Mengintip Penyu Bertelur di Pantai Watu Leter

Asal nama pantai Watu Leter diambil dari salah satu tebing di pantai ini yang ujungnya terlihat lebih datar, yang dalam bahasa jawa disebut “Leter”. Tebing yang tampak datar terlihat lebih menonjol diantara tebing lainnya, sehingga sebagian orang juga menyebutnya dengan nama Pantai Ngleter.

Pantai-Watu-Leter

Karena suasana pantainya yang masih sepi dari pengunjung, pantai ini pun terpilih sebagai kawasan pelepasan penyu abu – abu. Jika upaya pelestarian penyu berhasil, untuk kedepannya wisatawan dapat melihat dari dekat kehidupan penyu – penyu tersebut saat momen bertelur.

Pasir putih yang indah serta angin sepoi sepoi yang berhembus dapat menyajikan suasana yang tenang. Gelombang air yang besar dan kencang tidak memungkinkan untuk pengunjung berenang. Untuk yang tetap ingin berenang dapat berenang disebuah cekungan pantai yang dibatasi oleh bukit karang besar, bentuknya seperti teluk dan pantai ini masuk dalam pantai di malang yang ombaknya tenang.  Daya tarik lainnya yaitu terdapat sebuah sungai dan hutan mangrove. Hutan ini dikelilingi air payau dari Sungai Sitiarjo yang bermuara di Pantai Watu Leter.

Fasilitas di Pantai Watu Leter Malang

Belum ada fasilitas yang tersedia di pantai ini seperti toilet, musholla ataupun warung makan disini, jadi harus membawa perbekalan dari rumah untuk berwisata kesini. Ada baiknya liburan paket wisata malang 2 hari 1 malam sehingga lebih banyak lokasi pantai yang di kunjungi.

Harga Tiket

Untuk berkunjung ke Pantai Watu Leter akan dikenakan tarif Rp 10.000 per orang. Biaya parkir motor Rp 5.000 sedangkan untuk parkir mobil biayanya Rp 10.000. Untuk yang akan berkemah disini dikenakan biaya tambahan sebesar 3000 rupiah.

Rute menuju pantai watu leter

Terdapat dua rute untuk menuju ke pantai Watu Leter, Pertama bisa melewati pantai Bajulmati dengan menyebrang menggunakan perahu dan perlu trekking sekitar 30 menit melewati bukit, perkebunan warga dan karang yang cukup tajam. Rute kedua melalui pantai Goa Cina yang ditempuh dengan berjalan menapaki jalan setapak ke arah barat sekitar 100m.

Untuk mengunjungi tempat wisata ini bersama rombongan dapat memesan layanan paket wisata di Ihsan travel, anda akan mendapat fasilitas yang lengkap serta driver yang ramah tanpa merogoh kocek yang terlalu mahal. Tidak perlu anda bersusah payah mencari rutenya, tinggal duduk manis anda akan sampai di tempat tujuan.