6 Destinasi Wisata Menarik Di Alexandria

Alexander Agung membangunnya, kemudian Ratu Cleopatra memerintahnya, menjadikan kota Alexandria menjadi salah satu kota menarik yang ada di Mesir. Kota Alexandria atau dalam bahasa Arab ditulis Iskandariyah merupakan sebuah kota pelabuhan terbesar di wilayah pantai Mediterania. Alexandria membentang sepanjang 40 kilometer di tepi laut Mediterania di bagian pantai utara negara Mesir.

Di masa lalu, Alexandria dikenal dengan Pharos Alexandria atau Mercusuar Alexandria yang merupakan salah satu dari 7 keajaiban dunia kuno. Kemudian terdapat pula Perpustakaan Alexandria dan Katakomba Kom El-Shoqafa yang juga tergolong keajaiban dunia di masa lampau. Beragam hal menakjubkan tersebut membuat Alexandria menjadi salah satu destinasi yang banyak dikunjungi oleh turis mancanegara.

Berikut adalah 6 tempat menarik di kota Alexandria atau Iskandariyah yang banyak dikunjungi oleh turis:

Bibliotheca Alexandrina

Bibliotheca Alexandrina adalah sebuah perpustakaan umum dan pusat kebudayaan di tepi pantai Mediterania di kota Alexandria, Mesir. Perpustakaan ini dibangun sebagai peringatan untuk bekas Perpustakaan Alexandria yang merupakan salah satu perpustakaan terbesar di masa lampau. Kompleks bangunan ini meliputi ruang baca utama, hall konferensi, perpustakaan khusus, museum, galeri seni, ruang pameran, hingga planetarium.

Benteng Qaitbay

Benteng Qaitbay adalah sebuah benteng dari abad ke 15 Masehi yang juga berada di tepi laut Mediterania. Bangunan benteng ini dibangun pada tahun 1477 ketika masa pemerintahan dinasti Mamluk oleh Sultan Sayf Ad-Din Qaitbay. Para pengunjung bisa menjelajahi rangkaian kamar berdinding batu serta naik ke bagian puncak benteng untuk menikmati pemandangan laut Mediterania.

Katakomba Kom El-Shoqafa

Katakomba Kom El-Shoqafa adalah kompleks kuburan bawah tanah kuno di lereng selatan bukit di distrik Carmous, Alexandria. Area kompleks kuburan ini diperkirakan berasal dari abad ke 2 Masehi dan memiliki gaya Alexandria yang dipadukan dengan gaya Greco-Roman. Untuk masuk ke area kuburan ini terdapat sebuah tangga menuju bawah tanah dan di dalamnya terdapat berbagai ruangan makam.

Pilar Pompey

Pilar Pompey adalah sebuah kolom monumental setinggi 27 meter yang dibangun sekitar tahun 298 hingga 302 Masehi. Monumen ini dibangun sebagai peringatan atas kebaikan Kaisar Diocletian yang memberikan suplai makanan kepada penduduk setelah menaklukan kota. Lokasi pilar ini berada di sebelah timur dari reruntuhan bekas kompleks kuil dewa Serapion yang merupakan dewa Alexandria.

Masjid Abu Abbas Al-Mursi

Masjid Abu Abbas Al-Mursi adalah salah satu landmark terkenal dari kota Alexandria atau Iskandariyah yang dibangun pada tahun 1796. Abu Abbas Al-Mursi sendiri merupakan seorang sufi dari Spanyol di abad ke 13 yang kemudian menetap di Alexandria. Sebagai salah satu landmark terkenal di Alexandria, masjid ini terbuka untuk umum baik bagi muslim maupun non-muslim.

Taman Montazah

Taman Montazah adalah sebuah taman yang berada di tepi timur dari kota Alexandria dan merupakan bagian dari istana Montazah. Tanaman yang tumbuh disini meliputi berbagai pohon palem, berbagai jenis bunga, dan ditambah dengan rerumputan yang terawat dengan baik. Taman Montazah juga memiliki pantai kecil di tepi laut dimana juga terdapat sebuah pulau kecil yang terhubung melalui jembatan.

Keenam tempat menarik tersebut merupakan objek wisata di Alexandria yang banyak dikunjungi oleh para turis baik lokal maupun mancanegara. Untuk para turis dari mancanegara umumnya akan menggunakan paket wisata luar negeri untuk melakukan liburan dan perjalanan ke Alexandria. Saat ini telah banyak paket wisata luar negeri dengan harga menarik yang ditawarkan oleh berbagai agen wisata.