Cara Menggiling Jagung Sederhana

Cara menggiling jagung sederhana – Jagung merupakan salah satu jenis bahan makanan yang sangat umum dan mudah ditemukan di sekitar kita. Secara umum terdapat berbagai jenis jagung yang biasa dijadikan sebagai sumber bahan makanan seperti jagung manis dan biji jagung.

Manfaat jagung sangat beragam, antara lain untuk batang, daun, kulit, biji jagung dan tongkol jagung. Batang dan daunnya banyak digunakan sebagai pakan ternak karena mengandung nutrisi yang baik untuk ternak. Sedangkan kulit jagung sering digunakan sebagai bahan pembuatan berbagai produk kerajinan.

Biji jagung digunakan sebagai sumber makanan bagi manusia dan pakan ternak. Tapi, pernahkah Anda melihat bahwa tongkol jagung bisa menghasilkan manfaat yang sangat besar. Berikut ini adalah daftar manfaat tongkol jagung. Jagung giling adalah butiran jagung kasar yang didapat dari sebuah penggilingan jagung yang kering.

Jagung giling digunakan sebagai bahan baku pakan ternak. Membuat jagung giling sangat mudah. Jagung kering digiling atau dihaluskan hingga menjadi butiran kasar. Jagung banyak dipilih sebagai sumber pakan ternak dibandingkan komoditas lain karena memiliki 70% karbohidrat, 10% protein, dan 5% lemak.

Kandungan pati lebih dari 60-80% akan mudah dicerna karena kandungan serat kasarnya relatif rendah. Pati jagung mengandung xantofil yang berfungsi meningkatkan konsentrasi warna kuning pada kaki ayam dan kuning telur. Jagung juga memiliki kandungan lemak yang tinggi yaitu 3%.

Jagung menjadi pilihan pakan utama bagi ternak karena kandungan nutrisi yang terdapat pada jagung sendiri memiliki banyak manfaat yang sangat dibutuhkan oleh ayam. Dibandingkan dedak padi, kedelai atau pollard, jagung sebagai pakan memiliki nutrisi yang lebih baik dan proses penyiapannya lebih mudah.

BACA JUGA  Cara Membuat Ongol Ongol Enak dan Kenyal

Kandungan serat kasar dedak padi sangat tinggi dan mudah rusak. Selain itu, penggunaan dedak sebagai pakan ternak harus memperhatikan suhu penyimpanannya.

Cara Menggiling Jagung Sederhana

cara menggiling jagung sederhana

BAHAN:

  • Jagung kering

PERALATAN:

  • Mesin giling jagung, alat ini dipakai untuk menggiling jagung menjadi butiran-butiran kasar.
  • Alat mekanik yang biasa digunakan adalah palu. Penggilingan juga bisa dilakukan dengan alat yang semi mekanis, atau batu.

CARA PEMBUATAN:

  1. Jagung dijemur di bawah sinar matahari, atau dijemur di pengering.
  2. Jagung kering digiling menjadi butiran kasar. Setelah itu, jagung yang sudah digiling dikemas dalam kantong plastik dan disimpan di tempat yang kering. Dalam menggiling jagung, kita perlu waspada.
  3. Ini penting karena kami bekerja dengan mesin dan memastikan kami memahami cara menggunakan mesin.
  4. Kemudian saat menggiling jagung usahakan memakai topi untuk menghindari debu pada rambut, dan menggunakan masker untuk menghindari menghirup debu.

Manfaat Jagung Giling untuk Ayam

Jagung giling sering digunakan untuk pakan ternak dan salah satu yang sering diberikan makan jagung adalah ayam. Lalu apa saja manfaat jagung giling sebagai pakan ayam bangkok? Berikut adalah beberapa di antaranya:

1. Baik untuk kesehatan mata ayam Ayam 

Ayam membutuhkan penglihatan yang baik agar dapat hidup dan bertarung dengan baik. Dengan memberinya makan jagung giling yang mengandung senyawa lutein, dapat membantu menjaga kesehatan retina mata dan mencegahnya dari katarak.

BACA JUGA  Souvenir Pernikahan yang Bermanfaat untuk Tamu Undangan

2. Menjaga berat badan ayam

Seperti halnya manusia, kelebihan berat badan pada ayam bangkok bukanlah hal yang baik karena membuat sulit bergerak lincah dan tidak baik untuk kesehatan. Jagung giling merupakan pakan yang tepat untuk ayam bangkok karena memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga ayam tidak mudah merasa lapar sehingga tidak makan terlalu banyak dan kandungan lemaknya rendah sehingga ayam tidak kegemukan.

3. Melancarkan pencernaan ayam

Kandungan serat pada jagung giling sangat baik untuk melancarkan pencernaan ayam sehingga makanan dapat diserap dengan baik dan sisa pencernaan berupa feses juga dapat dikeluarkan dengan lancar.

4. Menguatkan tulang Ayam 

Ayam yang baik juga harus memiliki tulang yang kuat agar dapat bergerak lincah dan memiliki kekuatan yang baik. Pemberian pakan jagung giling merupakan pilihan yang tepat karena kandungan mineral berupa kalsium dan magnesium pada jagung giling sangat baik untuk kesehatan dan kekuatan tulang ayam bangkok.

5. Sumber energi Ayam

Ayam juga membutuhkan stamina dan tenaga yang cukup agar dapat bergerak dan mengikuti berbagai perlombaan dengan baik. Jagung giling yang mengandung banyak karbohidrat  sangat baik dan menjadi asupan yang bagus untuk ayam dan sebagai sumber energi untuk menunjang stamina ayam.

Itulah cara menggiling jagung sederhana dan beberapa manfaat nya untuk ternak salah satunya adalah ayam. Selamat mencoba!

/// Baca Selengkapnya \\\