Seberapa Penting Surat Jalan Bagi Jasa Ekspedisi Alat Indonesia

Memiliki proyek di luar kota membuat Anda membutuhkan banyak persiapan, salah satunya dengan mengirimkan alat berat. Pengiriman alat berat tentunya tidak mudah, Anda harus menggunakan jasa bantuan salah satunya dengan menggunakan jasa ekspedisi alat berat.

Agar Anda dapat menggunakan jasa kurir profesional, Anda harus memilih jasa kurir yang kredibel. Semakin tinggi kredibilitas perusahaan maka semakin tinggi pula kepercayaan masyarakat terhadap perusahaan tersebut.

Maka dengan ini, yang harus Anda lakukan adalah memilih ekspedisi yang memiliki nama baik dan sudah dipercaya oleh masyarakat. Anda dapat mengetahui informasi lebih detail tentang jasa ekspedisi, jika Anda telah memastikan bahwa perusahaan tersebut benar-benar baik untuk digunakan, maka Anda dapat melanjutkan untuk memilih perusahaan tersebut.

Ini adalah cara pertama yang harus Anda perhatikan dalam memilih perusahaan yang kredibel.

Namun pengiriman barang yang aman membutuhkan banyak proses, salah satunya adalah dokumen perjalanan, terutama bagi Anda yang mengirim barang berat yang membutuhkan surat pengantaran alat berat. Dokumen perjalanan ini tidak hanya untuk pengiriman barang kecil saja, dalam pengiriman barang berat seperti alat berat juga membutuhkan dokumen perjalanan untuk proses pengiriman yang aman.

BACA JUGA  Bernilainya Sewa Gudang Jakarta beserta Tiap- tiap Fungsinya

Apa itu dokumen perjalanan?

Dokumen perjalanan merupakan dokumen yang tidak kalah pentingnya dalam proses pengiriman barang. Dokumen perjalanan biasanya dibuat oleh pihak vendor atau pihak ekspedisi sebagai pemilik tugas dalam mengirimkan barang konsumsi agar barang tersebut bisa sampai di tempat tujuan.

Pihak ekspedisi akan merasa aman dengan adanya dokumen perjalanan dari pemeriksaan kiriman. Singkatnya, dokumen perjalanan merupakan alat bukti yang sah pada saat dilakukan pemeriksaan barang oleh pihak yang berwajib.

Fungsi Surat Perjalanan

Penerbitan surat perjalanan memiliki fungsi selama barang tersebut melalui proses penyerahan barang. Di antara fungsi yang dimiliki oleh dokumen perjalanan adalah:

1. Dokumen Tertulis

Dokumen perjalanan ini memuat data detail mengenai segala informasi tentang kiriman, mulai dari nama barang, jumlah barang, harga barang, alamat pengirim barang dan data penting lainnya yang telah ditentukan. Sehingga dokumen perjalanan berfungsi sebagai dokumen tertulis.

2. Mempermudah Birokrasi

Tidak hanya sebagai dokumen tertulis, dokumen perjalanan juga dapat mempermudah jalannya birokrasi seperti pengecekan oleh petugas keamanan dan polisi. Dengan adanya pengecekan ini dapat berlangsung dengan cepat, sehingga pengiriman barang akan sampai di tempat dengan cepat. Oleh karena itu, dokumen perjalanan sangat penting untuk dikeluarkan oleh pihak ekspedisi. Apalagi saat mengirimkan alat berat yang akan dibutuhkan dengan cepat.

BACA JUGA  Pentingnya Menggunakan Jasa Pengaspalan Tangerang yang Profesional

3. Alat Konfirmasi

Dokumen perjalanan adalah surat yang digunakan untuk mengkonfirmasi penerimaan, ketika barang telah sampai di tangan penerima.

4. Digunakan oleh pihak keuangan

Fungsi lain yang dimiliki oleh sebuah dokumen perjalanan adalah sebagai alat yang membantu pihak keuangan dalam meringkas semua pengiriman yang telah diselesaikan.

5. Sebagai surat bukti

Sebelumnya, untuk mempermudah birokrasi, kini dokumen perjalanan berfungsi sebagai alat bukti yang digunakan ketika pihak pengirim ingin mengajukan klaim asuransi atas barang yang tertulis dalam dokumen perjalanan tersebut. Tanpa dokumen perjalanan tentunya akan sulit untuk diterimanya klaim asuransi.

Kelima fungsi di atas membuktikan bahwa dokumen perjalanan sangat penting untuk dikeluarkan demi keamanan proses pengiriman barang khususnya barang berat.

Itulah yang dapat diuraikan mengenai surat perjalanan sebagai bukti jasa ekspedisi alat berat. Semoga bermanfaat.