang dapat Anda pilih dan pelajari sebelum memakainya.