Pembuatan Pot Sabut Kelapa Mudah dan Ramah Lingkungan

Seluruh bagian tanaman kelapa mempunyai banyak sekali yang dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan seperti pembuatan pot sabut kelapa. Antara lain yaitu bagian dari sabut kelapa. Sabut kelapa yang sudah kering dapat dimanfaatkan untuk membuat berbagai kerajinan.

Disini saya akan memberikan contoh pemanfaatan dari sabut kelapa yang sudah kering. Sabut kelapa kering ini dapat dimanfaatkan untuk membuat pot gantung, pot gantung yang terbuat dari sabut kelapa kering ini memang bersifat lembab dan dapat dengan mudah menyerap air, oleh sebab itu pot gantung ini dapat digunakan untuk menanam jenis tanaman pakis seperti kadaka, tanduk rusa, suplir dan tanaman yang lainnya.

Selain untuk menanam jenis tanaman pakis pot gantung juga dapat digunakan untuk menanam tanaman angrek, tentunya hal ini akan memberikan kesan yang alami dan elegan pada tanaman anggrek. Berikut ini saya akan memberitahukan cara pembuatan pot sabut kelapa.

A. Alat untuk Pembuatan Pot Sabut Kelapa

Pisau
Gunting
Pisau besar
Bor

B. Bahan

Sabut kelapa yang sudah kering
Tali ijuk

C. Cara Pembuatan Pot Sabut Kelapa

1. Ambil sabut kelapa dari kulitan buah kelapa yang sudah kering, gunakan linggis untuk menguliti kelapa agar kupasan sabut tetap rapi. Biasanya di dalam desa kulit buah kelapa ini sudah dikuliti dengan sedemikian rupa sehingga kupasan sabut kelapa masih terjalin rapi. Lembarkan dan potong sabut kelapa bagian atasnya dengan menggunakan pisau yang besar. Sabut kelapa dipotong menjadi 1/4 bagian pada bagian yang atas
2. Tandai bagian yang bawah dan atas pada setiap belahan sabut kelapa dengan menggunakan tipe ex atau bisa menggunakan spidol, bagian ini nantinya akan dibor untuk mengikat belahan sabut kelapa sekaligus untuk tali ikatan pot agar lebih kencang.
3. Bor sabut kelapa yang sudah diikat tadi dengan hati -hati pada bagian yang sudah diberi tanda.

4. Tali sabut kelapa dengan menggunakan ijuk pada setiap lubang sabut kelapa, sehingga setiap belahan dari sabut kelapa dapat menyatu dengan baik.

BACA JUGA  Cara Membuat Cocopeat Sabut Kelapa

5. Setelah itu, sabut kelapa di ikat pada bagian dalam dan terbentuk. Lalu silang ikatan pada bagian yang luar, lakukan hal yang sama pada seluruh belahan sabut kelapa tadi. Maka terbentuk satu ikatan pot sabut kelapa yang kuat dan kokoh membentuk kulit kelapa yang terpancung pada bagian yang atas.

6. Pot sabut kelapa sudah siap digunakan untuk menanam tanaman anggrek, pakis dan tanaman yang lainnya.

 

Berbagai jenis produk turunan kelapa selain pot sabut kelapa

Kelapa memiliki banyak sekali manfaat dan produk. Ini merupakan salah satu hadiah dari Tuhan untuk kita. Oleh karena itu, disini saya akan membagikan beberapa manfaat buah Kelapa yang memiliki banyak sekali  manfaat.

 

1. Alas kelapa

Sabut Kelapa sangat cocok digunakan untuk kasur kesehatan, orang yang rawan dengan sakit pinggang, sangat disarankan untuk menggunakan produk kasur ini. Sifat alas atau kasur sabut kelapa tidak mudah penyok atau lentur, sehingga aman digunakan oleh orang yang menderita sakit pinggang.

Bahan ini juga cocok dijadikan sebagai matras untuk bayi, sifatnya yang dapat menyerap bau tidak sedap, sehingga menyenangkan meski dengan banyak pemupukan. Tikar kelapa ini dapat digunakan sebagai bahan tambahan pada kasur Anda atau sebagai campuran tambahan untuk kasur yang Anda gunakan agar lebih nyaman.

2. Kursi mobil dari sabut kelapa

Industri mobil besar seperti Mercedes Benz bahkan kini sudah menggunakan sabut kelapa sebagai bahan dasar pengisi jok mobilnya. Bahkan ada kursi pesawat yang diisi dengan sabut kelapa

Kelebihan yang bisa Anda rasakan saat menggunakan sabut kelapa sebagai pengisi jok mobil yaitu memiliki kelenturan yang baik, tidak abrasif, tentunya tahan lama dan ramah lingkungan.

3. Kasur Sabut Kelapa

Kasur kelapa-kelapa terbuat dari tempurung kelapa dan karet lateks, yang membuat produk yang berkualitas sangat tinggi. Karena kasur ini bekerja tanpa suspensi, kasur karet kelapa ini memiliki keunggulan fleksibel dan pastinya lembut alami.

BACA JUGA  Cara Membuat Saringan Air Dari Drum Terbukti Efektif Jernih!

Hasil proses dari crimping kelapa-kelapa pada karet alam bersifat ulet dan fleksibel. Manfaat kasur ini juga memiliki sifat antibakteri dan anti air (water repellent atau daun basah atau bayi dan anak).

4. Tali Kelapa

Untuk apa tali kelapa digunakan? Tali Kelapa dapat digunakan sebagai bahan dasar untuk membuat berbagai kerajinan dari sabut kelapa, seperti: Tali kelapa untuk dijadikan kerajinan tangan. Tambang kelapa bisa digunakan untuk tali mati pada tali perahu, tali kelapa untuk kelapa, dll. Dan bisa dibilang sebagai tali kelapa.

Bahan baku utama tali sabut kelapa yaitu sabut kelapa alami, pada dasarnya tali sabut kelapa ini memiliki berbagai jenis gulungan atau lapisan umum. Umumnya 2 lapisan sabut kelapa tersebut digunakan untuk banyak tali.

5. Cocomesh Coir Net

Cocomesh jaring sabut kelapa adalah salah satu produk dari sabut kelapa. bagaimana melakukannya yaitu melalui tenun. Pola bisa diatur sesuai kebutuhan misalnya ukuran dengan jarak tali 2×2 cm, 3×3 cm, 4×4 cm dan sesuai dengan kebutuhan.

Penggunaan Cocomesh jaring sabut kelapa lebih umum digunakan untuk penyelamatan ranjau. Dan cocomesh dapat digunakan untuk menghutankan kembali area bekas tambang. Cocomesh dapat digunakan sebagai media tanah yang baik untuk tanaman dan tanah agar tubuh subur.

Baiklah itu saja yang bisa saya sampaikan pada artikel pembuatan pot sabut kelapa, nah bagi kalian yang ingin membuat pot dari sabut kelapa anda bisa menggunakan mesin pengolah sabut kelapa untuk mempermudah pembuatannya, dan pastikan kembali untuk membeli mesin dari produsen terbaik.