Inilah Salah Satu Keistimewaan dari Pulau Tidung

Siapa yang tidak tahu tentang pulau ini? Tentunya, hampir semua penduduk Jakarta di sekitarnya mengenal dan mengetahui tempat wisata ini, Pulau Tidung termasuk dalam daftar tujuan wisata penduduk Jakarta yang memiliki panorama alam yang sangat indah.

Karena alasan ini, Pulau Tidung adalah alternatif lain bagi penduduk Jakarta yang ingin berlibur sambil menjauhkan diri dari keramaian dan kehidupan di kota yang membosankan. Pulau ini, yang masih termasuk dalam Kelompok Kepulauan Seribu, yang terletak di utara Jakarta, sudah terkenal di kalangan wisatawan dari berbagai daerah, karena memiliki panorama yang indah. Pulau ini dikunjungi hampir setiap hari oleh wisatawan nasional dan asing.

Anda bisa menikmati keindahan pantai di Pulau Tidung dengan berenang, menyelam, snorkeling atau berjalan di atas pasir putih yang lembut atau Anda juga bisa bersantai di pantai untuk merasakan angin sepoi-sepoi bertiup.

Panorama Keindahan di pulau itu, yang memiliki populasi sekitar 5.000 orang, tidak kalah dengan pulau-pulau lain, bahkan wisatawan mengatakan bahwa panorama di pulau ini tidak kalah indahnya dengan pulau Maladewa yang terletak di Samudera Hindia. Inilah yang membuat banyak warga Jakarta memilih Pulau Tidung sebagai tujuan wisata favorit mereka.

Pulau Tidung memiliki luas sekitar 109 hektar dan dibagi menjadi 2 wilayah, yaitu Pulau Tidung Kecil dan Pulau Tidung Besar, di mana kedua pulau tersebut dihubungkan oleh jembatan yang panjangnya mencapai 2 km dan Dibangun di pantai.

Perairan di sekitar Pulau Tidung dangkal dan memiliki air laut yang sangat jernih, jadi ketika Anda berada di jembatan yang menghubungkan kedua pulau atau saat berada di atas kapal, Anda dapat melihat keanekaragaman biota laut dengan sangat jelas, Karena Pulau Tidung memiliki pasir yang sangat putih, sehingga bisa memantulkan sinar matahari yang masuk ke dalam air.

Bagi para traveler yang ingin bermalam di Pulau Tidung, mereka dapat menemukan homestay yang dimiliki oleh penduduk setempat dengan semua fasilitas yang tersedia. Harganya cukup murah, Anda hanya akan dikenakan biaya sewa sekitar 300 ribu hingga 700 ribu per malam, tergantung bagaimana Anda bernegosiasi dengan pemilik rumah keluarga.

Ada beberapa alternatif bagi wisatawan yang ingin mengunjungi Pulau Tidung, yaitu menyeberangi dermaga di Muara Angke dengan Kapal Feri dan akan memakan waktu sekitar 2 hingga 3 jam. atau bisa juga melalui dermaga yang berada di Pantai Marina Ancol dengan waktu lebih pendek sekitar 40 hingga 50 menit menggunakan KM Grouper. Atau bagi wisatawan yang berada di wilayah Tangerang, mereka dapat berangkat melalui Rawabasan dengan tarif persimpangan sekitar Rp 18.000. Bagaimana? Tertarik mengunjungi pulau Tidung yang indah ini? Selamat liburan, ya!