Resep Matcha Latte

Matcha mungkin menjadi salah satu minuman berwarna hijau yang menggugah selera karena warnanya saja menunjukkan bahwa minuman itu akan segar dan sehat. Tapi karena rasa matcha yang dominan pahit, banyak orang kurang suka meminumnya begitu saja.

Nah, agar bisa menikmati matcha yang enak, manis dan tidak terlalu pahit tapi tetap segar, muncullah matcha latte. Banyak kedai kopi yang mungkin menyajikan matcha latte dengan harga mahal, tapi sebenarnya minuman ini mudah dibuat sendiri di rumah. Ini dia resepnya.

1. Resep Matcha Latte Ala Kedai Kopi

Bahan:

  • 2 sdm bubuk matcha
  • 200 ml susu cair
  • 4 sdm kental manis
  • 2 sdm gula (sesuaikan selera)
  • 1 sdm creamer
  • 100 ml air panas secukupnya
  • es batu secukupnya

Cara membuat:

  1. Campurkan air panas dengan bubuk matcha. Aduk rata.
  2. Masukkan kental manis, creamer dan gula. Aduk rata dengan matcha.
  3. Tata es batu secukupnya di gelas tinggi, tuang susu dan tuang matcha.
  4. Jadi deh, matcha latte enak ala kedai kopi.

Jika tidak suka pahit, bisa kurangi bubuk matchanya, atau jika suka pahit bisa ditambah. Bisa juga gunakan matcha latte sachet instan, tapi kurangi gula atau kental manisnya ya. Silakan mencoba di rumah.

2. resep Iced Matcha Latte

Matcha latte atau kerap disebut green tea latte adalah minuman yang terbuat dari matcha bubuk dicampur dengan susu cair.

Matcha latte maupun green tea latte tidak mengandung kopi. Kata latte berasal dari Bahasa Italia yang artinya susu.

Kamu dapat menambahkan es batu agar matcha latte terasa segar sehingga bisa diminum untuk menghalau panas.

BACA JUGA  Oseng Tahu Cabe Ijo

Resep iced matcha latte

Bahan iced matcha latte

  • 1 sdt matcha bubuk
  • 2 sdt krimer bubuk
  • 50 ml susu cair
  • Es batu secukupnya

Cara membuat iced matcha latte

  1. Campur matcha bubuk dengan air panas secukupnya. Kocok menggunakan milk frother atau aduk pakai sendok sampai matcha larut. Sisihkan.
  2. Pada wadah lain campur susu cair secukupnya dan krimer bubuk. Kocok menggunakan milk frother sampai cukup mengembang.
  3. Siapkan gelas saji, masukkan es batu. Tuang susu cair, diikuti dengan matcha. Tuang campuran susu dan krimer. Taburi dengan matcha bubuk. Sajikan.

3. Resep Matcha Latte Ala Starbucks

Starbucks menjadi salah satu gerai kopi terbesar di dunia. Beragam jenis minuman nikmat bisa kamu coba. Salah satunya matcha latte.

Matcha latte merupakan salah satu minuman kekinian yang jadi kesukaan banyak orang. Gak perlu ke Starbucks kalau mau mencicipi, kamu bisa membuatnya sendiri di rumah.

Mudah dibuat, matcha latte hanya memerlukan 4 bahan yang tentunya ramah di kantong. Bahannya mudah didapat, tentunya rasa minuman hijau ini gak kalah nikmat dari yang dijual di kafe. Cocok dijadikan ide jualan, berikut resep matcha latte ala Starbucks!

1. Bahan membuat matcha latte

Bahan-bahan:

  • 2 bungkus matcha instan
  • 10 sdm air panas
  • 1 liter susu cair
  • 5 sdm brown sugar

3. Larutkan bubuk matcha

Untuk membuat larutan matcha, siapkan terlebih dahulu panci berukuran sedang. Kemudian, masukan bubuk matcha instan yang sebelumnya telah disiapkan.

Selanjutnya, tambahkan air dan panaskan di atas api kecil sambil terus diaduk. Setelah mendidih, matikan kompor dan sisihkan.

4. Campur semua larutan ke dalam satu wadah

Setelah larutan susu dan matcha siap, kamu sudah bisa menuangkannya ke dalam botol agar bisa disimpan nantinya. Untuk takarannya sendiri, tuangkan cairan susu sampai 3/4 bagian gelas, lalu lanjutkan dengan matcha. Terakhir, jangan lupa kocok hingga merata.

5. Sajikan dalam keadaan dingin

Untuk penyajiannya, kamu bisa menikmati matcha latte dalam sebuah cangkir. Agar terasa lebih nikmat dan segar, kamu bisa menyajikannya dengan tambahan es batu.

Kalau pengin lebih menarik, kamu bisa berkreasi dengan membuat dekorasi di atas sajian matcha latte. Gunakan whipping cream dan lelehan karamel, deh.

Cuma memerlukan empat bahan, matcha latte ala Starbucks sangat mudah dibuat, lho. Minuman matcha latte ini cocok banget dijadikan ide bisnis. Gimana, tertarik buat coba bikin di rumah gak, nih?

 

 

Baca juga: Mesin Kopi