jenis rumput yang bagus untuk pakan sapi potong

Jenis Rumput yang bagus untuk pakan sapi sangat penting sebagai pakan ternak ruminansia seperti sapi, kambing, kerbau dan domba. Yang dimaksud dengan alang-alang adalah monokotil dengan daun-daun sempit dan sempit yang tumbuh dari pangkal batang. Pada umumnya sering dibudidayakan sebagai tanaman hias, obat-obatan dan pakan ternak.

Di sisi lain, rumput yang tumbuh di lahan pertanian mengganggu pertumbuhan tanaman, oleh karena itu sering disebut tanaman sturgeon atau gulma. Secara umum, jenis rumput terbagi menjadi dua, yaitu rumput hias dan rumput liar.

Macam Macam Rumput Untuk Pakan Ternak

1. Rumput Gajah

Rumput gajah (dalam bahasa Inggris), dengan nama ilmiah Pennisetum Purpureum, adalah spesies rumput liar yang berukuran besar dan bergizi tinggi yang biasanya digunakan untuk memberi makan hewan seperti sapi, kambing, dan gajah. Dalam bahasa Jawa tanaman ini disebut “Kolonjon”.

Tanaman ini sangat mudah tumbuh dan lebih menyukai tanah yang lembab. Koloni umumnya tumbuh di Afrika karena kemampuannya menahan cuaca panas. Di Jawa banyak ditanam untuk pakan ternak. Rumput gajah dicirikan oleh pertumbuhan vertikal, tandan padat, tinggi 7 m, batang tebal dan keras, daun panjang dan bunga seperti es.

2. Rumput Benggala

jenis rumput yang bagus untuk pakan sapi

Rumput Benggala (Megathyrsus maximus) merupakan jenis rumput yang sering digunakan sebagai bahan baku pakan ternak. Sering disebut Java Suket Londo, tanaman ini asli Afrika tropis.

Suket Londo merupakan gulma yang kini banyak dibudidayakan sebagai pakan ternak karena nilai jualnya yang tinggi. Tanaman ini dapat dibudidayakan di semua daerah tropis dan subtropis.

Tinggi terna ini 2,5 m, akarnya rimpang, dan daunnya berbulu. Bulu daun mungkin tampak jarang, lebat atau bahkan tidak ada. Bentuk daun bengal lurus, runcing dan sempit, bunganya panik, piramidal, lebar 45 cm. Bengals tumbuh lurus dan tegak.

BACA JUGA  usaha keripik singkong pedas manis dari rumah

3. Rumput Odot

Tumbuhan ini berasal dari Amerika dan memiliki nama latin Pennisetum purpureum cv. ngengat Gulma ini ditanam oleh seorang peternak kambing PE asal Tulungagung bernama Pak Odot.

Itulah sebabnya ramuan ini disebut dengan ramuan odot. Produksi herbal ini sangat tinggi. Kelebihan tanaman ini adalah jumlahnya yang sangat banyak, yaitu setiap tanaman menghasilkan 50-80 batang.

Selain itu, odograss memiliki akar yang kuat, lunak, tidak berbulu, batang bercabang banyak, dan tingginya hanya sekitar 1,5 m. Oleh karena itu, rumput odot sangat digemari oleh hewan ternak.

4. Rumput Bede (Brachiaria Decumbens)

Rumput ini merupakan rumput penggembalaan yang baik karena tahan pakai, cepat tumbuh, toleran kekeringan dan cocok ditanam di daerah tropis.

Kandungan serat kasar Beda 30-35% dan kandungan protein kasar 6-10%. Memfasilitasi pemberian makan rumput untuk ruminansia. Sebaiknya sobek rumput terlebih dahulu dengan kapak rumput, kemudian ukurannya akan lebih kecil agar pas dengan ternak.

5. Rumput Raja

Rumput Raja atau King Grass merupakan sumber serat kasar untuk ternak, kandungannya mencapai 32,6%. Protein kasar juga cukup tinggi yaitu 15,67%.

Bedweed merupakan jenis tumbuhan perdu (multirop), mudah beradaptasi di daerah tropis dan tumbuh baik pada tanah yang tidak terlalu basah.

6. Teresede (gamal)

Ini adalah salah satu pakan terbaik untuk kambing. Kandungan protein hingga 23% CP dan 1,2% kalsium. Kandungan serat daun Teresede juga tinggi yaitu 45 persen NDF yang merupakan sumber pakan ternak yang sangat baik untuk nutrisi kambing.

Gamal berasal dari Amerika Tengah dan Brasil, dan tanaman gamal masuk ke Indonesia pada abad ke-20 melalui perusahaan perkebunan Belanda yang tertarik menggunakannya sebagai tanaman penutup untuk perkebunan teh di Medan.

BACA JUGA  Cara Efektif Mengoptimalkan Video untuk Promosi di TikTok

Ciri khas dari daunnya adalah memiliki bau yang menyengat, terkadang kambing tidak mau memakannya jika belum terbiasa. Ini bisa disiasati dengan menjemur atau layu agar bisa dijadikan pakan kambing.

7. Singkong Taun / Singkong Karet

Memiliki daun yang lebar dan tebal, ciri lainnya adalah batang yang besar. Umumnya singkong ini akan tumbuh kembali saat dipotong. Meski batangnya sangat besar, ternyata tanaman ini hanya memiliki umbi umbi kecil. Perbedaan antara ubi gom dan ubi biasa adalah daunnya hanya digunakan untuk membuat sayuran, karena umbinya tidak bisa dimakan.

Daun getah singkong juga digunakan sebagai pakan ternak. Kandungan protein yang tinggi pada tanaman ini sangat baik untuk pertumbuhan kambing.

8. Kaliandra

Tumbuhan ini termasuk dalam kelompok klasifikasi Plantae, famili Fabaceae. Kaliandra dapat tumbuh dengan baik di dataran rendah maupun dataran tinggi hingga ketinggian 1500 mdpl. Tanaman ini relatif kuat bertahan pada musim kemarau, meskipun pertumbuhannya tidak sebanyak pada musim hujan.

Kaliandra dapat ditemukan di lereng gunung dan hutan. Tanaman ini dapat tumbuh hingga setinggi 8 meter dan berfungsi sebagai penahan air dan tanah. Ini digunakan sebagai pakan ternak karena mengandung protein kasar hingga 20N, yang baik untuk ternak.

itulah jenis rumput yang bagus untuk pakan sapi, jika anda ingin mencacah atau mengecilkan ukuran bisa menggunakan mesin pencacah rumput multifungsi untuk memudahkannya