Jenis – Jenis Rumput Pakan Domba

MACAM JENIS RUMPUT PAKAN TERNAK DOMBA:

Terdapat berbagai jenis hijauan makanan ternak kambing yang biasa dimanfaatkan untuk hijauan makanan ternak, diantaranya yaitu sebagai berikut:

1.RUMPUT GAJAH

Rumput gajah atau biasa di sebut (Pennisetum purpureum) yaitu salah satu macam jenis rumput makanan ternak domba tahunan berasal dari afrika yang dapat tumbuh tinggi serta tegak.

Rumput ini mempunyai perakaran yang dalam dan menyebar hingga dapat menahan erosi serta berkembang dengan rhizoma untuk membentuk rumpun. Rumput ini dapat mempunyai hasil yang baik kalau dengan cara menanam rumput gajah yang benar

Tanaman ini mempunyai sifat perennial dan bisa tumbuh setinggi 3 hingga 4,5. Jika dibiarkan tumbuh bebas, bisa setinggi 6 m, akar bisa sedalam 4,7 m. Panjang daun 17 hingga 91 cm serta lebar 7 hingga 36 mm.

Adaptasi rumput gajah dapat toleran terhadap berbagai jenis tanah, tidak tahan dengan genangan, tetapi responsif dengan irigasi

Kultur metode rumput gajah ini adalah bahan tanam berupa pols serta stek, interval pemangkasan 41 hingga 59 hari, responsif dengan pupuk nitrogen, campuran memanfaatkan legum seperti Centro serta Kudzu, produksinya 99 hingga 200 ton/ha/th (segar), 15 ton/ha/th (BK), renovasi 4 hingga 7 tahun.

Rumput Gajah ini toleran dengan berbagai jenis tanah, tidak tahan terhadap genangan, namun respon terhadap irigasi, suka tanah lempung yang subur.

2. RUMPUT RAJA ATAU KING GRASS (PENNISETUM PURPUPOIDES)

Rumput raja atau yang biasa dalam bahasa latin di kenal Pennisetum purpupoides yaitu salah satu macam jenis rumput makanan ternak domba  hasil persilangan antara P. purpureum dengan P. thypoides serta berasalkan dari Afrika selatan.

BACA JUGA  Syarat Kesehatan yang Diperlukan untuk Menikah

Macam Jenis Rumput makanan ternak domba memiliki ciri-ciri tumbuh membentuk rumpun serta warna daun hijau tua dengan bagian dalam permukaan daun kasar, tulang daun lebih putih daripada rumput gajah.

Adaptasinya bisa tumbuh pada struktur tanah yang sedang ataupun berat, tidak tahan dengan genangan air dan permukaan air tanah yang tinggi, tahan naungan, tidak tahan terhadap penggembalaan berat dan pemangkasan dilakukan pada tahun ke 2.

Siklus hidup perenial, tumbuh berbentuk rumpun dengan tinggi mencapai 6 m, daya adaptasi baik pada kawasan tropis dengan irigasi yang cukup.

Rumput raja dapat dikembangbiakkan memanfaatkan cara stek batang atau sobekan rumpun (pols). Stek dipangkas sepanjang 26 hingga 30 cm atau 2 (dua) ruas batang.

Batang pols dapat diambil dari tanaman muda. Rumput raja mempunyai karakteristik tumbuh tegak berumpun-rumpun, ketinggian dapat mencapai kurang lebih 5 m, batang tebal serta keras, daun lebar sedikit tegak, serta adanya bulu sedikit panjang pada daun helaian dekat liguna.

Permukaan daun luas serta tidak berbunga kecuali jika di tanam di kawasan yang dingin. Rumput raja dapat di tanam di kawasan yang subur di dataran rendah hingga dataran tinggi, dengan curah hujan tahunan yang lebih dari 990 mm.

Baca juga: Jenis Rumput Makanan Kambing Yang Baik Untuk Ternak

3. RUMPUT BRACHIARIA (BHACHRIA BRIZANTHA)

Rumput Brachiaria  dalam bahasa latinnya dikenal Brachiaria brizantha merupakan jenis rumput yang berasal dari Afrika yang dapat dibudidayakan menggunakan pols.

Rumput ini dapat hidup serta tumbuh didataran rendah hingga dataran tinggi, ketinggian 0 sampai 1100 m, curah hujan lebih dari 1600 mm per tahun serta pada struktur tanah yang ringan, sedang sampai berat.

BACA JUGA  Manfaat Keripik Kentang Cokelat yang Sangat Bermanfaat

Tanaman ini termasuk rumput yang berumur panjang, memiliki sifat pernial. Pertumbuhannya membentuk hamparan vertikal dan horizontal yang umumnya mencapai tinggi 70 hingga 150 cm.

4. RUMPUT BENGGALA (PANICUM MAXIMUM)

Rumput Benggala atau dalam bahasa latinnya di kenal Panicum Maximum yaitu salah satu jenis rumput yang berasal dari Afrika tropik dan sub tropic dengan ciri tumbuh tegak membentuk rumpun.

Tinggi bisa mencapai 1 hingga 1,7 m, daun lebih halus daripada rumput gajah, buku dan lidah daun berbuku, banyak mempunyai anakan. Bunga tersusun dalam malai dan berwarna hijau atau kekuningan, serta akar serabut dalam. Rumput jenis ini bisa berguna untuk penutup tanah, penggembalaan.

Sifat hidup dari rumput Benggala adalah perennial, tumbuh baik pada daerah dataran rendah hingga 1960 dari permukaan laut.

Curah hujan yang sesuai untuk hijauan jenis ini yaitu 1000 sampai 1990 mm per thn, rumput jenis ini tahan dengan tanah kering namun tumbuh baik kalau cukup air walaupun tidak tahan genangan.

Panicum maximum juga dapat tahan naungan, responsif terhadap pupuk nitrogen, dan juga tahan penggembalaan hingga dapat dibuat rumput potong pastura.

Sebelum memberikan rumput untuk ternak anda sebaiknya dicacah terlebih dahulu menggunakan mesin pencacah rumput.