Mesin Pembuat Keripik Buah, Bagaimana Cara Kerjanya?

Mesin pembuat keripik buah merupakan sebuah mesin penyimpanan buah dan sayur sayuran dengan memanfaatkan sistem penggorengan udara.

 

Apa Itu Mesin Pembuat Keripik Buah

sebuah mesin penyimpanan buah dan sayur sayuran dengan memanfaatkan sistem penggorengan udara.

Sampai menghasilkan keripik buah yang renyah, sehat, dan rasa dari buah itu sendiri tentunya tidak hilang, bernutrisi dan renyah.

Terdapat beberapa cara pilihan kapasitas mesin vacuum frying yang dapat Anda peroleh, seperti yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan konsumen.

Bila anda pekerja pendidikan atau pelatihan, untuk kepentingan praktek lab di sekolah maupun tempat latihan, sebaik nya anda memakai mesin vacuum frying, kapasitasnya yang lumayan kecil antara 1,5 – 5 kg/produksi.

Lalu jika Anda ingin memulai membuka sebuah usaha, akan sangat tepat, kami menyarankan menggunakan mesin penggorengan vakum dengan kapasitas 10kg/produksi. Tentu ini akan sangat efektif untuk proses produksi antara waktu dan biaya produksi. Jika anda tertarik lebih lanjut dengan mesin ini anda bisa membelinya di website kami di Rumah Mesin .

 

Seperti Apa Alat Mesin Pembuat Keripik Buah?

Melihat penjabaran dari web internationalmfood research journal, metode penggorengan vacuum yang memang ada banyak jenisnya dalam design will but also terdiri dari bagian dasar yang sama, yaitu :

  • Ruang penggorengan vakum
  • Kondensor
  • Pompa vakum

Teknik memasak atau memanaskan minyak di ruang penggoreng bisa dengan bentuk uap, listrik, dan gas. Alat ini kondensor biasanya menggunakan air atau pendingin agar uap berubah atau kerkembang selama proses menggoreng.

Lalu pada bagian akhir yaitu pompa vacuum yang digunakan sebagai pompa vacuum cair atau pompa vacuum bersegel minyal. Metode penggorengan memakai alat sentrifugasi yang di goreng pada ruangan penggorengan.

 

Benarkah Menggunakan Mesin Pembuat Kerpik Buah Lebih Sehat

Seperti yang kita lihat dari fakta di atas, teknik menggoreng dengan menggunakan penggorengan vakum tentunya lebih sehat jika dibandingkan dengan teknik menggoreng biasanya. Teknik ini menghasilkan gizi yang berkualitas pada makanan serta kurang penyerapan minyak yang terjadi pada makanan.

Sebuah studi yang dilakukan Internal Journal of Food Science karakteristik bahwa sebuah makanan yang dibuat dengan teknik vacuum frying adalah memiliki tekstur, warna, dan rasa yang lebih baik.

Tak hanya itu kandungan minyak yang di hasilkan atau di keluarkan juga sedikit, walaupun menggoreng dengan suhu yang kecil atau rendah. Bahkan, jurnal ini juga menyebut bahwa teknik vacuum frying bisa digunakan sebagai pilihan menggoreng di masa mendatang.

 

Keuntungan Menggunakan Mesin Pembuat Keripik Buah

  • Menjaga Kualitas Cemilan

Tak hanya membuat rasanya tetap ada, tapi vacuum fryer juga bisa menjaga aroma buah dan warna sayur agar tidak berubah. kualitas proses menggoreng selesai, mesin vakum berkualitas bagus akan menjamin produk awet

 

  • Menjaga Nutrisi

Seperti yang kita ketahui sekilas, disebutkan sebelumnya, penggunaan mesin penggoreng vacuum dapat mempertahankan nutrisi serta makanan sebanyak mungkin. Hal ini tidak bisa terjadi jika Anda masih menggunakan metode penggorengan biasa atau manual / deep frying.

 

  • Tekstur Hasil Gorengan Renyah

Satu lagi keuntungan menggunakan mesin penggorengan vakum yang akan meningkatkan atau membuat mutu produk cemilan anda. Tekstur kualitas hasil gorengan dari mesin vakum ini jauh lebih renyah jika dibandingkan dengan proses penggorengan dengan alat lain.

 

  • Waktu yang Efisien

Mesin penggoreng vakum biasanya memerlukan waktu 1 hingga 2 jam untuk sekali produksi atau proses penggorengan. Dengan kapasitas mesin yang besar, anda bisa menghemat waktu dalam memproduksi produk cemilan.

BACA JUGA  Pengolahan Biji Kakao Menjadi Coklat Batang dan Cara Menyimpannya!

 

Makanan Yang Bisa Di Buat Menggunakan Mesin Pembuat Keripik Buah

Sayur sayuran serta buah buahan merupakan makanan yang sering digunakan dalam proses penggorengan vakum. Umumnya konsumen sering mengonsumsi buah dan sayur karena harganya yang relatif mahal, tidak menarik rasanya, serta cepat membusuk. 

Padahal buah dan sayur merupakan sumber vitamin dan antioksidan. Beberapa buah-buahan dan sayuran bergizi tinggi yang bisa digoreng yaitu brokoli, kembang kol, wortel, nanas, mangga, dll. 

Di beberapa negara asia, seperti thailand, jepang, serta taiwan sering kali menggunakan teknologi ini untuk memproduksi makanan ringan yang bernutrisi tinggi.

Teknologi  vacuum frying  diharapkan dapat menjaga kualitas gizi, menghasilkan produk yang rasanya enak, dan nilai nutrisi yang lebih rendah daripada yang digoreng secara konvensional.

 

4 Hal Yang Harus Di Perhatikan Dalam Memulai Usaha Keripik Buah

1. Modal

Modal merupakan salah satu hal penting dalam memulai bisnis, dengan mengumpulkan modal, serta mempertimbangkan alat dan memperhitungkan harga bahan baku serta menjadi kunci suksesnya sebuah bisnis

Bisnis makanan ringan merupakan salah satu peluang usaha untuk mendapatkan keuntungan yang tinggi. Dari rasa gurih serta manis tentunya sangat diminati untuk teman ngobrol bersama kelurga atau teman.

Tidak heran jika pemilik bisnis makanan ringan mudah untuk mendapatkan pelanggan. Usaha keripik buah ini memang patut dicoba dengan keuntungan yang lumayan. Banyak keuntungan dari usaha keripik buah ini, yaitu :

  • Modal yang lumayan terjangkau
  • Pemasaran dapat dilakukan dengan cara menjual situs online atau warung sekitar
  • Memiliki peluang untung lebih besar.

Selain modal untuk alat produksi, Anda juga harus menyiapkan modal untuk bahan baku produksi, karyawan, dan distribusi pemasaran produk.

 

2. Lokasi Usaha Keripik Buah

Usaha kripik buah ini juga di dukung oleh tempat produksi yang tentu saja terdiri dari 2 pilihan, yang pertama adalah tempat Anda menjual atau disebut dengan toko dan yang kedua adalah tempat di produksi makanan tersebut. Semuanya harus terarah dan tersruktur, atau Anda bisa membuat tempat dengan dua komponen itu langsung.

 

3. Bahan Baku Usaha Keripik Buah

Masalah bahan baku tergantung tempat produksi dan bagaimana akses atau susahnya mendapat bahan baku produk tersebut.

Atau mungkin Anda dapat membuat produk yang bahan bakunya melimpah di sekitar Anda, seperti jika Anda berada di malang, maka lebih baik Anda membuat keripik buah apel karena memang buah apel sangat melimpah di kota malang. Dan begitu juga dengan daerah lain nya.

Jika anda masih pemula atau baru memulai bisnis ini anda bisa mencoba dengan buah lokal yang lebih mudah untuk di dapat dan tidak membutuhkan lebih banyak usaha. Lalu setelah anda berkembang anda bisa meningkatkan jangkauan untuk mencari bahan baku yang lain dan lebih berkualitas.

Hal ini menarik konsumen percaya bahwa rasa, harga, dan kualitas maknan ringan selalu terjaga dan konsisten.

Bahan lain yang Anda pesan adalah minyak goreng untuk menggoreng, sebaiknya Anda menggunakan minyak goreng yang bagus, jernih dan berkualitas karena minyak goreng akan mempengaruhi rasa, keripik buah yang dihasilkan. Untuk beberapa bahan yang mungkin perlu menggunakan minyak kelapa.

Untuk masalah minyak anda bisa pintar mencari info atau suplayer yang bisa membantu menyediakan minyak dengan kualitas yang baik, harga terjangkau dan akses pasti untuk mendapatkan nya mudah.

ikut mengundang calon pembeli. Menurut kami jika hendak menitipkan di warung warung sebaik nya menggunakan toples besar yang transparan.

BACA JUGA  Trik Memilih Bunga Segar untuk Bunga Papan Wedding Surabaya

Produk yang digantung-gantung menggunakan kawat akan terkesan murahan dan mudah hancur karena biasanya mengambil satu kemasan harus meremas kemasan yang lain, sehingga perlu metode lain yang bisa mengatasi hal tersebut

Menentukan metode penjualan, anda bisa memilih metode berikut ini : Membentuk agen penjualan yang akan memasarkan produk-produk anda ke toko-toko kecil, pedagang kaki lima dan pedagang asongan.

bekerja sama dengan toko makanan ringan atau tempat snack bisa membantu anda dalam penjualan produk. Bisnis ini memerlukan orang yang kreatif, inovatif dan bisa sabar dalam menjalankan usaha keripik buah ini.

Jadi tidak semua orang berhasil dalam menjalankan usaha keripik buah ini. Walaupun hanya dianggap remeh, tapi jika diolah dengan persyaratan tersebut, bukan tak mungkin dapat menjadi bisnis beromzet miliyaran.

 

4.Membuat Visi Misi

Setelah menentukan produk, konsisten dalam membangun usaha dan visi misi yang jelas. Ketiga komponen tersebut adalah kunci dari suksesnya sebuah usaha, dengan menetukan visi misi kita lebih terarah dan tau jalan nya produk serta berapa bulan mendapat keuntungan, mulai dari tujuan pemasaran, perencanaan pemasaran, dan lainnya

Dengan merencanakan 3 hal ini usaha Anda kebih terarah dan tersruktur.Perencanaan sebelum memulai juga akan memudahkan Anda ketika melakukan kredit, menemukan investor, dan menilai apakah usaha Anda memungkinkan untuk dimulai dan selanjutnya dikembangkan.

 

Analisa Usaha Keripik Buah dan Sayur ala Rumahan

Ingin menganalisa bisnis keripik buah ? Anda dapat melihat perhitungannya di bawah ini :

1. Investasi

  • Mesin vacuum frying dengan kapasitas 10 kg Rp 10.000.000
  • Kompor gas Rp 200.000
  • Gas LPG Rp 150.000
  • Mesin peniris minyak Rp 1.900.000
  • Mesin pengemas Rp 320.000

Total Rp 22.570.000

 

2. Biaya Operasional

3. Biaya Tetap

  • Penyusutan mesin vacuum frying (1/36 x Rp 10.000.000) = Rp 500.000
  • Penyusutan kompor gas (1/36 x Rp 100.000) = Rp 5.000
  • Penyusutan gas LPG (1/36 x200.000) = Rp 16.000
  • Penyusutan mesin peniris minyak( 1/36 x Rp 2.000.000) = Rp 6.000
  • Penyusutan mesin pengemas (1/36 x Rp 400.000) = Rp 10.000

Total Rp 635.000

 

4. Variabel Biaya

  • Buah Strawberry (15 kg x Rp.8000 x30 ) = Rp 2.000.000
  • Minyak goreng (20 liter x Rp20.000 x 30) = Rp5.000.000
  • Plastik Kemasan (Rp30.000 x 30) = Rp 600.000
  • Gas Lpg ( Rp 25.000×30) = Rp 600.000
  • Tagihan listrik dan PDAM = Rp 200.000

Total Rp 5.960.000

 

5. Total biaya operasional

= Total biaya variabel+ Total biaya tetap

= Rp 635.000,-+ Rp 5.960.000,-

= Rp6.595.000,-

 

6. Penerimaan Bisnis Keripik Buah Per Bulan

Penjualan Keripik Buah
(20 bungkus x Rp 200.000,-/bungkus x 30 hari) = Rp 40.000.000,-

 

7. Keuntungan Bisnis Keripik Buah per Bulan

Keuntungan = Total Terima – total biaya operasional
== Rp 27.000.000,-– Rp 6.595.000,-

= Rp 20.405.000,-

 

8. Rasio Biaya Pendapatan Bisnis Keripik Buah

R/C = Total terima : total biaya operasional
= Rp 27.000.000,- : Rp 6.595.000,-

= 4

 

9. Lama Balik Modal Bisnis Keripik Buah

= (Total biaya investasi : pendapatan) x 1 bulan
= (Rp 22.570.000,-: 20.405.000,-) x 1 bulan
= 1,1 bulan

Demikian pembahasan singkat tentang perhitungan untuk memulai sebuah bisnis keripik buah. Bisnis keripik buah merupakan salah satu usaha yang mengungtungkan serta yang membatu.