Wisata Pantai yang Menawarkan Edukasi Mangrovex

Jika anda sering berkunjung ke Malang, pasti tidak asing dengan slogan “Malang, The Heart of East Java”. Bisa diartikan bahwa Malang menjadi dambaan hati dari Jawa Timur. Termasuk daerah yang memiliki banyak destinasi wisata, baik buatan maupun wisata alam. Mulai dari wisata alam berbasis pegunungan, perbukitan, air terjun, perkebunan, pantai ada di tempat ini.

pantai clungup

Di daerah Selatan Kabupaten Malang terdapat satu garis memanjang beretan pantai. Salah satunya Pantai Clungup. Yang pasti pantai ini memiliki daya tarik sendiri dibandingkan pantai daerah Selatan lainnya. Pantai Clungup langsung berhadapan dengan Samudera Hindia. Pantai Clungup mempunyai keunikan karena di sini menerapkan konsep Eco Tourism. Wisatawan diwajibkan menjaga kebersihan dan kelestarian pantai. Untuk ke pantai ini bisa dengan memesan paket wisata malang murah fasilitas lengkap.

Salah satu cara yang digunakan ialah formulir check list barang. Formulir ini diberikan petugas saat berada di pintu masuk. Petugas akan mendata barang bawaan setiap pengunjung yang bisa berpotensi menjadi sampah. Saat kembali, check list itu akan dicek oleh petugas. Jika ada ketidaksesuaian pengunjung wajib mencari kembali barang tersebut, dan jika tidak ditemukan pengunjung dikenai denda sebesar 100.000 rupiah per barang/sampah hilang.

Eco Tourism diterapkan karena terdapat Clungup Mangrove Conservation. Termasuk ke dalam kawasan konservasi alam yang mengutamakan kelestarian alam dari pada jumlah kunjungan wisatawan. Dalam kawasan Clungup Mangrove Conservation dibudidayakan pohon mangrove.

Kawasan Pantai Clungup juga menerapkan 12 poin peraturan yang harus dijalankan pengunjung selama berada di tempat ini.

Lokasi Pantai Clungup

Pantai Clungup berada di Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang. sebelah Barat Pantai Senang Biru. Jika kalian berangkat dari Kota Malang, ambil arah ke Kecamatan Bululawan, lalu berturut-turut ambil arah ke Kecamatan Turen, Secamatan Sumbermanjing Wetan, dan Pantai Sendang Biru. Sesampainya di Pantai Sendang Biru terdapat papan petunjuk arah menuju ke Clungup Mangrove Conservation.

Setelah tempat parkir pengunjung berjalan kaki dan akan menemukan hamparan hutan bakau. Ini yang dimaksud kawasan konservasi hutan mangrove. Kawasan mangrove membentang ke Barat sampai bertemu dengan bibir Pantai Clungup.

Aktivitas di Pantai Clungup

Dengan menerapkan konsep Eco Tourism kawasan Pantai Clungup masih terjaga kebersihan, kelestarian, keindahan, dan keasriannya. Mencapai bibir pantai harus didahului dengan trekking. Setidaknya membutuhkan waktu sekitar dua puluh sampai tiga puluh menit dari tempat parkir, pos jaga, dan bibir pantai.

Clungup Mangrove Conservation

Status kawasan mangrove menjadi hal unik yang dimiliki Pantai Clungup. Kelestarian alam lebih diutamakan dari pada jumlah wisatawan. Pihak pengelola sendiri meliburkan satu hari bebas pengunjung dalam seminggu. Di pos penjagaan setiap pengunjung yang akan masuk akan didata dengan ketat oleh penjaga. Pendataan tersebut meliputi pendataan barang bawaan yang berpotensi menjadi sampah. Untuk memperjelas pendataan ini telah disediakan formulir check list. Saat hendak meninggalkan tempat ini, di pos penjagaan akan kembali dicek barang bawaan pengunjung. Harus sesuai saat datang dan saat pulang. Dalam kata lain dilarang meninggalkan sampah, meskipun hanya satu.

Pemandangan Gugusan Pulau Kecil

Dari pantai Clungup pengunjung dapat menikmati pemandangan indah berupa gugusan pulau-pulau kecil di tengah laut. Hal tersebut juga menyebabkan gelombang ombak di Pantai Clungup tergolong tenang dengan ukuran daerah pesisir Pantai Selatan.

Kemah

Pengunjung yang berencana kemah juga bisa dilakukan di tempat ini. Tapi tidak boleh sembarangan mendirikan tenda. Pengunjung hanya boleh mendirikan tenda dan bermalam di sekitar area pantai Clungup dan Pantai Gatra. Selebihnya, termasuk kawasan konservasi tidak diperbolehkan sebagai tempat menginap.

Harga Tiket Masuk

Harga tiket masuk ke Pantai Clungup terbilang cukup murah. Sebesar 10.000 per pengunjung. Tapi jangan lupa ada aturan denda ya. Harga tiket ini nantinya akan dialokasikan ke perawatan kawasan konservasi hutan bakau. Termasuk bibit. Selain itu ada juga biaya parkir untuk kendaraan bermotor sebesar 5.000 rupiah.

Bagi anda yang berkunjung ke Malang, sempatkan waktu anda untuk mengunjungi tempat wisata menarik lainnya di Malang Raya. Dijamin anda akan ketagihan untuk mendatanginya lagi. Terdapat berbagai paket layanan tour wisata untuk daerah Malang dan Batu, selain itu Nahwa Tour juga menyediakan layanan paket wisata Bromo.