SEJUKNYA WISATA SUMBER JENON DI KOTA MALANG

Kota Malang merupakan kota yang terkenal akan pendidikannya, Selalin Pendidikan malang juga terkenal dengan kuliner makanan dan juga tempat-tempat wisata yang sangat bagus untuk dikunjungi saat berlibur. Destinasi wisata yang menarik dengan pemandangan pegunungan yang bisa membuat pikiran segar yaitu Telaga dilereng gunung ronggo yang biasa dikenal oleh warga setempat dengan nama Sumber Jenon.

Sumber jenon merupakan sebuah telaga jernih berwarna kebiruan yang cukup dalam. Ada bongkahan pohon raksasa didalamnya. Saat terkena pancaran sinar Mentari atau matahari. Dengan suasana yang asri dan sejuk berkunjung ke tempat ini akna memberikan relaksasi bagi anda yang ingin rehat dari segala aktivitas. Kolam Sumber jenon malang, jawa timur ini memiliki kedalaman sekitar 16,5 meter dengan Panjang sekitar 50 meterdan lebar 30 meter dengan bagian dasar kolam ditutupi oleh batako. Yang paling menarik dari sumber jenon ini adalah adanya batang pohon jenu yang terdapat didalam sumber mata air dengan posisi arah barat kearah timur.

Sumber jenon ini juga memiliki kesan suasana asri karena banyaknya pohon-pohon yang mengelilingi kolam dan warga yang merawat kealamian tempat ini. Ada beberapa aktifitas yang bisa dilakukan disembur jenon ini, seperti berenang dan menyelam. Namun mengingat kadalaman kolam renang bagi para pengungjung yang tidak bisa berenang bisa menyewa ban yang tersedia disana. DiSumber Jenon sendiri juga terdapat tempat untuk snorkeling yang berada di sekitar bongkahan kayu tenggelam dan juga air telaga yang berwarna biru dapat membuat para pengunjung yang berenang seakan sedang berada dilautan dan dikelilingi beberapa ikan. Kalian juga bisa kirim ikan itu ke saudara atau rekan kalian di luar kota loh yaitu dengan jasa kurir surabaya malang.

Mitos Sumber jenon

Didalam kolam sumber jenon ini katanya juga terdapat ikan berusia ratusan tahun yang disebut ikan sengkaring. Ikan tersebut berwarna hiltam polos yang berjumlah 37 kor rukuran 50cm untuk anakan dan juga 170 cm untuk indukan ikan. Selain berwarna hitam, ikan sengkaring ini juga ada yang berwarna merah.Sumber jenon ini juga katanya dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakkit salah satunya penyakit kulit.

Ada juga sebuah legenda yang melekat dengan sumber jenon malang ini. Asal muasal sumber jenon malang ini berawal dari kisah pasangan suami istri ranting Grai dan Irogat. Ada juga menurut cerita setempat, ada buah pohon denngan batang yang besar rubuh karena pertapaab seorang yang sakti bernama mbah Wonograti. Pohon yang jenuh ini mengeluarkan udara sehingga membentuk sungai. Dari mitos, legenda dan cerita rakyat setempat inilah ssumber jenon diyakini berasal.

Lokasi dan Harga tiket

Sumber jenon ini berlokasi diarea sawah, gunung ronggo, kecamatan tajinan, malang, jawa timur. Jarak dari pemandian kalereco malang sekitar 34,6km atau waktu tempauh sekitar 56 menit menggunakan roda empat. Untuk menuju sumber jenon ini diharakan engunjung menggunakan kendaraan pribadi atau nyewa kendaraan dikarenakan belum adanya jasa angkutan umum yang lewat atau pergi kearah ssumber jenon.

Harga tiket masuk Sumber Jenon Malang terbilang sangat terjangkau, yaitu Rp.5000 per orang. Bagi ada yang membawa kendaraan , ada biaya parkir sekitar Rp.5000 untuk mobil dan Rp.2000 untuk sepeda motor. Untuk jam buka Sumber Jenon Malang adalah mulai pukul 08.00 wib sampai dengan pukul 18.00 wib. Makin penasaran gak nih? yuk buruan mampir ke ekspedisi surabaya malang.

Bagi para pengunjung yang tidak membawa bekal diSumber Jenon sendiri juga terdapat warung-warung yang menyediakan makanan dan minuman. Sumber jenon sendiri juga memiliki fasilitas yang lumayan lengkap seperti terdapat penyewaan pelampung, toilet, mushola, warung makan, spot gardu pandang dan juga terdapat taman yang hijau dan asri.