Beberapa Tempat Wisata Menarik Di Jenewa

Kota Jenewa memiliki suasana kota kosmopolitan karena menjadi pusat dari banyak perusahaan besar dunia dan berbagai organisasi internasional. Jenewa berbatasan langsung dengan negara Perancis dan terhubung dengan daerah lain di Swiss melalui danau Jenewa yang indah. Di masa lalu, kota ini sempat menjadi markas besar PBB dan juga menjadi tempat lahirnya Palang Merah Internasional.

Sebagai kota yang telah berusia ribuan tahun, Jenewa terus mengalami perkembangan dan menjadi salah satu kota penting di Swiss. Disamping itu, Jenewa yang dibangun di lereng bukit yang berada di atas sungai Rhine merupakan salah satu tujuan wisata. Berikut adalah beberapa objek wisata terkenal di kota Jenewa yang menjadi destinasi favorit para turis baik lokal maupun mancanegara:

Danau Jenewa

Danau ini adalah bintang utama dari pariwisata kota Jenewa yang menawarkan berbagai keindahan dengan puncak-puncak Alpen sebagai latar belakangnya. Para wisatawan bisa menikmati danau dengan menggunakan boat dan menikmati pemandangan kota lainnya yang berada di tepi danau Jenewa. Selain itu, di danau ini juga terdapat sebuah air mancur bernama Jet d’Eau yang menjulang setinggi 145 meter.

Katedral Saint Pierre

Katedral bergaya Romanesque dengan beberapa elemen Gothik merupakan sebuah gereja yang dibangun tahun 1150 oleh Arducius de Faucigny. Awalnya katedral ini dibangun sebagai tempat ibadah umat katolik, sebelum diubah menjadi gereja protestan oleh John Calvin. Interior katedral ini menggunakan kursi dari kayu dan dinding-dindingnya dihiasi kaca berwarna-warni dengan berbagai lukisan indah.

Jardin Anglais

Jardin Anglais merupakan sebuah taman kota di sisi selatan danau Jenewa yang juga merupakan salah satu landmark kota Jenewa. Taman ini memiliki bunga-bunga yang diatur membentuk sebuah jam dan berada di tempat yang miring agar mudah terlihat. Terdapat pula Monumen Nasional di area taman sebagai peringatan bergabungnya Jenewa ke dalam Konfederasi Swiss di tahun 1814.

Kebun Raya Jenewa

Kebun Raya Jenewa adalah sebuah kebun raya seluas 28 hektar dan dianggap sebagai salah satu kebun raya terpenting di dunia. Koleksi kebun raya Jenewa meliputi lebih dari 12 ribu spesies tanaman dan pepohonan dari berbagai tempat termasuk pegunungan Alpen. Jardin Botanique atau Kebun Raya Jenewa juga memiliki sebuah area hewan dengan koleksi rusa fallow dan beberapa jenis hewan lainnya.

Place du Bourg-de-Four

Di jantung kota tua dari kota Jenewa terdapat sebuah tempat populer yang bernama Place du Bourg-de-Four. Tempat ini terletak tidak jauh dari Katedral Saint Pierre dan merupakan kawasan komersial penting sejak abad ke 9. Area ini memiliki air mancur, berbagai restoran dan kafe, gelateria, hingga pusat perbelanjaan sekaligus menjadi tempat yang pas untuk bersantai.

Palais des Nations

Kawasan yang dipenuhi oleh bangunan dari marmer ini merupakan markas besar PBB untuk wilayah Eropa di Jenewa, Swiss. Palais des Nations dibangun antara tahun 1929 hingga tahun 1938 dan awalnya menjadi markas dari Liga Bangsa Bangsa. Pada bagian luar bangunan Palais des Nations terdapat semua bendera dari anggota Perserikatan Bangsa Bangsa yang dikibarkan.

Museum Seni dan Sejarah Jenewa

Museum Seni dan Sejarah Jenewa adalah salah satu dari tiga museum terbesar yang ada di negara Swiss. Koleksi museum ini meliputi benda-benda arkeologi peninggalan dari berbagai bangsa dari Yunani, Romawi, hingga Mesir Kuno. Selain itu, juga terdapat koleksi berbagai hasil karya seniman dari Eropa Tengah termasuk beberapa seniman Jenewa abad ke 18-19.

Beragam tempat menarik di Jenewa tersebut merupakan beberapa dari banyak objek wisata menarik yang ada disana. Ada banyak turis mancanegara yang datang kesana dengan menggunakan beragam paket wisata Eropa yang ditawarkan oleh berbagai agen wisata. Paket tersebut biasanya ditawarkan dengan harga menarik sehingga para wisatawan bisa menikmati berlibur ke Jenewa dengan harga terbaik.