Proses dan Cara Membuat Minyak Atsiri yang Mudah Dilakukan!

Minyak atsiri. Minyak ini sudah banyak dikenal sebagian besar orang yang menyukai aromaterapi. Ada banyak manfaat dan jenis dari minyak ini. Bukan hanya itu, minyak ini juga mempunyai peluang usaha yang cukup menjanjikan. Penjualan minyak atsiri sendiri sudah masuk ke pasar Internasional. Cara membuat minyak atsiri juga bisa dipelajari dengan mudah. Kuncinya jangan mudah menyerah ketika gagal dalam pembuatan minyak ini. Supaya lebih paham dalam langkah pembuatannya, yuk simak penjelasan nya di bawah ini

Minyak Atsiri

cara membuat minyak atsiri

Ada banyak sekali penjelasan mengenai minyak atsiri, namun secara singkatnya merupakan salah satu minyak yang di hasilkan oleh tanaman dan memiliki sifat yang mudah menguap, sehingga mengeluarkan bau yang sangat autentik, tetapi juga menguap tanpa mengalami dekomposisi serta memiliki rasa getir, dan bau sesuai tanamannya.

Pada umumnya, minyak atsiri ini larut di dalam pelarut organik, tetapi tidak larut jika dilarutkan dengan air. Dan biasanya minyak ini di peroleh dari akar, daun, bunga, batang, tanaman dengan cara mengekstrasi.

Minyak atisri sendiri bisa dibuat dari berbagai macam bahan. Selain bisa di buat dari berbagai macam bahan minyak ini juga memiliki beragam fungsi dan manfaat.

Beberapa fungsi yang terdapat dalam minyak atsiri diantaranya sebagai berikut :

  • Bisa membantu proses penyuburan
  • Dapat mencegah kerusakan tanaman yang disebabkan oleh serangga maupun hewan
  • Sebagai cadangan makanan dalam tanaman, dan masih banyak yang lainnya

Bukan hanya fungsi di atas, berikut beberapa manfaat dari minyak atsiri, diantaranya yaitu :

  • Antiseptik obat-obatan
  • Obat pijat atau gosok
  • Flavoring agent di dalam sebuah bahan makanan maupun minuman
  • Untuk aroma terapi
  • Pembuatan parfum atau kosmetik
  • dan masih banyak lagi
BACA JUGA  Proses Pendirian PT Perseroan Terbatas

Wah, ternyata minyak atsiri mempunyai banyak fungsi dan manfaat yang baik untuk kita semua. Kalian semakin penasaran, gimana sih sebenarnya cara membuat minyak atsiri itu?

Cara Membuat Minyak Atsiri

cara membuat minyak atsiri

Dari penjelasan di atas, apa saja yang bisa kalian tangkap? Setelah mengetahui beragam ingormasi soal minyak ini sudah waktunya untuk mengetahui gimana sih cara membuat minyak atsiri ini?

Sebenarnya ada 4 (empat) metode pembuatannya, diantaranya yaitu :

1. Penyulingan (Destilasi) Minyak Atsiri

Dalam pengolahannya proses penyulingan atau destilasi ini telah dikenal dengan 3 macam sistem penyulingan, yaitu :

  • Air (Water Distillation)

Pembuatan Minyak Atsiri yang menggunakan air ini bisa disebut sebagai metode paling sederhana di banding dengan proses penyulingan yang lainnya.

  • Proses Pembuatan Menggunakan Air dan Uap (Water and Steam Distillation)

Proses penyulingan ini disebut juga sebagai sistem kukus. Salah satu keuntungan menggunakan metode yang satu ini adalah penetrasi uap yang terjadi secara merata ke dalam jaringan bahan dan suhu dapat di perhatikan sampai suhu 100 derajat celcius. Bukan hanya itu, lama penyulingan relative lebih singkat di bandingkan menggunakan air saja.

  • Uap

Di metode penyulingan ini air digunakan sebagai sumber uap panas terdapat pada “boiler” yang letaknya terpisah dengan ketel penyulingan. Dan uap yang di hasilkan memiliki tekanan yang lebih tinggi di bandingkan dengan udara di luar. Proses penyulingan menggunakan metode ini baik jika digunakan dengan bahan baku yang bersifat keras seperti kayu, kulit, batang, maupun biji-biji an.

BACA JUGA  Dasar Pemilihan Jenis Flow Meter Agar Sesuai Kebutuhan

Pada proses penyulingan atau destilasi ini kamu bisa menggunakan mesin penyulingan minyak.

2. Ekstrasi Minyak Atsiri dengan Pelarut yang Mudah Menguap

Proses ekstrasi biasa di lakukan di dalam suatu wadah yaitu exstractor. Proses ekstrasi ini memiliki prinsip yaitu melarutkan minyak atsiri ke dalam bahan menggunakan pelarut organik yang mudah menguap.

Dan pelarut organik ini akan sangat berperan sebagai penetrasi ke dalam jaringan dan akan melarutkan minyak juga tak lupa bahan non volatile yang berupa dalam bentuk resin, lilin dan juga beberapa macam zat pewarna.

3. Ekstrasi Minyak Atsiri dengan Lemak Dingin

Proses ini dipakai khusus untuk mengekstrasi minyak dari bunga – bunga an, supaya memperoleh mutu dan rendeman minyak yang tinggi. Hal ini bisa di lakukan dengan memakai lemak hewani dan nabati. Ekstrasi dengan metode yang satu ini memperlukan evaporator untuk memisahkan minyak atsiri dari lilin dan alkohol yang melarutkan nya.

4. Ekstrasi Minyak Atsiri dengan Lemak Panas

Perbedaan proses ini dengan proses ekstrasi lemak dingin yaitu terletak pada bagian awal proses, yaitu menggunakan lemak panas. Selain itu alat yang di gunakan berupa evaporator vakum. Bukan hanya itu, di butuhkan juga wadah berupa baskom atau  bak untuk meredam bunga di dalam lemak panas.

Itu tadi penjelasan mengenai cara membuat minyak atsiri yang bisa kamu coba. Semoga bermanfaat!!