MENGENAL COBAN JAHE, TEMPAT WISATA YANG MENYIMPAN KISAH TRAGIS DI DALAMNYA

Menikmati pemandangan alam yang ditawarkan oleh Malang, Jawa Timur memang tak ada habisnya. Destinasi alam yang didominasi oleh pegunungan menciptakan suasana yang segar dan asri. Kota Malang di Jawa Timur memang terkenal dengan potensi wisata alamnya yang indah. Salah satu wisata Malang yang menawarkan pemandangan alam yang indah adalah Wisata Coban Jahe. Coban Jahe menjadi salah satu tempat wisata sukses di Malang yang wajib dikunjungi wisatawan.

Objek wisata satu ini berada di Dusun Begawan, Desa Pandansari Lor, Kecamatan Jabung, Jawa Timur. Lebih detail lagi coban Jahe ini masuk dalam kawasan hutan produksi milik Perhutani Unit II Jawa Timur Kesatuan Pemangkuan Hutan(KPH) Malang yang secara teknis berada di bawah kewenangan pengelolaan oleh Resor Pemangkuan Hutan (RPH) Sukopuro, Kecamatan Jabung. Ketinggiannya kurang lebih sekitar 45 meter dengan kondisi air yang jernih serta dikelilingi pemandangan hijau yang menyegarkan mata.

Lalu mengapa dinamakan coban Jahe? Apa di destinasi ini banyak tanaman jahe? Tidak. Justru coban Jahe tidak ada hubungannya sama sekali dengan tanaman berkhasiat satu itu. Kata jahe sendiri berasal dari kata “Pajahe” yang berarti meninggal dunia dalam bahasa Jawa. Makin penasaran kan? buruan langsung mampir kesini bersama travel malang juanda.

Konon katanya mengapa dinamakan coban Jahe karena berkaitan dengan para pejuang kemerdekaan dahulu. Lokasi hutan yang berada di dekat coban Jahe menjadi tempat pembantai para pejuang oleh tentara Belanda pada tahun1948. Sejumlah 38 pejuang bersembunyi namun ketahuan oleh pihak Belanda dan ditembaki dari atas bukit. Tak ada yang selamat, semuanya tewas dan dimakamkan di Taman Makan Pahlawan yang berlokasi sekitar 500 meter sebelum pintu masuk coban Jahe.

Hal tersebut menjadikan destinasi wisata ini bukan hanya untuk tempat berlibur namun juga menjadi tempat wisata edukasi karena ada nilai sejarah di dalamnya. Cocok untuk kamu yang datang ke sini bersama keluarga.

BACA JUGA  Rekomendasi Tempat Wisata Pantai Di Subang

Di sini juga ada banyak spot foro menarik dimana kamu bisa berfoto-foto sepuas hati untuk mengabadikan momen selama di coban Jahe. Salah satunya adalah Kampung Pohon. Dikala awal kali masuk ke Coban Jahe Tumpang, para wisatawan nantinya akan disambut dengan spot kampung pohon. Bentuknya nemang seperti rumah pohon, namun dengan ukuran jauh lebih besar serta bertingkat.

Jam operasional coban Jahe sendiri mulai dari pukul 8 pagi sampai pukul 4 sore dan dibuka dari hari senin hingga hari minggu. Harga tiket masuknya sebesar Rp25.000 per-motor entah sendiri ataupun berboncengan. Biaya tersebut sudah termasuk biaya parkir.

Jika ingin ke coban Jahe maka jalur yang bisa kamu lewati dari Malang sebagai berikut :

  1. Melalui jalan Ampel Dento menuju ke jalan Asrikaton kemudian ke Tumpang, atau bisa juga melalui jalan Adi Sucipto kemudian ke kecamatan Belimbing dan selanjutnya ke Tumpang.
  2. Tiba di kecamatan Tumpang kamu akan menemukan Taman Makam Pahlawan Kali Jahe lalu lanjutkan saja perjalananmu dengan belok kiri menuju ke lahan parkir coban Jahe.
  3. Usai membayar biaya tiket masuk sekaligus parkir maka kamu bisa segera menelusuri jalanan menuju ke coban Jahe. Jaraknya dekat dan jalur yang dilewati pun tergolong bagus jadi tak masalah jika membawa keluarga tercinta ke sini.

Lama perjalanan dari Malang menuju ke coban Jahe adalah sekitar sekitar 1 jam dengan jarak tempuh 25 kilometer namun tak perlu khawatir akan merasa bosan karena perjalananmu akan disuguhi pemandangan bukit serta perkebunan hijau memanjakan mata.

Jadi apakah kamu tertarik ke coban Jahe? Segera atur waktumu dan ajak teman, rekan kerja maupun keluarga untuk berlibur ke coban Jahe. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan, kelestarian kawasan coban Jahe ya! Patuhi juga segala protokol maupun peraturan yang ada demi keselamatan serta kenyamanan bersama. Selamat liburaannn. Nah gimana nih? makin penasaran nggak sama wisata ini yuk langsung aja berangkat bareng sama travel malang juanda murah.

BACA JUGA  Serunya Berwisata ke Taman Begonia Bandung

Buat kamu yang ingin ke Coban Jahe tapi tidak tahu harus pergi dengan siapa, ingin jalan sendiri tapi takut karena belum pernah bepergian jauh seorang diri sebelumnya dan hendak mencari jasa travel tapi ragu tidak amanah kini tak perlu lagi khawatir karena ada solusinya yaitu Nahwa Tour.

Nahwa Tour telah melayani sejak tahun 2013 dan memiliki segudang pengalaman dalam membawa tamu untuk mengunjungi berbagai macam destinasi wisata yang ada di Jawa Timur dan pelanggan kami selalu puas dengan layanan yang kami berikan. Di sini kamu juga dapat menyewa mobil untuk dipakai bersama sahabat maupun keluarga nantinya untuk mengelilingi kota Malang.

Kami menawarkan harga yang terjangkau namun dengan pelayanan profesional. Kami adalah agen perjalanan terpercaya dan terbaik yang ada di kota Malang.

Bagaimana caranya? Cukup dengan menghubungi kami via telepon maupun chat WA dan anda tinggal bersantai saja, kami yang akan menyiapkan perjalanan anda.

 

 

 

 

 

 

Hubungi Nahwa Tour

Alamat: Jl. Angklung Blok H1 No. 5, Tunggulwulung, Kec. Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur

No. Telp: 081 222 431 414 (Telkomsel)

Whatsapp: 081 222 431 414

Email: nahwatour@gmail.com

Website: nahwatour.com