Macam-macam Pakan Ikan Nila yang Tepat Agar Cepat Besar

Pakan Ikan Nila yang Tepat – Ikan nila agar cepat tumbuh perlu diberi pakan secara teratur. Ikan air tawar yang sering dikonsumsi ini selain mempunyai rasa yang enak dan bergizi, juga memiliki harga yang cukup terjangkau sehingga banyak diminati.

Selain itu, budidaya ikan nila juga tidak terlalu sulit. Selain masa panen yang cepat, yaitu hanya 4-6 bulan dari masa pembibitan, makanannya juga tidak ribet. Bahkan, Anda bisa memberikan tanaman yang sering dijumpai seperti singkong atau daun talas.

Makanan ikan nila untuk tumbuh cepat cukup mudah disiapkan. Hal ini tentunya perlu diperhatikan karena faktor pakan sangat dalam menyangkut pembesaran ukuran daging dan kelangsungan hidup ikan. Pemberian pakan harus memperhatikan kandungan nutrisi yang tepat, baik dari pakan ikan alami maupun pakan ikan buatan.

Pakan Ikan Nila yang Tepat

Pakan Ikan Nila yang Tepat

1. Tanaman Azolla

Makanan pertama ikan nila agar cepat tumbuh adalah tanaman Azolla. Azolla merupakan salah satu tumbuhan paku air yang tumbuh dan menyebar di persawahan. Tumbuhan ini berasal dari suku Azzollaceae, suku ini hidup mengapung di atas air.

Azolla mengandung nutrisi dan protein yang cukup baik hingga 33%. Sehingga sangat meyakinkan untuk membantu pertumbuhan ikan nila. Anda bisa memberi makan ikan nila dengan azolla yang terlebih dahulu dipotong kecil-kecil atau hanya meletakkan azolla di kolam. Selain membuat ikan nila cepat besar, Azolla juga mempunyai harga yang murah.

2. Daun Talas

Daun talas merupakan salah satu makanan bagi ikan nila agar cepat tumbuh. Penggunaan daun talas tidak hanya membuat ikan bertambah besar, tetapi juga menghemat biaya. Padahal, pakan ikan nila yang satu ini juga bermanfaat agar ikan nila tidak bergantung pada pakan buatan seperti pelet.

3. Kangkung

Tumbuhan ini juga bisa dijadikan pakan ikan nila agar cepat tumbuh seperti daun keladi. Kangkung juga tidak kalah kualitasnya dengan ikan nila. Anda bisa memberi ikan nila untuk makan kangkung dengan cara memotongnya kecil-kecil terlebih dahulu. Banyak petani juga membiarkan kangkung tumbuh sendiri di kolam agar ikan nila bisa memakannya kapan saja.

BACA JUGA  Apa Sih Backlink? Berikut Ini Pengertian dan Fungsi Backlink

4. Cacing Sutra

Ulat sutera memiliki kandungan protein tinggi hingga 40-57%, lemak 10-13% dan serat 2,04%, menjadikannya salah satu makanan bagi ikan nila untuk tumbuh cepat. Ulat sutera juga sering menjadi makanan andalan para peternak ikan, baik ikan konsumsi maupun ikan hias seperti guppy dan cupang.

Hal ini karena ulat sutera dipercaya dapat mempercepat pertumbuhan ikan. Anda bisa mendapatkannya dengan mencarinya sendiri di parit atau membelinya dari dealer.

5. Lumut

Lumut merupakan salah satu makanan bagi ikan nila agar cepat tumbuh karena mengandung banyak protein. Selain dimanfaatkan sebagai pakan alami, lumut juga banyak dimanfaatkan oleh para pemancing untuk mendapatkan ikan nila. Lumut biasanya banyak tumbuh di kolam. Namun jika habis, Anda bisa mencari lumut di sungai dan persawahan untuk makanan tambahan ikan nila.

6. Kutu air

Ukuran kutu air yang kecil sangat cocok untuk pakan ikan nila agar cepat tumbuh. Air kuta bisa anda temukan di penjual ikan hias atau anda bisa menemukannya sendiri di sungai dan parit. Kutu air sangat dianjurkan untuk pakan ikan nila kecil karena dapat membantu mempercepat pertumbuhan ikan.

7. Artemia

Artemia merupakan salah satu jenis hewan air kecil yang sangat baik untuk pakan ikan nila sehingga cepat tumbuh. Jenis hewan ini mengandung lemak dan protein yang dibutuhkan untuk pertumbuhan ikan nila. Ukuran artemia yang sangat kecil seperti kutu air sangat baik untuk benih ikan nila yang baru menetas.

8. Dedak

Bekatul juga bisa dijadikan pakan ikan nila agar cepat tumbuh. Apalagi ukuran dedak yang kecil sangat cocok dengan ukuran mulut ikan nila yang kecil. Dedak banyak dipilih sebagai makanan alternatif ikan nila karena banyak mengandung karbohidrat yang baik untuk pertumbuhan ikan nila. Selain itu harga pakan ikan nila jenis ini juga murah dan mudah didapatkan.

BACA JUGA  Bagaimana Cara Memilih Jasa Penulisan Artikel Terpercaya

9. Nasi sisa

Jika Anda menginginkan sesuatu yang lebih mudah, Anda bisa memberikan nasi sisa ikan nila. Makanan ikan nila agar cepat tumbuh ini mengandung karbohidrat dan protein yang tinggi untuk mempercepat pertumbuhan ikan nila. Anda juga bisa mencampur nasi dengan dedak atau hanya memberikannya untuk pakan ikan nila.

10. Ampas kelapa

Ampas kelapa juga bisa dijadikan pakan ikan nila agar cepat tumbuh. Harga ampas kelapa yang murah dan mudah didapat menjadi salah satu alternatif pangan agar ikan nila cepat tumbuh. Ampas kelapa banyak mengandung karbohidrat dan protein yang baik untuk pertumbuhan ikan nila.

11. Pelet

Selain berbagai makanan ikan nila alami agar cepat tumbuh, Anda juga bisa memberikan makanan buatan seperti pelet. Ada banyak jenis pelet nila, dari pelet nila juvenil hingga pelet nila induk. Untuk setiap merk dan ukuran pelet tentunya harganya berbeda-beda. Semakin baik kualitasnya, semakin mahal harganya. Kita juga bisa membuatnya sendiri dengan menggunakan mesin pembuat pelet ikan.

Demikian artikel mengenai Macam-macam Pakan Ikan Nila yang Tepat Agar Cepat Besar, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk Kita semua, terima kasih.