Proses Produksi Tiang Lampu dari Besi

Tiang lampu jalan minimalis – Dalam proses pembuatan produk tiang lampu yang pertama yaitu dengan mempersiapkan semua bahan-bahan yang diperlukan dalam proses produksi. Karena tiang lampu yang berkualitas wajib dihasilkan dari material yang kokoh dan tahan panas dan juga tahan terhadap air hujan.

Seperti yang kita pahami bahwa tiang lampu selalu berada di luar gedung, yang artinya sangat mungkin terpengaruh dengan peralihan musim. Dengan penggunaan bahan material yang tepat, tentunya tiang lampu bisa bertahan lebih lama.

Di dalam prosedur produksi tiang lampu, terdapat langkap-langkah krusial yang mesti dijalankan. Pada setiap langkah proses pembuatan menentukan berkualitas tidaknya suatu produk tiang lampu. Untuk tiap-tiap proses pembuatan yang dilewati juga perlu dijalankan dengan tepat untuk menghasilkan tiang lampu yang berkualitas.

Di bawah ini merupakan tahapan proses produksi tiang lampu yang kerap digunakan:

Casting (Pengecoran)

Pada permulaan proses produksi tiang lampu tahap yang dijalankan yaitu proses pengecoran. Semua bahan material yang diperlukan untuk langkah-langkah pembuatan tiang lampu wajib disediakan terlebih dahulu dan perlu diperhatikan dengan teliti.

Kemudian semua bahan yang diperlukan berikutnya dibakar dalam waktu kurang lebih 1 jam atau sampai melebur sepenuhnya. Pada tahap ini akan menciptakan cairan logam yang berikutnya akan dipakai untuk bahan baku produksi tiang lampu. Oleh karena itu proses ini tergolong langkah yang lumayan krusial sebab akan sangat berpengaruh pada proses-proses selanjutnya.

Proses Cetak

Langkah berikutnya setelah proses peleburan bahan yaitu proses cetak. Pada proses ini yang harus dipersiapkan yakni cetakan yang sudah dibuat sesuai tema lokasi atau sesuai dengan pesanan dari klien.

Cetakan yang dibuat seringnya memiliki motif yang artistik dan indah. Tujuannya agar ketika tiang lampu didirikan nantinya selain bisa menjadi media penyinaran tapi dapat menjadi media untuk memperindah kawasan sekitarnya supaya lebih bagus.

Pada langkah ini yang perlu dilakukan yaitu memasukkan logam cair yang sudah dilebur ke dalam cetakan, dan setelah itu didiamkan selama kurang lebih selama 3 jam atau sampai menjadi tiang yang kokoh.

Langkah cetak ini memerlukan kecekatan dan kreatifitas dari tangan pengrajin tiang lampu. Sehingga tiang lampu yang akan dibuat akan menciptakan inovasi produk yang unik seperti yang diinginkan.

Proses Akhir

Pada tahap final ini bahan yang sudah dibentuk kemudian dipoles agar lebih mulus. dan kemudian dijalankan pengecekan bila ada hasil yang cacat. Yang kemudian tiang lampu tersebut akan diwarnai dengan cat khusus. Sehingga tiang lampu yang akan dihasilkan akan memiliki mutu yang tinggi dan dapat berfungsi dengan baik.