Langkah Membuat Website Toko Online Untuk Pemula

Membuat website bagi sebagian orang yang masih awam tentang teknologi memang terlihat sangat sulit. Tetapi sebetulnya langkah membuat website itu cukuplah mudah. Website sangatlah penting terutama bagi Anda yang merupakan seorang pelaku bisnis.

Website dalam dunia bisnis sangat penting, karena dengan adanya website membuat para calon konsumen lebih mudah untuk melakukan pembelian atau menggali informasi terkait produk yang Anda tawarkan.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang pemasaran menggunakan website, Anda dapat membaca artikel Pemasaran Online Melalui Website.

Dalam membuat website Anda dapat membayar orang yang ahli dalam pembuatan website ataupun membuat sendiri website tersebut. Nah, apabila Anda ingin membuat website sendiri Anda dapat membaca dan mengikuti caranya di artikel ini.

Langkah-langkah Membuat Website

Berikut ini beberapa langkah membuat website yang dapat Anda terapkan:

1. Membeli Domain atau Menyewa Hosting Untuk Membuat Website

Bagi yang belum tahu, hosting adalah tempat bagi Anda untuk menyimpan data-data yang penting dari website yang Anda buat. Sedangkan domain merupakan alamat dari sebuah website. Jadi, hosting seperti sebuah rumah dan domain merupakan alamat dari rumah tersebut.

Kini sudah banyak sekali platform yang menyediakan pembelian atau penyewaan domain dan hosting. Namun, Anda harus memilih platform yang tepat dan terpercaya. Memang untuk membeli atau menyewa website bukanlah hal yang murah.

BACA JUGA  Keindahan Studio Background Wisuda Putih

2. Memasang Content Manejemen System

Content manejemen system atau biasa disingkat dengan CMS adalah sebuah software yang mengatur desain dan konten dari website Anda. CMS ini sangat berguna bagi Anda yang tidak paham dengan bahasa pemrograman atau coding.

CMS dapat mengelola sebuah website dengan cepat dan fleksibel. Dikarenakan Anda hanya perlu mencari template untuk memilih tampilan web yang Anda inginkan. Sehingga Anda tidak perlu susah payah untuk belajar bahasa pemrograman atau coding.

3. Pasang Plugin untuk Website

Plugin merupakan fitur tambahan yang dirancang untuk melakukan suatu fungsi tertentu di Website. Ada banyak jenis plugin yang dapat Anda ditambahkan ke website untuk menambah fitur fungsional dari website Anda.

Plugin juga seperti suatu Add On yang dipakai pada browser Mozilla Firefox atau Extension pada Chrome. Dari setiap plugin, pastinya mempunyai fungsi yang berbeda-beda.

Untuk mendapatkan plugin Anda dapat mendapatkan secara gratis atau juga dengan membeli di platform berbayar seperti Woocommerce, WP Shopify, Bigcommerce, dan masih banyak lagi.

4. Isikan Konten

Langkah yang keempat adalah mengisi konten untuk website Anda. Anda dapat menambahkan produk dengan cara, klik menu Product kemudian pilih Add New.

BACA JUGA  Video Iklan Kreatif dan Menginspirasi Massyarakat

Lalu Anda akan diminta untuk melengkapi informasi mengenai produk tersebut. Mulai dari nama, deskripsi produk, kode, harga produk, kategori produk, dan foto produk. Anda juga dapat menambahkan data-data lain seperti varian warna produk untuk memberikan pilihan bagi pelanggan.

5. Menggunakan Payment Gateway

Payment gateway dapat membantu website toko online Anda untuk memastikan proses pembayaran berjalan baik di semua metode pembayaran. Bisa berupa transfer bank, kartu kredit, debut, e-wallet, virtual account, atau pembayaran melalui minimarket.

Dalam proses ini, sistem pada payment gateway dapat melihat info penting dari customer, toko online dan bank. Namun jangan khawatir, data pribadi konsumen tidak akan tersebar luas karena sekarang keamanan dari payment gateway sangatlah ketat.

Demikian artikel tentang langkah membuat website yang dapat Anda terapkan. Membuat website memang terlihat sulit dan pastinya membutuhkan biaya. Namun, hal ini sepadan dengan keuntungan yang didapat apabila Anda dapat memanfaatkan website secara maksimal.