4 Tempat Menarik di Tokyo

Tokyo merupakan kota terbesar di Jepang sekaligus sebagai salah satu kota terbesar yang ada di dunia. Kota yang menjadi ibukota Jepang sejak masa restorasi Meiji hingga saat ini juga merupakan salah satu tujuan wisata yang banyak dikunjungi. Banyak sekali agen wisata menawarkan kunjungan ke berbagai tempat menarik di Tokyo dalam paket wisata Asia yang mereka miliki.

Sebagai tujuan wisata, Tokyo menawarkan banyak sekali tempat-tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Mulai dari taman hiburan, museum, berbagai gedung pencakar langit, tempat berbelanja, hingga kuil-kuil Shinto ada di Tokyo. Berbagai tempat tersebut banyak dikunjungi oleh wisatawan baik wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara yang berlibur ke kota yang dulu dikenal dengan nama Edo ini.

Berikut adalah 4 obyek wisata dan tempat menarik yang ada di kota Tokyo:

Tokyo Tower

Menara Tokyo atau Tokyo Tower mempunyai nama resmi Nippon denpato. Bangunan ini merupakan menara komunikasi dan observasi yang berada di daerah Minato, Tokyo. Berlokasi di area taman Shiba, Tokyo Tower memiliki ketinggian 332,9 meter dan merupakan bangunan tertinggi kedua di Jepang.

Tokyo Tower lebih dikenal sebagai simbol kota Tokyo sekaligus objek wisata. Di dalam Tokyo Tower terdapat dek observasi 2 lantai yang berada pada ketinggian 120 hingga 125 meter . Selain itu, pada bagian bawah terdapat Foot Town yang berisi aquarium, restoran dan food court, berbagai galeri dan museum, serta taman bermain.

Tokyo Skytree

Tokyo Skytree adalah bangunan tertinggi di Jepang dengan ketinggian 634 meter. Lokasi bangunan ini adalah di daerah Sumida, Tokyo dan tercatat sebagai salah satu gedung tertinggi yang ada di dunia. Pembangunan Tokyo Skytree dimulai tahun 2008 dan selesai pada tahun 2012 sekaligus dibuka untuk umum di tahun yang sama.

Fungsi pembangunan Tokyo Skytree adalah sebagai menara siaran dan observasi menggantikan Tokyo Tower. Hal tersebut dikarenakan Tokyo Tower tidak cukup kuat memancarkan sinyal karena banyaknya bangunan tinggi di sekelilingnya. Area wisata yang ada di Tokyo Skytree meliputi dek observasi dimana wisatawan bisa melihat pemandangan Tokyo dari atas ketinggian.

Sunshine City

Sunshine City merupakan kompleks bangunan yang berada di Toshima, Tokyo. Kompleks Sunshine City terdiri dari 4 bangunan dengan Sunshine 60 sebagai pusatnya. Dengan tinggi 240 meter, Sunshine 60 memiliki dek observasi yang bisa melihat kota Tokyo dari ketinggian. Selain Sunshine 60, area Sunshine City meliputi Prince Hotel, World Import Mart, dan Bunka Kaikan.

Obyek wisata lainnya selain dek observasi meliputi Sunshine Aquarium, Ancient Orient Museum, dan Namco Namja Town. Namco Namja Town merupakan taman hiburan yang terletak di lantai dua kompleks perbelanjaan Sunshine City. Taman bermain tersebut dibuka pada tahun 1996 oleh Namco, perusahaan Jepang yang bergerak di bidang video game.

Odaiba

Odaiba adalah pulau buatan yang berada di lepas pantai kota Tokyo tepatnya berada di area teluk Tokyo. Pulau ini terhubung dengan kota Tokyo melalui jembatan yang terkenal dengan nama Rainbow Bridge. Awalnya, Odaiba dibuat dengan tujuan sebagai daerah pertahanan pada tahun 1850-an yang kemudian berubah menjadi kawasan wisata dan pusat perbelanjaan terkenal.

Ada banyak sekali spot wisata dan belanja populer yang ada di Odaiba seperti Rainbow Bridge, Palette Town, Tokyo Big Sight, hingga DiverCity Tokyo Plaza. Palette Town merupakan pusat perbelanjaan dan hiburan dengan tema yang unik. Sementara DiverCity Tokyo Plaza merupakan pusat perbelanjaan yang terkenal dengan patung Gundam Unicorn dengan tinggi 22 meter.