Tips Jualan Laris di Tokopedia Keuntungan Meledak!

Untuk memulai bisnis atau berjualan di Tokopedia adalah hal yang tepat. Pasalnya, sudah banyak yang menggunakan aplikasi Tokopedia untuk melakukan jual beli. Untuk memaksimalkan bisnis, kali ini saya akan membagikan Tips Jualan Laris di Tokopedia Keuntungan Meledak. Simak sampai selesai, yaaa

Apa sih Tokopedia Itu?

Tokopedia adalah salah satu marketplace online besar di Indonesia yang sangat populer. Menjadi pembeli ataupun penjual di tokopedia tak jauh berbeda untungnya. Teruntuk para pembeli, berbelanja di tokopedia akan lebih aman karena fitur escrow atau rekening bersama. Dan sebaliknya, bagi para penjual akan sangat terbantu karena fitur di Tokopedia yang sangat lengkap mulai dari inventori sampai ke promosi.

Fitur dasar yang ditsediakan di aplikasi ini juga sangat mempermudah kita untuk mengorganisir barang, menjadwalkan pengiriman, dan hingga mempromosikan produk. Nah, buat kamu yang belum pernah berjualan di tokopedia, kenapa nggak segera mencoba membuka toko di tokped (tokopedia -read).

Untuk berjualan di tokopedia ini pun nggak begitu sulit kok, kamu hanya perlu mendaftar akun tokopedia kemudian membuka toko. Kalau kamu ingin lebih jelas, berikut ini Cara Buka Toko di Tokopedia dan Tips Jualan Laris di Tokopedia Keuntungan Meledak.

Cara Buka Toko di Tokopedia

cara jualan laris di tokopedia

Cara Buka Toko di Tokopedia Melalui HP

Buat kamu yang tertarik untuk memulai berbisnis di Tokopedia, maka kamu harus membuka toko online terlebih dahulu di e-commerce tersebut sebelum kamu memulai untuk menggunakannya. Dibawah ini cara buka toko di Tokopedia lewat HP :

  1. Download aplikasi Tokopedia di Play Store atau App Store, kemudian pasangkan ke ponsel pintar yang kamu gunakan.
  2. Buka aplikasi Tokopedia, kemudian pilih menu “Akun”.
  3. Setelah itu kemudian klik opsi “Buka Toko Gratis” yang berada di sebelah bawah di layar hp kamu.
  4. Tuliskan nama toko kamu. Perlu kamu ketahui bahwa nama toko kamu tidak dapat diubah, maka dari itu pastikan kamu telah membuat nama toko yang sesuai dengan produk jualan di toko kamu. Kamu juga dapat membuat domain toko yang berfungsi untuk link ke toko di e-commerce ini.
  5. Setelah itu, kamu baru bisa melengkapi alamat toko mulai dari nama jalan, nomor rumah, RT/RW, kecamatan, dan juga kode pos. Lalu klik “Simpan”.
  6. Jika sudah, itu artinya kamu sudah bisa untuk mulai berjualan di Tokopedia.

Cara Buka Toko di Tokopedia Melalui Website

Cara buka toko di Tokopedia tentunya juga sangat bisa melalui website. Membuka toko dengan cara ini juga tidak begitu sulit. Berikut ini langkah-langkahnya untuk membuka toko di website :

  1. Buka terlebih dahulu browser yang berada di komputer atau laptop kamu, kemudian kunjungi situs web tokopedia.com.
  2. Klik menu “Toko” yang terdapat di kanan atas. Lalu klik opsi “Buka Toko”.
  3. Kemudian setelah itu, isi nama toko dan domain untuk toko online milikmu lalu klik opsi “Buka Toko Sekarang”.
  4. Tahap cara berjualan di Tokopedia yang selanjutnya yaitu kamu perlu mengisi slogan dan juga deskripsi toko, kemudian klik “Selanjutnya”.
  5. Lanjutkan dengan mengisikan alamat dan lokasi penjemputan, kemudian klik “Selanjutnya” dan sekarang toko yang kamu punya di Tokopedia sudah bisa digunakan untuk memposting produk dan berjualan.
BACA JUGA  Toko Karpet Masjid Di Bekasi Tangan pertama

Tips Jualan Laris di Tokopedia Keuntungan Meledak

cara jualan laris di tokopedia

1. Berikan Identitas Penjual Tokopedia yang Jelas

Tips jualan laris di Tokopedia keuntungan melimpah yang pertama yaitu Identitas Penjual yang Jelas. Membuat nama toko dan foto profil toko yang anonim atau tidak jelas ketika kamu menjual barang di tokopedia jangan pernah kamu lakukan. Apalagi jika toko milik kamu masih baru, kebanyakan calon pembeli pasti akan merasa ragu untuk membeli produk dari toko milikmu.

Tidak begitu penting dalam menjual kepercayaan, apabila kamu gagal memberi kepercayaan kepada konsumen, besar kemungkinan untuk produk jualan di toko kamu tidak akan dilirik pembeli dan tidak laris. Gunakan nama kamu sendiri atau nama apa saja yang sekiranya tidak aneh, jelas, dan tentunya terlihat profesional.

2. Membuat Catatan Toko Juga Tips Jualan Laris di Tokopedia Keuntungan Meledak

Tips jualan laris di Tokopedia keuntungan melimpah yang berikutnya adalah Membuat Catatan Toko. Perlu kamu ketahui bahwa catatan toko ini sangat berbeda dengan deskripsi toko yang biasanya lebih jelas.

Catatan toko merupakan informasi yang lebih jelas dan spesifik mengenai syarat dan ketentuan atau informasi penting didalam web atau situs jualan yang kamu pakai. Penggunaan catatan toko ini menunjukkan bahwa toko yang kamu kelola menyajikan informasi yang jelas, detail, dan juga sangat terpercaya.

Artinya, toko yang kamu kelola pasti bukan toko abal-abal yang kebetulan dalam menjual dan atau mengirimkan produk. Dengan membuat catatan toko, itu artinya toko kamu lebih kredibel dan lebih bisa dipercayai.

Beberapa catatan yang kerap dicantumkan oleh para penjual di Tokopedia antara lain yaitu kebijakan pengembalian produk, same day delivery, dan juga cara agar bisa mendapatkan free bubble wrap atau box.

Apapun itu, tentu saja perlu disesuaikan dengan toko yang kamu gunakan.

3. Deskripsi Toko yang Jelas, Singkat, dan Padat Juga Cara Menjual Barang ke Tokopedia Supaya Laris Manis

Membuat deskripsi toko tidak dianjurkan untuk menggunakan copywriting yang panjang atau basa-basi. Kamu harus bisa membuat deskripsi toko kamu dengan kalimat yang hemat, singkat, dan bisa mengandung informasi yang padat. Dalam memberikan informasi deskripsi toko, ada beberapa hal yang perlu kamu cantumkan disana, antara lain yaitu :

  • Produk yang di jual.
  • Jika ada tingkat atau ketentuan tertentu (Contohnya untuk produk grosiran, apabila ada minimal pembelian, silahkan di cantumkan di deskripsi toko).
  • Apabila ada informasi tambahan yang perlu disampaikan, cantumkan di informasi produk yang ada di toko kamu.
  • Jika kamu ingin memberi informasi yang berkaitan dengan pengemasan dan pengiriman, bisa di cantumkan juga di deskripsi toko kamu.
BACA JUGA  Kemasan Snack Box Kekinian Yang Bikin Unik Produkmu

4. Tata Etalase Dengan Rapi Juga Merupakan Tips Jualan Laris di Tokopedia Keuntungan Meledak

Dengan memanfaatkan fitur etalase di Tokopedia, kamu bisa menyusun produk yang akan kamu jual sesuai dengan kategori produknya. Etalase yang sudah tersusun rapi bisa membuat calon pembeli akan memilih beragam produk yang diinginkannya dengan lebih mudah dan juga tidak lama.

Selain itu, etalase juga bisa memudahkan calon pembeli kamu untuk memiliki produk serupa dengan yang ia beli. Mereka yang awalnya hanya ingin membeli satu produk saja, malah bisa tertarik untuk membeli dua atau tiga produk karena tertarik dengan produk yang terpajang di etalase.

5. Fast Response Kepada Pelanggan

Tips jualan laris di Tokopedia keuntungan melimpah yang selanjutnya yaitu fast response. Lebih pilih mana, harga produk murah tapi slow respon membalas chat atau harga produk mahal tapi fast respon? Kebanyakan pembeli lebih memilih barang yang harganya sedikit lebih mahal tetapi respon cepat.

Respon cepat akan membuat calon pembeli kamu lebih yakin dan mantap bahwa penjual peduli dengan calon pembeli. Calon pembeli pasti akan merasa gembira dan aman ketika chat mereka mendapat balasan dengan cepat. Ini dia salah satu alasan yang cukup kuat untuk membuat mereka pilih membeli produk dari toko kamu.

6. Bergabung Gold Merchant Juga Tips Jualan Laris di Tokopedia Keuntungan Meledak

Tips jualan laris di Tokopedia keuntungan melimpah yang berikutnya adalah bergabung dengan pedagang emas. Fitur dari Tokopedia yang satu ini sangat mendukung toko kamu untuk bisa tampil lebih beda dan lebih jelas dibandingkan toko yang lain. Pasalnya, kamu akan memperoleh badge ‘Gold Merchant’ yang berwarna kuning di toko milikmu.

Tak hanya sekedar logo saja, karena jika kamu mendapatkan logo itu berarti kamu akan diberikan beberapa fasilitas seller premium juga oleh pihak Tokopedia. Antara lain yaitu :

  • Bisa menambahkan orang lain selain kamu sendiri yang menjadi admin toko
  • Menempel cover toko
  • Memperbanyak batasan jumlah etalase
  • Bisa menampilkan catatan toko yang berada di samping produk kamu yang lain
  • Menjual produk yang sedang unggul

Diatas tadi sudah ada 6 Tips Jualan Laris di Tokopedia Keuntungan Meledak. Dengan kamu mengoptimalkan berbagai strategi marketing, maka jualan di Tokopedia pun bisa menjadi lebih laris manis. Selamat mencoba dan nantikan tips-tips sukses berikutnya dari kami!