Wisata Alam Coban Jodo

Kota malang terkenal dengan wisata alam maupun kulinernya. Tetapi ada destinasi dimalang yang masih banyak belum diketahui, yakni air terjun yang tersembunyi dimalang. Coban Jodoh adalah salah satu air terjun yang ada di dusun bendolawang, desa ngadirejo, kecamatan jabung, kabupaten malang. Coban ini masih terbilang baru dan masih cukup asri.

 

Mitos Coban Jodo

Air Terjun ini bernama coban jodoh yang konon mempunyai mitos bila belum menemukan jodoh, maka coba datanglah ke coban jodoh niscaya akan menemukan jodohnya , tetapi itu hanya sebuah mitos saja dan tidak perlu diyakini dalam melampaui wewenang kehendak tuhan. Coban Jodo sendiri Namanya diambil dari sebuah kisah atau cerita turun-menurun tentang sesesorang yang melarikan diri dari penjajah ke coban tersebut. Selain itu keunikan dari coban jodo, karena adanya dua coban di satu lokasi yang membuat 2 Coban tersebut dinamakan Se-Jodo atau Se-joli.

Apabila berwisata ke Coban Jodo harus menyiapkan stamina, sebab sepanjang perjalanan akan menempuh medan yang cukup menantang baik turunan dan tanjakan.Namun, rasa lelah selama perjalanan akan sirna dengan suguhan keindahan panorama alamnya yang indah dan masih asri.Wisata Coban Jodo sangat cocok bagi yang suka travelling dengan keasrian masih terjaga , dan juga coban jodoh masih mempunyai keindahan alam yang sangat alami.Coban jodoh juga merupakan wisata yang tergantung dalam TNTBS (Taman Nasional Bromo Tengger Semeru) dan juga masih tergabung dalam cagar alam yang dimana semua masih dilindungi. Yuk traveling pastinya kalian kangen keluar rumah kan nih cek  travel surabaya malang.

Coban jodoh tersendiri merupakan sebuah wisata alam air terjun. Coban jodoh cocok untuk tempat berfoto untuk mengupload di instagram dan sosmed-sosmed lainnya. Wisata alam dicoban jodoh masih belum mempunyai wahana maupun tempat atau warung dikarenakan ditempat ini seseorang berwisata untuk menyatu dengan alam dan menikmati keindahan alam.Coban jodoh tersendiri mempunyai tebing dan juga banyak lekukan. Disebelah coban jodoh juga tetrdapat beberapa coban yang bagus untuk spot foto terutamanya coban cokro yang terletak bersebelahan dengan coban jodoh yang banyak menjadi spot foto-foto bagi para pengunjung.

Rute menuju coban jodoh

Coban jodoh sendiri berada di Dusun Bendolawang, Desa Ngadirejo, Kecamatan Jabung, Kabupaten Malang atau bisa dicari melalui google maps yaitu denngan searching “ coban jodoh “ . Coban Jodoh dibuka pukul 08.00 – 15.00 (tidak disarankan berkunjung mendekati waktu senja). Tiket masuknya sebesar Rp.10.000 per orang dan untuk parkirnya (kurang lebih Rp.5000 per motor).

Untuk rute menuju coban jodoh wisatawan perlu memiliki stamina yang kuat untuk mencapainya. Untuk pengunjung sangat dianjurkan membawa air mineral agar tidak dehidrasi saat melakukan perjalanan. Perjalanan ke Coban jodoh dilalui dengan jalan kaki.dalam perjalanan menuju coban jodoh pengunjung akan melewati beberapa coban diantaranya yaitu coban kricik (mempunyai air terjun sangat rendah ) , coban arema (yang disekitarnya dipenuhi bebatuan seperti hewan singa) dan juga coban cokro yang terletak disebelah persis coban jodoh. Untuk wisata yang melewati rute coban jodoh setidaknya akan berjalan kaki sekitar 2 km , tetapi tidak perlu khawatir dikarenakan disepanjang jalan terdapat peristirahatan bagi para pengunjung. Dalam melewati area sungai pengunjung dapat juga melihat pemandangan sungai yang begitu bersih dan jernih. Ketika tiba dicoban jodoh para pengunjung dapat melihat air terjun yang tingginya 10 meter dan pemandangan yang bagus yang dapat melepas penat dan Lelah Ketika berjalan dirute coban jodoh. Yuk traveling pastinya kalian kangen keluar rumah kan nih cek  travel surabaya malang murah.