Cara Membuat Pupuk Kompos dari Dedaunan

Anda ingin tahu ,cara membuat pupuk kompos dari dedaunan, Jika ingin tahu cara membuat pupuk kompos dari dedaunan, yuk simak ulasan berikut.

Selain fakta bahwa pengomposan daun itu ekonomis dan mudah dilakukan karena daun-daunan ada di sekitar kita, juga ramah lingkungan. Lalu mengapa? Karena pengomposan dapat membantu mengurangi sampah.

Kita sering melihat banyak sampah di sekitar kita. Daripada dibiarkan, lebih baik perlakukan sebagai sesuatu yang berguna, bukan? Salah satunya membuat kompos ini.

Meski hanya dengan bahan sederhana, kompos ini memiliki banyak manfaat bagi tanaman. Wah, saya semakin penasaran. Jika iya, langsung saja baca ulasan berikut tentang kompos dan cara membuatnya.

Apa Itu Kompos ?

cara membuat pupuk kompos dari dedaunan

Kompos merupakan hasil penguraian campuran bahan organik. Proses penguraian ini cukup lama, namun ternyata kita bisa mempercepatnya secara artifisial yaitu dengan bantuan bakteri.

Jadi proses yang kami lakukan adalah membuat kompos atau mengurai bahan organik dengan cara biologis. Yaitu dengan mikroba yang menggunakan bahan organik sebagai sumber energinya.

Persiapan Pembuatan Kompos

Langkah pertama yang perlu dilakukan tentunya menyiapkan terlebih dahulu alat dan bahannya. Anda harus memiliki alat seperti sekop, cangkul.

Ingatlah juga untuk menyiapkan wadah, misal ember atau kantong kompos plastik hitam. Lalu ada zat EM4 yang penting untuk merangsang perkembangan bakteri.

BACA JUGA  Merk Jam Tangan Yang Mungkin Belum Anda Ketahui

Selain itu, kita juga harus membersihkan media seperti dedak atau tanah sebagai sumber energi bakteri. Kemudian, tentunya sampah organik tersebut harus diolah. Kali ini kami menggunakan daun karena mudah ditangani dan diperoleh.

Berikut Cara Pembuatan Pupuk Kompos dari Daun

1. Pembuatan Pupuk Kompos dari Daun Kering

Pengomposan dapat dilakukan dengan beberapa cara tergantung pada jenis daunnya. Pilihan pertama adalah menggunakan daun kering.

Pembuatan kompos dari daun kering merupakan proses yang sederhana dan mudah karena tidak membutuhkan tenaga yang terlalu banyak. Ayo, mari kita lihat semuanya.

  1. Pertama, pilih daun kering yang berwarna coklat.
  2. Siapkan lubang di tanah untuk persiapan kompos.
  3. Masukkan daun kering ke lubang serta tutupi dengan tanah.
  4. Siapkan ember yang cukup besar dan isi dasarnya dengan kompos yang menjadi perangsang bakteri.
  5. Kemudian tambahkan bedengan dan tutup kembali dengan tanah.
  6. Biarkan daun terkena panas dan hujan. Biasanya dibutuhkan waktu berbulan-bulan untuk berubah menjadi kompos.
2. Pembuatan Pupuk Kompos dari Potongan Daun

Jika Anda tidak memiliki kompos, jangan khawatir, ada cara lain membuat kompos dari abon daun yang cepat dan mudah. Mari kita lihat langkah-langkah berikut:

  1. Pertama, potong dedaunan hingga lebih kecil. Karena semakin lunak daunnya, semakin luas permukaan kerja mikroorganisme pemula.
  2. Anda juga bisa menambahkan bahan yang memberi energi pada bakteri, seperti gula, bekatul, atau tetes tebu.
  3. Lakukan bolak-balik pada tumpukan kompos ini secara rutin dan teratur untuk mempercepat prosesnya.
  4. Tambahkan starter bakteri lain seperti Pertanian EM4, Starbio atau mikroorganisme lokal.
  5. Betapa mudahnya membuat kompos dari daun
BACA JUGA  Jasa renovasi kantor daerah Jakarta Barat Terbaik
3. Pembuatan Pupuk Kompos dari Daun
  1. Potong daun menjadi ukuran yang lebih kecil, kurang lebih 2-3 cm.
  2. Tempatkan daun parut di tempat sampah komposIsi shift.
  3. Pertama siram setiap lapisan dalam tangki dengan EM4 atau Mol.
  4. Tutupi dan isi tempat tidur, tetapi jangan terlalu rapat.
  5. Proses ini biasanya memakan waktu 1-2 bulan.
  6. Balik daun secara teratur setiap 3 hari sekali. Jika tidak diregangkan, bakteri tidak akan berfungsi secara maksimal.

Itulah beberapa cara membuat pupuk kompos dari dedaunan, jika Anda ingin membuat pupuk kompos dari dedaunan, untuk memudahkan Anda membuatnya alangkah baiknya mengunakan mesin pencacah kompos yang bisa Anda dapatkan di rumah mesin.