Cara Mengolah Sawit Jadi Minyak Goreng

Cara mengolah sawit jadi minyak goreng yang telah melalui proses pemurnian sampai jernih dan aman untuk dikonsumsi. Selain dari sawit minyak goreng juga dapat dihasilkan dari tanaman seperti biji-bijian, kelapa kopra, kacang-kacangan, biji matahari, wijen, zaitun, biji anggur, dan kedelai.

Setiap minyak nabati memiliki sifat dan ciri berbeda – beda yang ditentukan oleh struktur asam lemak pada rantai trigiliserida. Minyak goreng ini dapat diproduksi secara tradisional tanpa menggunakan mesin, dan diproduksi menggunakan mesin modern da dijual di supermarket yang bias akita jumpai.

Minyak goreng dari kelapa sawit menjadi salah satu jenis minyak goreng yang sering digunakan di Indonesia karena Indonesia merupakan salah satu negara penghasil kelapa sawit.

Memiliki sejumlah kandungan asam lemak esensial yaitu asam palmitat, stearat, oleat, dan linoleat yang bermanfaat bagi Kesehatan tubuh.

Minyak goreng kelapa sawit merupakan hasil ekstraksi daging buah kelapa sawit kasar yang melalui proses pemurnian, sedangkan minyak inti sawit merupakan hasil ekstraksi dari inti sawit.

Bagaimana cara mengolah sawit menjadi minyak goreng secara trdisional?. Minyak goreng sawit bisa dibuat dengan peralatan sederhana maupun dengan peralatan teknologi modern dengan pabrik.

Minyak goreng merupakan bahan makanan nabati dari tumbuhan yang biasa digunakan untuk pembuatan suatu masakan seperti menggoreng dan menumis. Sebagian besar minyak goreng yang di buat di pasaran terbuat dari kelapa sawit.

BACA JUGA  Arti Mimpi Melihat Air Berdasarkan Primbon Jawa

Proses pembuatan minyak goreng oleh pabrik dilakukan menggunakan serangkaian metode yang modern dan canggih serta sudah teruji sehingga aman bagi kesehatan.

Hal ini bertujuan untuk memaksimalkan kualitas produk minyak goreng dan mengefisienkan wkatu pada proses pembuatannya. Ternyata minyak goreng juga bisa dibuat dengan menggunakan cara tradisional loh, Bahkan metode ini telah dikenal oleh nenek moyang bangsa Indonesia sejak dahulu kala.

Baca Juga: Cara Mengolah Buah Sawit Menjadi Minyak Goreng

 

Resep Cara Mengolah Sawit Jadi Minyak Goreng

cara mengolah sawit jadi minyak

A. Bahan:

  • Buah kelapa sawit secukupnya

B. Peralatan:

  • Panci.
  • Tungku atau Kompor.
  • Lesung.
  • Kain.
  • Wajan.
  • Irus atau centong.
  • Botol.
  • Corong.

C. Cara Mengolah Sawit Jadi Minyak Goreng

  1. Kupas serabut kelapa sawit, lalu pecahkan cangkang kelapa sawit. Ambil daging buah kelapa sawit dan kumpulkan di dalam panci.
  2. Rebus daging buah kelapa sawit menggunakan air mendidih sampai teksturnya menjadi benar-benar lunak. Proses perebusan berlangsung selama kurang lebih 1 jam.
  3. Setelah daging buah kelapa sawit bertekstur lunak angkat panci dari kompor lalu tuangkan ke dalam lesung. Daging buah di dalam lesung di tumbuk menggunakan alu sampai tekstur daging buah sawit hancur seperti bubur.
  4. Pindahkan daging buah kelapa sawit dari lesung ke atas kain lalu peras hingga memisahkan air sari dengan ampasnya. Proses pemerasan ini seperti halnya kita memeras santan dengan menambahkan air bersih secukupnya.
  5. Setelah selesai pemerasan daging buah kelapa sawit, maka air sari yang telah di pisahkan dari ampasnya direbus hingga mendidih, dengan selalu diaduk secara teratur agar air sari kelapa sawit tidak pecah.
  6. Setelah air sari mendidih maka akan terlihat lapisan minyak goreng berwarna kuning keemasan yang terbentuk di atas air sari. Ambil minyak tersebut menggunakan irus atau centong.
  7. Dinginkan terlebih dahulu lalu masukkan ke dalam kompor menggunakan bantuan corong. Vakum botol tersebut agar dapat bertahan lebih lama apabila di simpan pada suhu ruangan. Simpan botol berisi minyak goreng ini di tempat yang sejuk, dan terhindari dari sinar matahari.
BACA JUGA  Kupas Peluang Usaha Jasa Giling Daging di Era yang Serba Praktis