Usaha Briket Arang Batok Kelapa yang Menjanjikan Di Masa Sekarang

Batok atau tempurung kelapa sering kali hanya dibiarkan begitu saja saat di pasar-pasar yang tradisional. Padahal batok kelapa ini bisa digunakan sebagai peluang usaha briket arang batok kelapa.

Batok kelapa ini nantinya akan dijadikan sebagai bahan baku dalam pembuatan briket arang yang berbahan dasar batok kelapa. Usaha briket arang batok kelapa ini bisa kamu coba kalau memang kamu tertarik.

Persiapan Memulai Usaha Briket Arang Batok Kelapa

Modal yang kamu butuhkan untuk memulai usaha briket arang batok kelapa ini tidak terlalu besar, jadi kamu tidak perlu khawatir untuk secepatnya bisa memulai usaha briket arang batok kelapa ini.

Yang harus kamu siapkan dari awal yaitu tekad yang kuat serta mental yang keras. Seorang pengusaha wajib mempunyai mental yang keras agar dapat tahan banting dengan segala kemungkinan yang terjadi.

Ia harus tahan dengan berbagai macam cobaan karena bagaimanapun juga sebuah usaha tidak mungkin dibangun dengan mudah tanpa hambatan apapun. Modal yang sebenarnya merupakan unsur yang sangat penting bagi seorang wirausahawan, terutama pemula.

Persiapan berikutnya yaitu kamu membutuhkan ruangan yang akan kamu gunakan sebagai tempat produksi iusaha arang batok kelapa kamu ini.

Tempat yang kamu persiapkan tidak perlu begitu luas asal bisa menampung alat yang nantinya akan dioperasikan serta bahan baku yang digunakan.

Bahan baku yang kamu gunakan wajib disesuaikan dalam satu tempat hal ini dilakukan supaya memperlancar proses produksi.

Usaha Briket Arang Batok Kelapa

Usaha Briket Arang Batok Kelapa yang Menjanjikan Di Masa Sekarang

Jika memang kamu mempunyai modal yang lebih, persiapkan Mesin Briket Arang Kelapa yang masih baru, supaya bisa menekan resiko kerusakan alat di dalam proses produksi kedepannya.

BACA JUGA  Mimpi mendaki gunung pertanda apa ? begini penjelasannya

Kalau bisa, tangani proses produksi usaha briket arang batok kelapa ini sendiri dulu jadi kamu belum butuh untuk mengeluarkan biaya yang digunakan untuk membayar karyawan.

Kalau nanti proses produksi dan distribusi berjalan dengan lancar dan sesuai dengan rencana, kamu bisa memulai merekrut karyawan yang tentunya sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan.

Untuk proses distribusi atau penjualan, kamu harus bisa memanfaatkan berbagai media di sekitar anda. Apakah mungkin dilakukan penjualan secara manual? Kalau kurang memungkinkan kamu bisa memanfaatkan media lain misalnya radio, media cetak, ataupun internet.

Dengan menggunakan internet kamu seperti sudah mempunyai toko atau outlet sendiri yang mana pengunjungnya jauh lebih banyak daripada toko manual. Kemungkinan penjualannya pun akan semakin banyak.

Selain itu, akan lebih baik lagi kalau kamu bisa menjalin kerja sama dengan rekan atau perusahaan lain yang menunjang Usaha Briket Arang batok Kelapa anda ini.

1. Proses Produksi

Tahukah kamu kalau untuk menghasilkan arang dengan kualitas tinggi, sangat bergantung dari proses pembuatannya? Ketepatan pengaturan suhu dan lamanya pembakaran tempurung kelapa akan sangat menentukan kualitas.

Seperti yang sudah kamu ketahui, arang dari batok kelapa tergolong awet kalau dijadikan bahan pembakaran alternatif. Apabila pembuatannya tidak sempurna, justru arang tersebut akan cepat habis, sama halnya arang kayu.

BACA JUGA  Rekomendasi Kompor Gas Tanam Rinnai yang Cocok untuk Dapur Minimalis

2. Distribusi

Setelah proses pembuatan, tugas berikutnya yang harus kamu lakukan adalah memasarkan produk yang diolah. Kamu bisa membuat perencanaan terlebih dahulu, ke mana nantinya produk yang kamu hasilkan akan dipasarkan.

Dijual langsung kepada konsumen, di ekspor, ataupun disalurkan ke distributor? Setiap target pasar memiliki cara tersendiri. Misalnya kalau ingin menjual langsung kepada konsumen, tentunya kamu akan memerlukan tempat untuk jualan.

3. Promosi

Langkah berikutnya dari proses distribusi adalah promosi. Kegiatan pemasaran ini tidak boleh dilupakan, karena memiliki peran yang penting demi perkembangan usaha yang kamu mulai.

Contohnya kamu menjual langsung ke konsumen, melakukan promosi online di beberapa marketplace. Cara lainnya adalah langsung membuat proposal ke beberapa perusahan yang membutuhkan produk briket arang kamu.

4. Harga

Produk briket arang batok kelapa memiliki harga pasaran, artinya yaitu hampir semua orang mengetahui kisaran harga tersebut. Oleh karena itu, jangan pernah ‘bermain’ dengan harga.

Pastikan kamu mengikuti harga yang berlaku di pasaran. Kalau dirasa hitungan antara  proses produksi dengan omzet masih jauh menguntungkan, kamu bisa menurunkan harga untuk memancing konsumen baru.

Nah apakah setelah membaca artikel ini kamu tertarik untuk menjalan usaha briket arang tempurung kelapa?. Demikian artikel mengenai usaha briket arang tempurung kelapa semoga bermanfaat.