Kandungan yang Ada Pada mie Kwetiau

Asal Usul Mie Kwetiau

Sebelum heboh kwe tiau, di Indonesia khususnya di Kota Medan, sudah lama orang mengenal makanan yang bernama mie tiaw ini. Mie yang terbuat dari bahan tepung beras berbentuk pipih, lembut, tipis, dan berwarna putih.

Terkadang orang menyebutnya mie tiaw, dan di lain tempat sering disebut kwe tiaw.
Pada tahun 90-an mi tiau di pinggir pinggir jalan yang dijual dalam gerobak kecil memasang brandnya dengan nama `mie balap`.

Konon berasal dari seorang nenek Tionghoa di Jalan Sei Kera yang setiap pagi jualan kwe tiau tangannya ligat /cepat sekali mengaduk-aduk mie di atas kuali meski sudah sepuh.
Di Indonesia, kita akrab menyebut kwe tiau atau mie Tiau. Namun di Penang namanya ditulis di kedai-kedai sebagai Char Koay Teow atau Kuey Teow.

 

Manfaat Mie Kwetiau Untuk Tubuh

Mie tiaw adalah jenis pasta atau mie yang transparan yang terbuat dari tepung beras dan air. Tepung beras merupakan olahan tepung yang terbuat dari beras dengan proses penggilingan. Terdapat kandungan karbohidrat, kalsium, protein, zat besi dan vitamin C, sehingga banyak sekali manfaatnya. Antara lain adalah :

Menjaga Kesehatan Tulang

Tidak hanya susu saja yang memiliki kandungan kalsium. Tepung beras pun memiliki kandungan kalsium di dalamnya, yang tentu saja kalsium sangat baik dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan tulang.

BACA JUGA  Cara Membuat Cokelat Yang Enak

Mencegah Anemia

Tidak hanya bayam, tepung beras pun mempunyai kandungan zat besi di dalamnya. Banyak memakan makanan yang mengandung zat besi dapat membantu sel darah untuk mengikat oksigen. Dengan sirkulasi oksigen dalam darah yang lancar, tubuh akan terhindar dari anemia yang sering dialami karena kekurangan zat besi.

Meningkatkan Metabolisme

Energi tubuh yang terpenuhi dapat membantu meningkatkan metabolisme dalam tubuh. Karbohidrat dalam tepung beras sebagai sumber energi dalam tubuh, mampu membantu membakar kalori pada lemak dalam tubuh. Kalori akan terbakar pada saat tubuh sedang menjalani berbagai kegiatan.

Mencegah Terjadinya Panas Dalam

Panas dalam tidak hanya bisa diobati dengan jeruk dan alang-alang saja. Tetapi juga bisa diatasi dengan mengkonsumsi tepung beras. Kandungan vitamin C di dalam tepung beras dapat membantu meredakan dan mencegah panas dalam menyerang tubuh.

Menurunkan Berat Badan

Mengkonsumsi tepung beras sesuai dengan takarannya bisa membantu menurunkan berat badan. Apabila jumlah kalori mengkonsumsi tepung beras tidak terlalu banyak, maka kalori tersebut juga dapat dibakar dengan aktivitas metabolisme yang dialami oleh tubuh. Sehingga dapat membantu menjaga berat badan.

BACA JUGA  Pembuatan Pot Sabut Kelapa Mudah,Ramah Lingkungan Dan Simple

Melancarkan Pencernaan

Tepung beras memiliki struktur yang lembut dibandingkan dengan beras. Mengkonsumsi tepung beras baik bagi beberapa orang yang sedang mengalami gangguan pencernaan yang mengharuskan mengkonsumsi makanan yang lembut agar dapat dengan mudah diserap oleh usus. Selain itu, kandungan serat yang ada di dalam tepung beras juga bisa mengurangi rasa sakit ketika sedang terjadi masalah pencernaan.

 

Cara Membuat

  1. Lumuri kwetiau dengan bumbu perendam. Sisihkan.
  2. Panaskan minyak. Tumis bawang putih dan bawang bombai sampai harum. Sisihkan di pinggir wajan.
  3. Tambahkan telur. Aduk sampai berbutir. Masukkan caisim. Aduk sampai setengah layu. Tuang air dan aduk rata.
  4. Tambahkan kwetiau, garam, merica bubuk. Aduk sampai matang. Masukkan daun bawang. Aduk rata.

 

Kandungan Gizi Yang Ada Pada Mie Kwetiau

Kandungan gizi pada kwetiau goreng sebagai berikut:

Ukuran porsi: 100 g

Energi: 1414 kj, 338 kkal

Lemak: 12,30 g

Protein: 3,00 g

Karbohidrat: 18,00 g

Kalori: 338