Apa Itu Digital Marketing?

Istilah digital marketing mengacu pada penggunaan saluran digital untuk memasarkan produk dan layanan kepada konsumen. Pemasaran semacam itu melibatkan penggunaan situs web perangkat seluler media sosial mesin pencari dan saluran serupa lainnya. Pemasaran digital menjadi populer dengan munculnya Internet pada 1990-an. Pemasaran digital melibatkan beberapa prinsip yang sama dengan pemasaran tradisional dan sering dilihat oleh perusahaan sebagai cara baru untuk menjangkau pelanggan dan memahami perilaku mereka. Perusahaan sering memasukkan teknik pemasaran tradisional dan digital ke dalam strategi mereka.

Memahami Digital Marketing

Pemasaran mengacu pada aktivitas apa pun yang digunakan perusahaan untuk mempromosikan produk dan layanannya serta meningkatkan kemitraan komersialnya. Pemasaran yang sukses membutuhkan kombinasi dari iklan penjualan yang cerdas dan kemampuan untuk mengirimkan barang kepada pengguna akhir. Ini biasanya dilakukan oleh beberapa profesional atau vendor yang mungkin bekerja secara internal (atas nama perusahaan) atau secara eksternal dengan perusahaan pemasaran lain.

BACA JUGA  Pengaplikasian Pallet Plastic di Berbagai Industri

Secara tradisional perusahaan berfokus pada pemasaran di TV cetak dan radio. Pilihan ini masih ada sampai sekarang tetapi kebangkitan Internet mengubah cara bisnis menjangkau konsumen. Di sinilah pemasaran digital berperan. Jenis pemasaran ini melibatkan penggunaan situs web dan aplikasi mesin pencari media sosial. Pemasaran dengan umpan balik pelanggan atau komunikasi dua arah antara perusahaan dan pelanggan. Pada hari-hari awal pemasaran digital email adalah alat pemasaran yang populer. Fokusnya adalah pada mesin pencari seperti Netscape yang memungkinkan bisnis untuk menandai diri mereka sendiri dan memantau kata kunci. Pengembangan situs bersama seperti Facebook memungkinkan bisnis melacak data dan beradaptasi dengan tren pelanggan.

BACA JUGA  Apa itu Perseroan Terbatas Perorangan (PT Perorangan)

Pertimbangan Khusus

Pengiklan sering disebut sebagai sumber sementara anggota iklan yang ditargetkan sering disebut sebagai penerima. Sumber biasanya menargetkan audiens yang sangat spesifik dan jelas. Misalnya setelah memperpanjang jam operasionalnya McDonalds menayangkan iklan digital yang menargetkan pekerja shift dan penumpang yang dikenal perusahaan sebagai bagian penting dari bisnis malamnya. Perusahaan mendorong pelanggan untuk mengunduh aplikasi Restaurant Finder dengan menargetkan iklan yang ditempatkan di mesin anjungan tunai mandiri (ATM) pompa bensin dan di situs web yang biasa digunakan pelanggan.