Kenali Perbedaan Pallet Plastik dan Pallet Kayu

Membincangkan perbedaan antara pallet plastik dan pallet kayu memang cukup menarik. Pasalnya, hingga saat ini ada banyak perusahaan dan industri di Indonesia yang menggunakan kedua jenis pallet itu.

Pertanyaannya, mana yang lebih unggul antara pallet plastic dan pallet kayu? Sudahkah Anda mempertimbangkan keunggulan pallet sebelum menggunakannya?

Perihal mana yang lebih unggul, Anda bisa mengetahuinya melalui perbedaan pallet plastic dengan pallet kayu. Nah, artikel ini akan membahas tentang perbedaan kedua pallet tersebut. Yuk simak dengan saksama!

Perbedaan Pallet Plastik dan Pallet Kayu

Dilihat dari bahan baku pembuatannya, kita sudah mengetahui kalau plastic pallet terbuat dari plastik, sedangkan pallet kayu terbuat dari kayu. Kedua bahan baku itu, tentunya, memiliki karakter yang berbeda sehingga berbeda pula keunggulan dan kekurangannya.

Pallet kayu yang terbuat dari kayu unggul dalam segi biaya karena dibanderol lebih murah serta memiliki kemampuan daur ulang yang lebih fleksibel. Selain itu, pallet kayu juga mudah diperbaiki saat rusak atau patah sehingga tidak perlu membeli lagi apabila masih memungkinkan diperbaiki.

Namun, kekurangan pallet kayu terletak pada durabilitasnya yang rendah. Akibatnya, jenis pallet ini gampang rusak atau patah. Selain itu, bahan baku kayu juga dapat mengundang rayap, hama dan jenis serangga lainnya yang dapat membuat pallet cepat lapuk dan rapuh.

BACA JUGA  Berbisnis Menggunakan Whatsapp Web

Sementara itu, pallet plastik memiliki durabilitas yang tinggi. Jadi, jenis pallet ini memiliki tingkat ketahanan dan keawetan yang lebih apik dibandingkan pallet kayu.

Lebih dari itu, plastic pallet juga anti rayap dan jenis serangga lainnya sehingga kemungkinan lapuk dan rapuh tidak akan terjadi. Jenis pallet ini pun mudah dibersihkan dan lebih higienis sehingga cocok untuk perusahaan dan industri yang mengutamakan kehigienisan, seperti industri makanan dan farmasi.

Akan tetapi, pallet plastic memiliki kekurangan dari segi harga yang lebih mahal dibandingkan pallet kayu. Namun, hal ini sebaiknya tidak dijadikan masalah karena durabilitas pallet plastic lebih apik sehingga pembeli hanya mengeluarkan uang di awal.

Lebih lanjut, pallet plastik kurang fleksibel didaur ulang. Memang jenis pallet ini bisa didaur ulang, namun kalah efisien dan efektif dari pallet kayu.

Pilih Pallet Plastic atau Pallet Kayu?

Di atas, kami telah menyajikan penjelasan terkait perbedaan plastic pallet dan pallet kayu. Setelah membaca penjelasan tersebut, mungkin Anda masih bingung lebih baik memilih jenis pallet apa untuk kebutuhan perusahaan/industri.

BACA JUGA  Prosedur Melakukan Import Borongan Dari Cina

Jika dilihat dari perbandingan di atas, kami bisa meyimpulkan pemilihan pallet plastic lebih direkomendasikan daripada pallet kayu. Tentunya, hal ini didasarkan pada keunggulan pallet plastik yang (jika dicermati) lebih banyak daripada pallet kayu.

Terlebih, pallet kayu tidak saja terbuat dari kayu, melainkan juga ada bahan pelengkap seperti paku dan pengikat baja. Ketahuilah, bahan-bahan pallet kayu ini kurang bersahabat bagi barang yang terhadap di sekitarnya. Ya, ada kemungkinan barang menjadi rusak karena terkena paku, pengikat baja berikut serpihan kayu.

Lain halnya dengan plastic pallet yang terbuat dari plastik secara keseluruhan. Ya, jenis pallet ini tidak membutuhkan bahan penyambung antara bagian satu dengan lainnya seperti paku dan pengikat baja. Sehingga, lebih bersahabat bagi barang yang ada di sekelilingnya.

Itulah pembahasan tentang perbedaan pallet plastik dan pallet kayu. Ingat! Bijaklah dalam memilih pallet untuk kebutuhan perusahaan Anda. Pallet plastik-lah yang mampu memberikan solusi terbaik untuk segala aktivitas perusahaan Anda.