Usaha Ternak Modal 200 Ribu saja yang Miliki Omset Besar!!!

Siapa sih yang tidak ingin tahu tentang daftar lengkap peluang usaha ternak modal 200 ribu? Peluang usaha modal 200 ribu sering dijadikan oleh banyak orang sebagai jalan alternatif bagi beberapa orang ingin membangun sebuah bisnis namun terkendala modal yang berkecukupan. Meskipun modal yang harus disiapkan terbilang cukup sedikit, akan tetapi keuntungannya tidak boleh diremehkan, karena akan sangat menjanjikan jika dapat ditekuni dengan baik.

Sebenarnya peluang usaha modal 200 ribu di Indonesia sendiri sudah tersedia dengan jumlah yang cukup banyak, akan tetapi mungkin Anda masih belum menemukan yang cocok untuk Anda geluti. Selain itu, kelebihan dari usaha sejenis ini adalah karena modalnya hanya 200 ribu, maka hal ini tidak akan menjadi beban bagi Anda yang baru saja ingin terjun ke dunia bisnis.

Berikut Daftar Peluang Usaha Ternak Modal 200 Ribu

1. Usaha Ternak Modal 200 Ribu Ternak udang

usaha ternak modal 200 ribu

Rekomendasi usaha ternak modal 200 ribu selanjutnya adalah ternak udang. Terutama jika Sedulur menjalankan ternak udang vename. Karena udang vaname merupakan salah satu udang yang memiliki cita rasa yang nikmat. Vaname juga merupakan jenis udang yang sering Sedulur temui di setiap restoran seafood.

Terlebih, ternak udang juga merupakan usaha ternak modal 200 ribu yang tidak akan memberatkan Sedulur di modal awalnya. Namun ketika menjalankan usaha ini, satu hal yang harus Sedulur perhatikan adalah pemberian pakan terhadap udang. Sedulur bisa memberikan protein tinggi dengan persentase 30%, Sedulur bisa memberikan pakan untuk udang sebanyak 3 hingga 4 kali sehari.

2. Usaha Ternak Modal 200 Ribu Ternak jangkrik

usaha ternak modal 200 ribu

Salah satu jenis usaha ternak modal 200 ribu lainnya yang menarik untuk dijalankan adalah usaha ternak jangkrik. Karena jangkrik merupakan salah satu pakan wajib untuk beberapa hewan ternak. Maka dari itu, kebutuhan akan jangkrik sangat tinggi, terutama bagi para pelaku usaha ternak seperti ayam dan para pemelihara burung. Perawatannya yang cenderung mudah juga merupakan salah satu keuntungan dari menjalankan usaha satu ini.

Berikut ini adalah potensi keuntungan yang bisa Sedulur dapatkan saat menjalankan usaha jangkrik:

  • Penghasilan jangkrik = Rp 35.000 per Kg x panen 80 Kg jangkrik = Rp 2.800.000
  • Harga jangkrik Rp 35.000,00 per Kg ini bisa dibilang harga rata-rata, karena daerah lain harganya bisa berbeda, bahkan ada yang sampai Rp 80.000,00 jika sedang langka.
  • Keuntungan = Rp 2.800.000 – Rp 931.000,00 = Rp 1.869.000,00
BACA JUGA  Selamatkan 2 Badak Putih Utara Terakhir Dengan Upaya Bayi Tabung

Keuntungan yang bisa Sedulur dapatkan bisa langsung menutupi modal awal yang Sedulur keluarkan. Tidak dalam waktu yang lama Sedulur bisa mendapatkan penghasilan yang mungkin lebih besar dari pemasukan Sedulur sebagai karyawan. Sebuah usaha ternak yang wajib Sedulur coba.

3. Usaha Ternak Modal 200 Ribu Ternak burung puyuh

usaha ternak modal 200 ribu

Jika diminta untuk sebutkan contoh dari usaha peternakan yang menjanjikan, salah satunya adalah ternak burung puyuh. Terutama ternak telur buyung puyuh, karena telur burung puyuh banyak disukai oleh orang-orang Indonesia. Baik daging dan telur puyuh dikenal memiliki rasa yang lezat.

Cara perawatan burung puyuh pun sangat mudah, tidak akan menyulitkan Sedulur. Namun, Sedulur perlu memperhatikan burung puyuh yang berusia di bawah 3 minggu, dengan memberikan pakan tepung agar lebih cepat berkembang. Sementara burung puyuh yang telah berusia lebih dari 3 minggu bisa mengonsumsi biji-bijian.

4. Usaha Ternak Modal 200 Ribu Ikan hias

usaha ternak modal 200 ribu

Pertama adalah jenis usaha ternak yang cocok untuk anak muda, yaitu ikan hias. Selama masa pandemi Covid-19, banyak masyarakat yang merawat ikan hias untuk menghilangkan rasa bosan selama work from home. Terutama, banyak pelaku bisnis ini yang dijalankan oleh anak muda.

Selain hanya bermodalkan Rp 200.000, ikan hias juga merupakan usaha ternak 1 bulan panen. Jenis ikan hias yang bisa Sedulur ternak dan kemudian dijual adalah ikan cupang, ikan mas, ikan guppy, dan jenis ikan lainnya. Jika modal Sedulur telah cukup banyak, Sedulur bisa coba memulai menjalankan ternak ikan koi misalnya.

Mengapa usaha ikan hias bisa begitu berpotensi menghasilkan untung yang besar? Karena semakin hari para pecinta ikan hias semakin bertambah. Selain bisa memberikan ketenangan dan melepas penat pekerjaan, perawatan ikan hias juga cukup mudah. Hal tersebut membuat pecinta ikan hias semakin hari semakin bertambah.

5. Ternak keong mas

Ternak keong mas

Meski bagi sebagian orang terlihat menjijikan, hewan yang satu ini juga sering dijadikan sebagai sumber alternatif protein. Kamu bisa mendapatkannya dengan berburu di sawah dan membudidayakannya di kolam terpal.

Sementara itu, pakan yang diperlukan untuk membudidayakan ternak keong mas bisa didapat secara mudah. Mulai dari tanaman genjer, kangkung, hingga kubis. Dengan modal Rp200 ribu, kamu sudah bisa mendapat bibit keong mas yang siap diternak dan dipanen kapan saja.

6. Ternak ulat sutra

Ternak ulat sutra

Selain biasa dimanfaatkan untuk bahan baku kain sutra, ulat sutra juga biasa dikonsumsi untuk meningkatkan stamina. Dengan modal Rp200 ribu, kamu bisa menyiapkan sekitar 25 ribu telur ulat untuk dikembangbiakkan dalam sebuah kotak ternak.

BACA JUGA  Cara Membuat Bakso Ikan Tuna Dengan Blender Gurih dan lezat

Kotak tersebut bisa dibeli di mana saja, baik offline maupun online. Untuk pakannya, kamu hanya perlu menyiapkan sekitar 7 ribu daun murbei dalam waktu sebulan. Satu kotak ulat sutra bisa menghasilkan sekitar 40 kg kepompong yang bisa dijual seharga Rp40 ribu per kg.

7. Ternak Kroto

Ternak Kroto

Kroto atau telur semut merupakan salah satu jenis pakan yang baik diberikan untuk burung-burung kicauan seperti jalak, kacer, murai batu beo dan cucakrawa. Secara alami, kroto biasanya didapatkan pada pohon-pohon dengan memanjat atau menggunakan galah.

Koloni kroto dapat dibeli dari petani dengan harga per 1 liter Rp.150.000-Rp. 200.000 atau berburu langsung di alam. Kandang kroto dapat dibuat dari paralon bekas, dan protein untuk semut rangrang didapatkan dari jangkrik, cicak atau ulat.

8. Budidaya Belut

Budidaya Belut

Dalam beternak belut, langkah awal yang harus kalian lakukan adalah menentukan lokasi ternak. Normalnya, dalam jarak 1 meter dapat menampung belut dari 50 hingga 100 ekor. Pakan belut dapat terbuat dari berbagai macam hewan yang mudah ditemui seperti bekicot, katak dan ikan kecil. Harga bibit belut sendiri Rp. 90.000 dengan isi 130-180 ekor belut.

9. Ternak Burung Kicauan

Burung Kicauan

Kita masih bisa mulai berkicau burung dengan modal di bawah lima ratus ribu.  Burung kicau yang kami rekomendasikan adalah burung lovebird dan kenari. Burung Lovebird dan kenari sangat cocok untuk kita para peternak pemula. Selain mudah dikembangbiakkan, love bird juga tidak membutuhkan pakan khusus yang cenderung mahal. Memasarkan hasil panennya juga cukup mudah. Mengingat banyaknya pecinta burung love bird di kalangan pecinta burung.

10. Ternak Manggot

Ternak Manggot

Ternak manggot juga membutuhkan modal yang sangat kecil. ternak manggot hanya membutuhkan modal sekitar dua ratus ribu saja. Jumlah modal ini sudah termasuk ke dalam total keseluruhan peralatan dan media yang dibutuhkan untuk ternak manggot.
Hampir mirip dengan ternak cacing, pada saat ini ternak manggot masih terbilang cukup susah dalam pemasaran hasil panenya. Tetapi tidak ada salahnya untuk dicoba.