Air Suspension: Jenis, Kelebihan dan Kelemahannya

Apa Air Suspension Itu?

Air suspension adalah tipe suspensi kendaraan yang memakai udara yang di pompa ke kantong udara. Umumnya pada suspensi mobil kita menemui per dan shock breaker. Nah, per ini diganti oleh kantong udara yang dapat megar mengempes bergantung keperluan.

Itu mengapa, orang di mengagumkan mengatakan dengan istilah bags atau air bag. Mobil sama air suspension kerap diundang bagged. Di sini orang seringkali memakai singkatannya yakni airsus. Juga bisa kita panggilnya dengan kependekan, Air Suspension Sistem atau A.S.S haha.

Walau terlihat seperti tehnologi hebat dan modern, gagasan dan implementasi awalnya air suspension sesungguhnya telah lama. Pada 1920, orang Perancis namanya George Messier pertama kalinya mengaplikasikan tehnologi ini di pabrik mobil miliknya, Messier.

Sekarang ini air suspension umumnya ditujukan untuk beberapa mobil luxury eksklusif. Sebutlah saja seperti Rolls-Royce, Kisaran Rover, Lexus, Porsche, dan yang lain. Untuk produk aftermarket sendiri, modifikasi airsus saat ini selalu berkembang dan makin sering dipakai beberapa car enthusiast.

Tipe Air Suspension

Seperti disebut sebelumnya, ada beberapa macam atau type air suspension.

Pressure based sistem memakai penekanan sebagai pemasti seberapa banyak udara dalam kantong udara. Kita dapat tentukan berapakah psi udara untuk tiap-tiap kantong udara yang tentu saja punya pengaruh pada berapa tinggi dan berapa rendah mobil kita.

Kekurangan dari pressure based ialah jika load atau beban mobil makin bertambah. Contoh kita membawa banyak barang atau penumpang. Kita harus tentukan ulangi berapakah besaran penekanan udaranya kembali. Janganlah sampai mobil begitu melorot gagal.

Height based sistem memakai tinggi mobil ke tanah sebagai landasan pemasti jumlah udara dalam kantong. Type ini memakai height sensor yang akan mengetahui berapakah ketinggian mobil saat ini dan berapakah yang kita harapkan. Jika kurang, karena itu airsus akan automatis bekerja untuk meningkatkan. Begitu juga kebalikannya jika ketinggian di atas angka yang telah kita tetapkan karena itu airsus akan bekerja menurunkannya.

Berlainan dengan pressure based, pada height based kita tak perlu ribet dan cemas saat bawa banyak barang atau penumpang. Height sensor akan mengetahui dan airsus akan bekerja sendirinya. Hal yang sama jika terjadi perombakan temperatur ekstrim yang punya pengaruh pada kepadatan udara. Jika mobil begitu tinggi atau begitu rendah, height sensor akan koreksinya.

Tipe yang lain ialah dari bagaimana treatment dalam udara yang tidak terpakai/ dibuang dari kantong udara. Jika dibuang ke luar itu disebutkan open air sistem. Jika dibalikkan ke bak karena itu disebutkan closed air sistem.

Kelebihan

Seperti wajarnya segala hal, air suspension pasti punyai segi plus minus nya. Dengan menimbang dua segi ini, kita dapat memutus dan memberikan keyakinan apa mobil kita bagusnya pasang airsus atau mungkin tidak. Berikut sejumlah salah satunya.

  1. Bagus

Pasti tidak dapat dipungkiri mobil ceper itu bagus. Makin ceper makin sporty dan tampan. Airsus dapat menyeperkan mobil sampai betul-betul rapat alias gagal. Jika kita menyaksikan foto atau video cinematic mobil ceper yang parkirkan dengan cantiknya, peluang mobil itu bagged alias pakai airsus. Penampilan dengan airsus memang sekarang ini jadi penampilan kegantengan mobil yang terpopuler.

  1. Show Off

Ingin mengundang perhatian beberapa orang? Ingin kelihatan sebagai cool kids? Air suspension ialah jawabnya. Modifikasi ini kecuali barusan, membuat mobil bagus pas sekali untuk mengundang perhatian orang. Suara psshhhh lalu mobil turun rapat ke tanah dengan cantiknya ditanggung membuat beberapa orang terpesona! Belum bak airsus yang tersimpan di bagasi atau jok belakang sebagai eye candy menambah kemewahan mobil.

Semahal-mahalnya kita pakai suspensi coilover pada harga beberapa puluh juta… Gak akan kelihatan orang.

  1. Form with function

Cepernya airsus tidak mempertaruhkan kenyamanan mengemudi. Ingin jalan? Mobil naikkan dan berkendara dengan nyaman. Ada polisi tidur segede gambreng? Tinggal tekan tombol saja. Ingin tiduran kembali agar tampan, tinggal tekan tombol.

  1. Modifikasi ekstrim

Airsus memungkinkannya mobil agar bisa diubah mencolok. No wheel jarak atau bahkan juga slammed alias super ceper juga dapat! Yaa mobil tanpa airsus juga pasti bisa-bisa saja. Tetapi, bersiap saja gasruk sana sini.

  1. Kenyamanan

Air suspension yang memakai udara lebih sanggup meresap getaran dari jalan. Walau beberapa merek coilover telah sediakan type comfort tapi kenyamanan suspensi udara pasti lebih smooth dan perkasa dibandingkan suspensi per.

Kekurangan

  1. Pemeliharaan

Makin banyak moving parts, karena itu pemeliharaan dapat makin ribet dan tentu saja memerlukan ongkos.

  1. Reliability

Masih menyambung dengan di atas. Makin banyak moving parts, makin besar risiko terjadi ada kerusakan. Disamping itu, air suspension dikenali tidak setangguh suspensi per khususnya untuk pengggunaan berat contoh manuver ekstrim atau jalan yang buruk. Itu mengapa beberapa mobil balap/ perform umumnya masih memakai coilover. Walau, sekarang ini tehnologi air suspension makin berkembang, terhitung dalam ketahanannya. Tentu saja kembali ke merek dan harga ya, airsus yang murah ya umumnya seperti reliability-nya.

  1. Harga

Harga air suspension masih mahal. Untuk merek terkenal yang telah dikenali rekam jejak dan ketahanannya seperti Air Lift, D2, UAS, atau Akiair harga sekitar 40-80 juta! Ini belum ditambahkan ongkos instalasi dan pemeliharaan/ service. Untuk harga itu kita dapat memperoleh coilover dengan velg plus bahkan juga juga bisa sama bannya hehe. Seiring berjalannya waktu, seperti hal tehnologi, harga airsus dapat makin dapat dijangkau. Sekarang ini Air Lift misalkan, telah keluarkan type 3S yang disebut entry tingkat dengan harga seputar 10 Juta-an.

  1. Tuning dan Kostumisasi

Pada coilover kita mengenal dengan setel damping, rebound dan spring rate. Settingan ini akan punya pengaruh ke rasa mobil kita. Bagaimana mobil meluncur, membelok atau ber-manuver di jalan. Settingan ini benar-benar dipakai khususnya untuk orang yang suka dengan perform atau moment-event balap profesional.

  1. Berat

Beberapa orang mengatakan piranti airsus menambahkan berat mobil yang tentu saja punya pengaruh pada perform dan fuel economy mobil.

Begitu pembahasan CARS STUDIOS pada kesempatan kali ini.

Masih bimbang tentukan airsus atau coilover? Sesungguhnya semua bergantung pada opsi semasing.

Yang senang berkendara menawan nyaman ditambahkan penampilan yang cool pasti opsinya terang air suspension. Yang senang berkendara dengan spirit, perlu suspensi yang stiff untuk melejit, senang dengan tuning seting perform, opsinya coilover.

Anggaran juga ialah aspek khusus. Ini khususnya punya pengaruh pada merek/ kualitas barang dan mengantisipasi service/ pemeliharaan. Uang cukup terbatas, harus nabung dahulu nyisihin dahulu, mending coilover dech. Uang no masalah, gak perlu nabung atau nabung bentar sudah kekumpul, dapat tentukan airsus.

Jadi kembali, semua bergantung dari opsi dan anggaran kita.