Cetakan Briket manual

Cetakan briket manual yaitu, alat yang digunakan untuk mencetak briket dari bahan baku serbuk arang atau batu bara secara manual. Alat cetak briket mempunyai bentuk yang simple dan mudah buat di pindah pindah dan tidak memakan tempak banyak. Alat cetak briket tersebut sederhana dengan harga terjangkau.

Lebih lengkapnya baca Briket

Spesifikasi :

panjang rangka : 80cm
panjang lengan : 55cm
lebar : 20cm
tinggi : 20cm
Rangka kokoh dengan UNP
Tekan manual 1 kali cetak mendapat 3 briket
Hasil cetakan briket berbentuk lingkaran diameter 25 mili meter panjang 60 sampai 70mm

Perancangan dan Pembuatan Alat Pencetak Briket Manual tersebut mempunyai berbagai tujuan yang diharapkan dalam pencetakan Briket, diantaranya dari segi pemanfaatan. Memanfaatkan Serbuk Kayu dijadikan bahan bakar alternatif. Prinsip kerja dari alat tersebut ialah sebagai berikut,
memasukkan adonan serbuk kayu pada alat cetakan, memasang kedudukan atau posisi silinder cetak agar berdiri lurus dengan alat cetakan, menekan Tuas Penekan sampai adonan menjadi bentuk padat, memindah Plat Geser ke samping, menekan Tuas Penekan sampai hasil cetakan keluar di tempat yang berada dibawah alat cetakan, pindah kembali Plat geser ke posisi semula. Tuas Penekan menggunakan bahan baja St 42 sampai 1. Batang Penghubung memakai bahan baja St 37 . Silinder Cetak menggunakan bahan baja St 70 sampai 2. Rumah Cetakan menggunakan bahan baja St 70 sampai 2. Pengelasan pada silinder cetak dan alat cetakan memakai las listrik dengan jenis elektroda AWS E6013 diameter 2 mili meter. Elektroda jenis tersebut digunakan untuk semua pengelasan.
Pembuatan lubang pada Tuas penekan dan Batang Penghubung memakai mata bor HSS diameter 12 dan 10 dengan waktu 5,18 menit untuk 4 lubang. pada Tuas Penekan dan 3,02 menit 2 lubang pada Batang Penghubung. Dalam waktu 1 jam, alat tersebut dapat mencetak 115 kali dan menghasilkan 460 briket. Dimensi dari briket 25 x 56 mm. Pembakaran briket memakai media minyak tanah atau premium sebagai pemancing agar membantu proses pembakaran. Setelah dilakukan pengujian masih terdapat hal hal yang perlu disempurnakan yaitu, Pada silinder cetak masih perlu didesain ulang, dikarenakan hasil cetakan belum sesuai dengan referensi yang tertera. lebih memperjelas tekanan yang dipakai dalam proses pencetakan. disarankan untuk mencantumkan komposisi adonan pada penelitian selanjutnya. Pembuatan plat geser disarankan lebih kreatif agar tidak membuang tenaga saat pengeluaran briket didalam alat cetakan.

BACA JUGA  Tips Pernikahan Langgeng: Rahasia Memperkuat Hubungan Anda

Cetakan Briket manual

Alat yang digunakan dalam pembuatan briket seperti:

  • Tangki Pembakaran Untuk proses pengarangan serbuk kayu dan pelepah pisang.
  • Cetakan Untukmencetak campuran arang.
    Baskom Plastik 21 Page 2 Untukmencampur arangyang sudah di timbang dengan perekat.
  • Prinsip kerja alat pencetak briket ialah suatu proses di mana tekanan di peroleh dari dongkrak digerakkan oleh motor penggerak. Motor berputar mengerakkan tuas penghubung dan menekan dongkrak hidrolik, maka mendorong piston tersebut keluar.
  • Alat pencetak briket manual berfungsi mencetak briket dari bahan bahan organik seperti limbah dari pertanian yang mengandung karbon tinggi seperti serbuk gergaji, jerami, sekam padi. Briket yang dihasilkan berbentuk silinder dan digunakan oleh warga sebagai bahan bakar.

Kekurangan pertama dari penggunaan briket yaitu hasil pembakarannya. Briket dari bahan batu bara atau arang sama memberikan hasil pembakaran yang dapat sebabkan polusi udara dan mengganggu pernapasan. Kecuali itu, briket berasal dari batu bara mempunyai asap yang dapat menyebabkan korosi pada besi.

BACA JUGA  "Special 2024 Winport On Line Casino Review: Top Video Games & Bonuse

Jadi itulah alat cetakan briket manual, dan dapat anda buat di rumah dengan cara manual seperti penjelasan di atas.