Tips Memilih Cincin Tunangan Agar Tidak Menyesal

Dalam acara lamaran, acara biasanya dilakukan proses tukar cincin antara pihak laki-laki dan perempuan. Dalam artikel ini, kami akan memberikan informasi mengenai model cincin tunangan berlian asli dan terbaru serta tips dalam memilih cincin untuk hari bahagia ini.

Tips Memilih Cincin Tunangan Agar Tidak Menyesal

Berikut adalah tips memilih cincin tunangan untuk hari bahagia Anda agar momen ini terasa semakin sakral dan dan berkesan. 

Tips Memilih Cincin Tunangan

Ada beberapa hal yang perlu menjadi pertimbangan dalam memilih cincin tunangan untuk Anda dan pasangan. Berikut tipsnya:

1. Tentukan Budget

Sebelum membeli cincin tunangan, hal terbaik yang perlu Anda lakukan adalah menghitung ulang budget sesuai dengan kebutuhan Anda. Sebab, besarnya budget adalah pondasi awal untuk membeli jenis atau desain cincin seperti apa. Tentunya, semakin besar budget Anda, semakin bagus pula kualitas cincinya.

2. Tentukan Band yang Tepat

Bisa dikatakan band adalah bagian cincin yang seringkali dibuat dari emas, perak atau platinum. Bagian cincin ini melingkar pada jari tangan. Maka dari itu, penting untuk memilih bentuk band yang tepat agar orang yang Anda beri cintin tidak kecewa nantinya.

3. Tentukan Mata Cincin

Memang sih, pada umumnya wanita sangat menyukai mata cincin yang terbuat dari berlian selain bahan emas atau logam biasa. Pada dasarnya, pemilihan mata cincin ini bisa didasarkan pada karakter si pemakai.

Pada bentuk ukiran dan warna akan merepresentasikan karakter wanita. Sehingga, berdiskusi bersama pasangan untuk mencocokkan seperti apa bentuk cincin yang diinginkan, sehingga dia merasa bahagia dengan cintin yang tepat.

BACA JUGA  Tips Mengenakan Kalung Inisial Permata

4. Ukur Lingkar Jari Pasangan

Coba bayangkan, ketika Anda sudah membeli cincin mewah dengan harga termahal tapi tidak cocok dengan lingkar jari pasangan. Sudah pasti sangat kecewa. Tentu, ada banyak cara untuk mengetahui ukuran lingkar jari pasangan, coba cari internet pasti ada. Bahkan Anda bisa membeli dan memilih cincin Bersama pasangan.

5. Buat Sendiri Cincin Tunangan

Cincin tunangan dapat Anda peroleh dengan kondisi siap pakai atau request custom. Namun, kebanyakan orang lebih suka yang instan dan tak ingin repot membeli cincin custom. Sehingga, pilihan terbaik adalah cintin siap pakai 

Namun, jika pasangan Anda ingin bentuk yang berbeda (bentuk khusus), maka Anda bisa memesan sendiri cincin tunangan dan menentukan sendiri desainnya.

6. Pilih Jenis Batu

Tak hanya berlian, jenis batu yang lain bisa juga menjadi pilihan supaya cincin terlihat lebih cantik dan menawan. Tentunya, bukan jenis batu biasa. Batu-batu yang memang khusus digunakan untuk cintin. 

Batu Garnet

Pilihan batu pertama adalah batu garnet. Batu cantik ini sangat cocok dengan desain tampilan klasik dan antik. Dengan kilauan kemerahan dan pink, batu garnet ini sangat tepat jika dipadukan dengan mutiara. Dijamin mempesona.

Batu Amethyst

BACA JUGA  Ide Hadiah Pernikahan Murah dan Antik buat Pengantin Baru

Warna keunguan pada batu Amethyst sangat cocok menghiasi cincin tunangan. Batu yang satu ini pada dasarnya serupa dengan berlian, harga saja batu Amethyst harganya jauh lebih terjangkau dan cocok untuk Anda yang berbudget tipis tapi ingin memiliki cincin yang mewah. 

Batu Jamrud

Batu Jamrud atau juga disebut Zamrud adalah salah satu jenis batu yang cukup banyak digunakan pada cincin tunangan. Kilauan hijau di dalam batu ini dijamin bisa membuatnya terlihat sangat mewah jika dipakai oleh pasangan Anda.

Batu Safir

Kilau warna safir selalu menarik di mata Wanita. Sebab jenis batu ini memiliki variasi warna yang cocok untuk cincin seperti; biru, putih hijau, dan kuning. Maka dari itu, tidak heran jika jenis batu ini cocok dijadikan pilihan sebagai penghias cincin.

Batu Mutiara

Seringkali, batu mutiara digunakan banyak orang untuk menggantikan berlian yang mahal. Namun, direkomendasikan untuk memilih ukuran yang tepat agar terlihat elegan. Selain itu, juga menghindari batu mudah tergores atau rusak, batu ini sangat tahan lama.

Akhir Kata

Itulah beberapa tips memilih model cincin tunangan berlian asli dan terbaru bagi Anda yang ingin melangsungkan pertunangan. Pastikan mempersiapkannya dengan baik ya.