Cara Merawat Baju Putih agar Awet dan Tak Cepat Kusam

Rasanya nyaris semuanya orang mempunyai sekurang-kurangnya satu pakaian warna putih di almari. Berwarna yang bersih dan netral membuat pas dikenai dengan beragam style.

Tetapi, perlu ketekunan tertentu, nih, dalam menjaga pakaian putih supaya masih tetap tahan lama. Masalahnya baju putih condong gampang telihat kotor. Tentu kamu pernah rasakan hal ini bukanlah? Apalagi dengan tagline dari Rinso yaitu berani kotor itu baik.

Panduan Menjaga Pakaian Putih supaya Tidak Cepat Sirna

Cara Merawat Baju Putih agar Awet dan Tak Cepat Kusam
Pakaian putih yang tidak terurus baik dapat membuat berwarna tidak tahan lama dan cepat sirna. Bukanlah terlihat kinclong, performamu bisa jadi justru berkesan lusuh!

Tidak boleh cemas, Kami punyai langkah menjaga pakaian putih supaya berwarna tahan lama dan tidak cepat lusuh. Yok, baca tips-nya berikut ini!

1. Selalu pisah dari baju warna

Langkah menjaga pakaian putih yang pertama ini janganlah sampai lupa, lho! Pisahkanlah baju putih dan warna saat membersihkan, baik di mesin pencuci atau manual.

Ini tentu saja untuk menghindar kelunturan atau transfer warna. Janganlah sampai baju putihmu beralih menjadi lusuh atau terserang luntur warna yang lain.

2. Langsung membersihkan bila terserang bintik

Kembali gunakan pakaian putih, eh, mendadak terserang bintik makanan? Seharusnya segera dibikin bersih, tuch! Makin lama didiamkan, bintik pada baju putih akan makin sulit lenyap.

Kamu memakai detergen khusus atau bahan alamiah seperti baking soda untuk membersihkan. Gosok-gosoklah sisi yang bernoda dan biarkan sepanjang 15 menit saat sebelum dibasuh.

3. Telah 1-2 kali gunakan? Bersihkan!

Kamu sukai memakai bajumu lebih dari sekali jika terlihat bersih? Seharusnya tidak boleh aplikasikan ini pada pakaian warna putih, ya!

BACA JUGA  Tampil Fashionable dan Kekinian dengan Kelebihan Tas Pinggang

Tanpa diakui, tentu ada banyak bintik yang terselinap di baju kita. Jika didiamkan kelamaan, bisa jadi makin susah menghilangkan.

Disamping itu, keringat yang melekat pada baju bisa juga mengganti berwarna jadi lusuh . Maka, cuci pakaian putihmu sesudah satu-dua kali gunakan supaya masih tetap kinclong!

4. Pakai pemutih dengan bahan alami

Tahukah kamu, memakai cairan pemutih sering malah dapat membuat pakaian jadi kekuningan, lho. Ini disebebkan oleh reaksi kimia didalamnya.

Disamping itu, biasanya cairan pemutih memiliki kandungan zat yang dapat menipiskan kain jika sering gunakan. Sayang sekali, kan, jika ini?

Nach, langkah menjaga pakaian putih yang paling aman, sich, memakai pemutih alami. Kamu dapat pakai baking soda, lemon, atau cuka. Sudah tentu natural serta gampang dicari, dech!

5. Tidak boleh kebanyakan masukkan baju ke mesin pencuci

Siapa, nih, yang menyukai menimbun semua baju kotor dalam mesin pencuci sampai penuh? Jika terlampau penuh, detergen dan daya kerja mesin pencuci malah bekerja kurang maksimal, tuch.

Tidak itu saja, air bilasannya jadi tidak efisien dalam sapu semua kotoran dari serat baju. Jika ini, pakaian putihmu bisa jadi justru makin lusuh!

6. Tidak boleh pakai deodoran berkandungan aluminium

Coba periksa sisi ketiak di pakaian putihmu, apa warnanya lusuh atau kekuningan? Bila iya, maknanya kamu harus menukar tipe deodoran, tuch!

Biasanya, deodoran memiliki kandungan senyawa berbasiskan aluminium yang berperan untuk kurangi keringat berlebihan (antiperspiran). Nach, proses reaksi kimia berikut yang dapat memunculkan bintik kekuningan dan melekat pada baju.

Oleh karenanya, seharusnya berpindahlah ke deodoran yang bebas aluminium. Tentu tidak mau, kan, saat mengusung tangan sisi ketiak pakaian terlihat kekuningan?

BACA JUGA  Sablon Kaos Manual vs Sablon Kaos Digital, unggul mana ?

7. Jauhi menyikat terlampau kencang

Bersihkan bintik yang sulit lenyap di baju putih tentu geregetan. Tetapi, janganlah sampai menyikat pakaian kotor terlampau kencang, lho! Bisa jadi bajumu justru cepat hancur.

Nach, langkah menjaga pakaian putih yang bagus, yaitu memendamnya dahulu sepanjang 30 menit di air hangat. Sesudahnya kamu dapat menyikat sisi bintik secara perlahan-lahan sampai bersih.

8. Mengatur temperatur saat menyetrika

Mengeset suhu setrika tidak kalah penting dalam langkah menjaga pakaian putih. Saat menyetrika, pastikan temperaturnya tidak terlampau panas.

Temperatur yang terlampau tinggi dapat memunculkan warna kekuningan bahkan juga gosong, lho! Supaya kusutnya cepat lenyap, kamu dapat memakai cairan pelicin saat menyetrika pakaian putih.

9. Lihat penyimpanan pakaian

Langkah menjaga pakaian putih yang paling akhir ialah memakai hanger dari plastik atau kayu. Jauhilah menggantung baju dengan hanger besi karena mempunyai potensi memunculkan bintik karat pada bajumu.

Disamping itu, upayakanlah simpan bajumu dalam almari tertutup. Bila kamu memakai rack pakaian menggantung terbuka, kamu dapat menutupinya dengan kain atau penutup baju.

Ini untuk menghindar terkenanya bintik-bintik bintik yang tidak diharapkan pada baju.

Itu 9 langkah menjaga pakaian yang dapat kamu kerjakan. Tidak sesusah yang kamu anggap, kan? Mudah-mudahan pakaian putihmu selalu tahan lama dan masih tetap kinclong, ya!