Beragam Manfaat Biji Coklat Untuk Kesehatan

Pada artikel kali ini, kita akan membahas tentang Beragam Manfaat Biji Coklat Untuk Kesehatan. Apa manfaatnya? Baca dan simak dibawah ini,

Kakao adalah asal muasal olahan coklat yang selama ini Anda nikmati, baik dalam bentuk makanan atau minuman. Di balik ketidakpopuleran buahnya, ternyata ada banyak sekali manfaat baik kakao bagi kesehatan tubuh yang mungkin tidak pernah Anda duga sebelumnya.

Ternyata biji coklat ini juga bisa diolah kembali menjadi coklat dengan menggunakan mesin pembuat coklat. Meskipun sudah diolah menjadi coklat, manfaat dari coklat ini tidak juga hilang karena olahan coklat juga memiliki manfaat yang banyak.

Beragam Manfaat Biji Coklat Untuk Kesehatan

beragam manfaat biji coklat

  • Tinggi Antioksidan

Bubuk kakao merupakan salah satu makanan yang kaya akan kandungan flavonoid sebagai bagian dari senyawa polifenol. Keduanya ternyata adalah antioksidan alami yang bertugas untuk menangkal efek buruk dari radikal bebas, yang bisa memicu timbulnya berbagai penyakit dalam tubuh.

Senyawa polifenol ini banyak dikaitkan dengan beragam manfaat kesehatan, seperti mengurangi peradangan, memperlancar aliran darah, menurunkan tekanan darah, sampai meningkatkan kadar kolesterol dan gula darah dalam tubuh.
  • Mengurangi Risiko Serangan Jantung dan Stroke

Kandungan flavonoid  pada kakao yang tinggi, maka bubuk kakao dipercaya bisa memperkecil peluang Anda mengalami serangan jantung dan stroke. Karena, flavonoid berperan dalam meningkatkan oksida nitrat di dalam darah yang akan melebarkan arteri dan pembuluh darah dalam tubuh, sehingga aliran darah meningkat.

  • Mengurangi Depresi

Efek positif ini bisa didapat dari kandungan senyawa flavanol yang bisa menstabilkan serotonin, yaitu zat kimia dalam tubuh yang berperan mengendalikan emosi. Selain itu, bubuk kakao bisa membantu produksi hormon endorfin sebagai pembentuk mood baik dalam tubuh.

  • Memperbaiki Fungsi Otak

Bubuk cokelat ini ternyata punya manfaat lain yang tidak kalah unik, yaitu menunjang berbagai fungsi otak. Ini terjadi karena kandungan senyawa polifenol dalam bubuk kakao. Senyawa ini bisa menurunkan risiko penyakit neurodegeneratif dengan cara memperbaiki fungsi otak dan aliran darah dalam tubuh.

  • Menurunkan Tekanan Darah

Kandungan flavonoid dalam bubuk kakao dipercaya bisa memperbaiki kadar oksida nitrat dalam darah. Dalam hal yang bersamaan akan meningkatkan fungsi pembuluh darah dan menurunkan tekanan darah.

  • Memperbaiki Gejala Diabetes tipe 2

Walaupun mengkonsumsi cokelat secara berlebihan tidak disarankan untuk orang dengan diabetes. Ternyata kakao memiliki manfaat yang cukup menjanjikan, yaitu bisa membantu memperlambat pencernaan dan penyerapan karbohidrat di dalam usus.

BACA JUGA  10 Cara Biar Kamu Bisa Kaya Di Usia Muda

Selain itu, biji coklat asli ternyata juga bisa meningkatkan sekresi insulin, mengurangi peradangan, dan meningkatkan kendali gula darah di dalam tubuh.

  • Mengendalikan Berat Badan

Sebuah penelitian menemukan fakta bahwa kakao bisa bermanfaat untuk mengendalikan berat badan. Biji coklat juga bisa membantu mengatur energi dalam tubuh. Bisa juga mengurangi nafsu makan, mengurangi peradangan, meningkatkan pembakaran lemak tubuh, dan meningkatkan perasaan kenyang.

Selain itu, penelitian lain juga menemukan fakta jika orang yang sering makan cokelat akan memiliki indeks massa tubuh yang lebih rendah dibandingkan yang tidak. Bahkan, ada juga sebuah penelitian yang menemukan fakta jika kelompok yang makan cokelat lebih banyak mengalami penurunan berat badan lebih cepat dibandingkan dengan yang tidak.

  • Menjaga Kesehatan Gigi dan Tulang

Beberapa penelitian menemukan fakta jika kakao bisa mencegah gigi berlubang dan penyakit gusi. Hal ini terjadi karena biji coklat mengandung senyawa yang mengandung antibakteri dan senyawa yang bisa merangsang sistem imun untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut.

  • Membantu Meringankan Asma

Asma merupakan penyakit pernapasan kronis yang disebabkan adanya sumbatan dan peradangan di jalur napas. Penyakit pernapasan yang satu ini bahkan sering mengancam nyawa. Ternyata kakao juga bermanfaat untuk orang yang memiliki asma karena kandungan senyawa antiama pada biji coklat, yaitu teobromin dan teofilin.

BACA JUGA  Tutorial tentang bagaimana pemula dapat memulai pemrograman
  • Melindungi Tubuh dari Kanker

Kandungan flavanol dikakao dipercaya bisa melindungi tubuh dari penyakit kanker karena biji coklat. Karena memiliki efek antioksidan dimana bisa melindungi sel terhadap kerusakan molekul reaktif, melawan peradangan, menghambat pertumbuhan sel kanker, dan membantu mencegah penyebarannya.

Penelitian lain juga menemukan fakta jika senyawa di dalam ekstrak kakao bisa mengurangi risiko kanker payudara, pankreas, prostat, hati, usus besar, dan leukimia (kanker darah).