Prospek Kerja yang Terbuka untuk Lulusan Ekonomi Syariah

Indonesia merupakan negara bersama dengan mayoritas masyarakat beragama Islam. Maka dari itu tidak heran jika di Indonesia berkembang prinsip-prinsip Islam atau yang biasa kita sebut “syariah”. Prinsip ini tidak hanya diaplikasikan didalam satu aspek saja, melainkan di banyak aspek termasuk perekonomian.

Prinsip syariah pada sejumlah lembaga tambah hari tambah berkembang pesat, supaya keperluan tenaga kerjanya pun tambah meningkat. Tentu saja tenaga kerja yang diperlukan kudu mengerti konsep syariah.

Nah, jika kamu seorang lulusan ekonomi syariah, kamu punya prospek kerja yang cukup terbuka. Kamu sanggup bekerja di banyak lembaga di tanah air, menjadi dari pendidikan hingga keuangan. Berikut adalah prospek kerja ekonomi syariah yang kudu diketahui.

 

1. Tenaga Pengajar

Guru Bahasa Asing

* sumber: dfat.gov.au

Ekonomi syariah menjadi salah satu cabang ilmu yang banyak dibutuhkan saat ini. Karenanya jurusan ilmu ekonomi syariah cukup banyak diminati oleh para generasi milenial. Jika kamu salah satu lulusannya namun enggan bekerja pada sebuah perusahaan, menjadi tenaga pengajar bisa menjadi pilihan yang bagus bagi kamu.

Ya, kamu bisa menggeluti pekerjaan di bidang pendidikan sebagai guru sekolah maupun dosen perguruan tinggi. Kamu bisa mengajar beberapa bidang studi, seperti sistem ekonomi Islam, manajemen operasional bank syariah, keuangan dan perbankan syariah, dan masih banyak lagi.

2. Pegawai Negeri Sipil (PNS)

PNS

* sumber: indonesia.go.id

PNS merupakan salah satu bidang pekerjaan yang menjadi dambaan banyak orang. Hal itu karena para PNS dinilai memiliki masa depan yang terjamin. Mereka diberikan jaminan-jaminan dari pemerintah secara langsung. Bagi kamu para lulusan ekonomi syariah, kamu juga mempunyai kesempatan besar untuk bekerja sebagai PNS, lho!

Kamu dapat bekerja sebagai pegawai negeri sipil pada beberapa lembaga pemerintahan terkait. Contohnya seperti Kementerian Agama dan lembaga-lembaga lain yang berkaitan. Faktanya cukup banyak instansi pemerintahan yang memerlukan peran para lulusan ekonomi syariah di dalamnya.

3. Staff Keuangan Syariah

Staff Keuangan

* sumber: emti-training.com

Tak hanya menjadi tenaga pengajar atau PNS saja, kamu juga memiliki kesempatan besar untuk berkarir pada instansi-instansi syariah yang ada di Indonesia. Misal, kamu bisa menjadi staff keuangan syariah di perusahaan yang menerapkan prinsip-prinsip Islam dalam mengelola keuangan mereka.

Bekerja sebagai staff keuangan syariah cukup menjanjikan karena sekarang banyak perusahaan berlabel syariah yang bermunculan. Tidak hanya di lembaga perbankan syariah saja, kamu juga bisa menjadi staff keuangan syariah di lembaga non-perbankan syariah, seperti pegadaian syariah dan asuransi syariah.

4. Ahli Ekonomi Islam

Ekonomi Islam

* sumber: www.halalincorp.co.uk

Saat ini sudah banyak sekali kegiatan perekonomian yang menerapkan prinsip Islam di dalamnya. Akan tetapi, prinsip ekonomi Islam itu sendiri tak bisa diterapkan begitu saja. Diperlukan orang yang ahli dalam ekonomi Islam sebelum suatu perusahaan atau lembaga menerapkan konsep ekonomi syariah.