Pembuatan PT Online

Perseroan Terbatas semakin dilirik dan dipertimbangkan untuk pendiriannya dengan mulai aktifnya dunia bisnis secara online maupun offline. Kepastian dan jaminan hukum dari badan usaha berbentuk hukum ini menguntungkan dari sisi pengusaha. Informasi tata cara pembuatan PT pun semakin dicari.

Dapat didirikan oleh dua orang atau lebih sebagai pihak pendiri dan pihak pemilik saham. Saat ini pendirian PT melalui Undang-Undang Cipta Kerja dapat didirikan oleh satu orang sebagai pendiri sekaligus merangkap pemegang saham.

Tata Cara Pembuatan PT secara Online

Pembuatan dan pengurusan perizinan PT secara online memudahkan Anda untuk bisa mendirikan perusahaan tanpa harus berpindah dari satu tempat ke tempat yang lain. Proses online juga membuat waktu pendirian PT menjadi lebih cepat. Berikut 3 garis besar tata cara pendirian PT secara online:

1.     Mendaftar PT melalui website AHU

Daftarkan nama perusahaan Anda melalui website resmi Administrasi Hukum Umum atau AHU yang diresmikan dan diluncurkan oleh Kemenkumham untuk memudahkan pengusaha membuat badan usaha bentuk Perseroan Terbatas.

BACA JUGA  Cara Memulai Usaha Keripik Pisang Rumahan, Dijamin Untung Mengalir!

Sebelum mengajukan dan mendaftarkan nama perusahaan Anda, langkah awal yang harus Anda lakukan adalah membeli voucher pendaftaran sebesar Rp200.000.

Setelah konfirmasi pembayaran voucher pendaftaran, Anda bisa mengajukan nama perusahaan Anda di website AHU. Nama perusahaan yang Anda ajukan akan lolos apabila sistem AHU tidak menemukan nama perusahaan yang sama dengan nama yang Anda ajukan.

Pembuatan nama perusahaan harus memuat 3 suku kata dan menggunakan bahasa Indonesia.

2.     Pengurusan Akta Pendirian Perusahaan

Pada tahap ini, Anda tidak dapat mengurus Akta secara online. Anda perlu bertemu dan mengurus perizinan pendirian perusahaan langsung dengan Notaris. Sebelum melakukan pengesahan, Notaris terlebih dulu membeli voucher pengesahan yang bernilai Rp1.580.000.

Voucher pengesahan dapat dibeli di Bank Negara Indonesia. Setelah melakukan pembayaran, Notaris dapat meamasukkan data-data yang dibutuhkan dalam situs AHU untuk menerbitkan akta pendirian.

BACA JUGA  Tips Berbisnis Melalui Instagram

3.     Pengesahan Perseroan Terbatas

Pengesahan dilakukan apabila Notaris telah mencetak dan menerbitkan Akta Pendirian dan Surat Pengesahan Badan Hukum Perseroan Terbatas dari Kemenkumham.

Selanjutnya agar bisa menjalankan kegiatan usaha Anda, Anda harus membuat perizinan perusahaan di Online Single Submission (OSS). OSS yang sudah terintegrasi dengan AHU semakin memudahkan Anda mendaftarkan perizinan perusahaan dengan data yang sudah tersimpan di AHU.

Jasa Pembuatan PT secara Online Terbaik di Jakarta

Kunjungi website resmi https://www.prioffice.com/, Anda akan langsung terhubung dengan jasa pendirian PT secara online terbaik di Jakarta. Semua legal usaha ditangani dengan profesional dan dengan harga terjangkau serta memuaskan klien. Segera hubungi kami dan percayakan pendirian PT kepada kami.