Cara Goreng Bawang Putih Crispy, Gurih, dan Tahan Lama

Bagaimana sih cara goreng bawang putih crispy, gurih, dan tahan lama? Pada artikel kali ini, akan kita bahas lengkap tentang cara goreng bawang putih agar crispy tidak lengket dengan mudah dan pastinya tidak kalah enak dengan bawang goreng di pasaran. Jika ingin hasil gorengan bawang putih menjadi lebih sempurna, mungkin Tips dan Cara Menggoreng Bawang Putih agar Tidak Lengket bisa membantu.

cara goreng bawang putih crispy

Manfaat Bawang Putih

Bawang putih telah digunakan dari dulu sebagai obat serta memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Manfaat bawang putih untuk kesehatan didapatkan melalui bawang putih mentah ataupun yang sudah dimasak, salah satunya digoreng. Kamu bisa mencampurkan bawang putih pada berbagai masakan yang kamu konsumsi sebagai toping.

Berikut adalah 7 manfaat bawang putih:

1.  Menangkal pilek
Salah satu manfaat bawang putih yang pertama yaitu meningkatkan sistem imum tubuh serta menangkal pilek. Sebuah riset menemukan bahwa kandungan allicin yang terkandung pada bawang putih bisa mengurangi peluang terkena pilek dan membuat orang yang terjangkit pilek menjadi lebih cepat sembuh.

2. Meningkatkan performa olahraga

Sebuat studi menunjukkan bahwa seseorang yang menderita penyakit jantung mengalami performa olahraga yang lebih baik setelah diolesi minyak bawang putih sebanyak dua kali sehari selama enam minggu. Tapi, penelitian-penelitian tentang bawang putih dan performa olahraga masih berkontradiksi dan memerlukan riset lebih lanjut mengenai hal ini.

3. Bisa menjadi antibiotik alami 
Kandungan diallyl sulfide yang terkandung dalam bawang putih dipercaya dapat melawan bakteri Campylobacter penyebab gangguan pencernaan dan bahkan 100 kali lebih efektif daripada antibiotik yang pada umumnya sering digunakan. Manfaat bawang putih kali ini yaitu dapat melawan bakteri tertentu membuatnya berpotensi untuk menjadi antibiotik alami.

4. Mengurangi risiko kanker paru
Seseorang yang mengonsumsi bawang putih yang masih mentah setidaknya dua kali seminggu memiliki risiko terkena kanker paru lebih rendah sebesar 44%. Meskipun demikian, penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk memastikan mengenai manfaat bawang putih dalam mencegah kanker paru ini.

BACA JUGA  10 Manfaat dari Air Kelapa Muda Bagi Kesehatan

5. Meringankan keracunan timah

Kandungan sulfur yang terkandung pada bawang putih diyakini bisa melindungi organ tubuh dari kerusakan akibat keracunan logam berat, seperti timah. Bawang putih diyakini bisa mengurangi kadar timah dalam darah sebesar 19% pada karyawan yang bekerja di pabrik yang memproduksi baterai untuk mobil.

6. Mengurangi kadar kolesterol 
Manfaat bawang putih yang selanjutnya yaitu dapat mengurangi kadar kolesterol jahat atau LDL. Pemberian suplemen bawang putih ini diyakini dapat mengurangi kadar kolesterol LDL sebanyak 10-15%.

7. Menurunkan tekanan darah
Bagi penderita hipertensi, manfaat bawang putih dalam menurunkan tekanan darah tak lagi menjadi rahasia. Suatu penelitian menyatakan bahwa jika pemberian 600-1.500 miligram ekstrak bawang putih dapat memberikan efek yang setara dalam menurunkan tekanan darah seperti obat Atenolol selama dalam jangka waktu 6 bulan.

Cara Menggoreng Bawang Putih Crispy, Gurih, dan Tahan Lama

cara goreng bawang putih crispy

 

Untuk membuat bawang putih goreng crispy, gurih, dan tahan lama pada tutorial kali ini kita hanya memerlukan 5 bahan saja.

Bahan-bahan:

  1. Bawang putih, kupas – 300 gr
  2. Tepung beras – 1/2 sdt
  3. Baking powder – 1/2 sdt
  4. Garam halus – 1/2 sdt
  5. Minyak untuk menggoreng – secukupnya

Teksturnya yang renyah dan rasanya yang gurih membuat bawang goreng menjadi topping yang selalu ada pada setiap masakan. Walaupun terlihat sangat sederhana, namun tak semua orang bisa membuat bawang goreng yang bagus dan cantik. Cara mengolah yang kurang tepat bisa membuat bawang goreng masak tidak sempurna. Misalnya lembek, berminyak, bahkan pahit karena gosong. Sebagai salah satu bahan yang sering ditambahkan dalam masakan, bawang goreng tak hanya memperkuat aroma saja, namun juga berfungsi sebagai penyedap rasa masakan.

BACA JUGA  Cara Membuat Keripik Tempe Sederhan Dan Renyah

Langkah-langkah:

Jika Anda sudah menyiapkan 5 bahan yang diperlukan tadi, berikutnya kamu simak langkah-langkahnya dengan seksama untuk membuat Bawang Putih Goreng Crispy dibawah ini.

  1. Cuci bersih bawang putih dengan air yang bersih pula, kupas lalu tiriskan hingga kering (tidak ada air yang menempel). Rajang bawang putih sampai tipis menggunakan mesin perajang bawang.
  2. Masukkan garam, tepung beras, dan baking powder kemudian aduk sampai tercampur dengan rata.
  3. Panaskan minyak secukupnya, jika minyak sudah panas segera goreng bawang putih hingga warnanya kuning keemasan. Jangan biarkan sampai coklat karena nanti bisa gosong..
  4. Angkat kemudian tiriskan hingga tidak ada minyak yang menempel pada bawang putih goreng tersebut.
  5. Setelah dingin, kemas bawang putih goreng pada toples agar kerenyahannya bisa bertahan lebih lama. Bawang putih goreng siap dijadikan dijadikan pelengkap masakan.

Rasanya yang gurih dan teksturnya yang renyah membuat bawang goreng menjadi topping yang selalu ada dalam setiap masakan, terutama hidangan berkuah seperti sup, soto, ataupun bakso. Daripada menggoreng bawang putih menggunakan minyak, lebih disarankan untuk memanggangnya saja. Karena dengan memanggang bawang putih akan menghasilkan rasa yang lebih kuat, agak manis karamel, tekstur yang renyah, dan bisa bertahan lebih lama.

Tips Goreng Bawang Putih Crispy, Gurih, dan Tahan Lama

  1. Pilih bawang putih yang kualitasnya bagus, ukurannya besar, dan berkulit mulus
  2. Cuci dengan air bersih berulang kali hingga benar benar bersih
  3. Iria tipis-tipis agar bisa matang dengan merata
  4. Goreng dengan minyak secukupnya, sebaiknya jangan banyak-banyak
  5. Aduk terus perlahan jangan berhenti hingga bawang berwarna keemasan agar tidak lengket

Selamat mencoba dan semoga berhasil!